Experiment,  Kimia

Kondensasi Aldol Silang

CROSS ALDOL CONDENSATION


Bismillah.. akhirnya kesempaen juga nulis tentang ini di blog baru,, huff presentasi seminar tadi pagi rada-rada tegang juga, masalahnya saya baru baca ppt nya sejam sebelum naek panggung.
oke temen-temen kali ini saya kebagian presentasi percobaan pertama yaitu kondensasi aldol silang, yang mana pada percobaan kali alhamdulillah rendemennya kelompok saya bisa sampe 81.086 %. percobaan yang boleh dibilang berhasil deh.he.hee
apa sih kondensasi aldol silang?
Reaksi kondensasi adalah reaksi penggabungan antara dua molkul sederhana menjadi suatu molekul yang besar dengan atau tanpa hilangnya satu molekul kecil. Kondensasi aldol adalah suatu reaksi adisi nukleofilik dari ion enolat thd gugus karbonil dg produk reaksi berupa β-hidroksialdehida atau β-hidroksiketon.

Kondensasi antara aldehid atau keton dengan karbonil dari aldehid atau keton yang lain disebut kondensasi aldol silang (cross aldol condensation). Reaksi kondensasi aldol silang yang melibatkn penggunaan senyawa alkil keton atau aril keton sebagai reaktannya dikenal sebagai reaksi Claisen-Smidcth.

Pada percobaan akan dibuat senyawa benzal aseton dari senyawa benzaldehid dan aseton.Reaksinya adalah seperti ini :

Mekanisme reaksinya sebagai berikut..

source : organic chemistry book

Dan ini adalah beberapa screenshot dari percobaan kami.. ^_^

Benzal aseton yg dihasilkan ini berbentuk kristal berwarna kuning pucat dan punya titik leleh sebesar 42 derajat Celcius (Vogel : 1978)
nah ada kejadian menarik waktu bahas titik leleh dari benzal aseton ini, kan waktu saya presentasi bilang kalo kita gak melakukan penentuan titik leleh, ehh waktu sesi tanya jawab ada yang tanya kalo mau nentuin titik lelehnya secara langsung caranya gimana..blaa.blaa.. ya udah karna kita emang gak tau ya kita jawab aja kita gak ngelakuin penentuan titik leleh karna belum tau cara pake alatnya.. spontan Bu Budi (dosen pengampu praktikum organik 2) kaget karna dia baru tau saat itu kalo satu kelas gak ada yang tau cara pakenya. “itu boleh gak melakukan penentuan titik leleh karna kalian dianggap udah bisa dan udah pernah melakukan waktu organik 1 jadi untuk yang ini (aldol silang) cukup liat referensi gak papa. lha dulu waktu organik satu emang gak pada diajarin?
kita kompak jawab.. “belummmm” he.hee

walhasil selepas presentasi kelompok kami, bu budi maju sebentar untuk nerangin sekilas cara kerja alat penentu titik leleh. yah temen-temen si pada mangut-mangut tapi aku kalo belum nyobain sendiri mah jauh dari bisa kalo cuma liat alat yang diterangin cara pakenya doang tanpa nyoba sendiri. semoga lain waktu ada kesempatan nyoba alat itu..he,heee

bagi yang mau slide ppt (versi b.inggris) bisa download punya kelompokku disini

Oke..semoga bermanfaat..:D thx for reading..:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *