SIJ

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) SEKOLAH INDONEISA JEDDAH 2023

Pada tanggal 28 hingga 30 Juli, Sekolah Indonesia Jeddah sukses mengadakan Latihan Dasar Kemimpinan Siswa-siswi yang bertema untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan memperkuat potensi para pemimpin masa depan di lingkungan sekolah tersebut. Dengan total 66 siswa dan siswi LDKS berhasil di laksanakan.

Di Sekolah Indonesia Jeddah ini, Para siswa mendapatkan pengalaman berharga melalui pelaksanaan Latihan Dasar Kemimpinan Melalui kegiatan ini, siswa-siswi dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang tangguh, beretika, dan berkualitas. Latihan Dasar Kemimpinan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar kepemimpinan kepada siswa dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam lingkungan sekolah maupun di masyarakat sekitar. 
Dalam program ini, siswa diajarkan tentang bagaimana menjadi pemimpin yang efektif, membangun keterampilan komunikasi, mengelola
waktu dan sumber daya dengan bijaksana, serta membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam Latihan Dasar Kemimpinan ini adalah simulasi peran kepemimpinan. Siswa/i diberi kesempatan untuk memimpin kelompok dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu. 

Melalui pengalaman ini, mereka belajar tentang kepemimpinan kolaboratif, kemampuan mengambil keputusan yang bijaksana, serta mengelola konflik dengan baik.
Selain itu, dalam program ini juga terdapat sesi diskusi dan kelas interaktif yang dipandu oleh para pakar kepemimpinan. Siswa/i mempelajari teori kepemimpinan yang relevan, mengidentifikasi kekuatan kelemahan mereka sebagai calon pemimpin, serta menerima umpan balik yang konstruktif untuk
mengembangkan diri mereka lebih lanjut.

LDKS di lakukan selama 2 malam dari hari jumat hingga minggu. 

Siswa/i calon pengurus osis harus sudah datang sebelum jam 8:50 untuk melakukan peresmian di bukanya LDKS 2023. Setelah LDKS resmi di buka, siswa/i di berikan paparan materi pertama yang di bawakan oleh pak Sujarno yang bertemakan ” Organisasi Sekolah dan Bina Prestasi.” Kemudian materi kedua di lanjut oleh Pak Amris dengan tema “Administrasi dan Surat Menyurat.” Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama dan melaksanakan salat dzuhur berjamaah.

Latihan Dasar Kemimpinan juga berfokus pada penerapan nilai-nilai positif dalam kepemimpinan. Siswa/i diajarkan pentingnya integritas, etika, tanggung jawab, serta kepedulian terhadap orang lain. Diharapkan bahwa melalui latihan ini, siswa/i dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya berkualitas dalam bidang akademik, tetapi juga mampu menjadi teladan bagi rekan-rekan mereka. 

 Kegiatan berikutnya dilanjut dengan merangkai program kerja OSIS untuk Periode 23/24. Masing-masing sekbid mulai merancang kegiatan dan program yang akan dilakukan selama setahun ke depan.

Dilanjutkan dengan bersiap siap berangkat menuju vila di sore hari menggunakan bus yang sudah disediakan oleh sekolah.

Tiba di vila pada sore hari menjelang maghrib , seluruh calon anggota OSIS diberi paparan materi tentang program kerja OSIS yang dibawakan oleh Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Periode 2022/2023. 

Paparan materi yang dibawakan sangat bermanfaat bagi calon anggota OSIS karena memberikan banyak pelajaran dan sebagai bekal untuk para calon anggota OSIS kedepannya dalam berkerja selama setahun kedepan.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan ‘Jelajah Malam’. Seluruh calon anggota OSIS di kumpulkan di satu ruangan oleh panitia untuk melaksanakan jelajah malam. Jelajah Malam ini adalah sebuah test untuk calon anggota OSIS sampai mana mereka mengenal osis. Jelajah Malam ini juga sangat membantu anggota OSIS
untuk lebih banyak mempelajari lagi tentang organisasi, membantu kita belajar untuk menjaga amanah, dan juga membantu kita untuk belajar selalu berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik dalam ber organisasi. 

Jelajah malam ini dilaksanakan pada malam hari hingga dini hari. Setelah jelajah malam selesai , calon
anggota OSIS kembali ke kamar masing – masing dan istirahat agar bisa melanjutkan aktifitas LDKS di hari kedua.

Di hari kedua LDKS , calon anggota OSIS salat subuh berjamaah kemudian melakukan kegiatan senam pagi bersama sama. Kegiatan senam pagi ini sangat efektif agar seluruh calon anggota OSIS dapat menjalani acara dengan giat dan semangat.
Setelah senam , kegiatan selanjutnya bermain game ‘Sign Hunter’. Game ini sangat berkesan dan seru , selain itu game ini mengajarkan kita agar berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa putus asa.

Setelah permainan selesai, kita semua diberi waktu untuk bersiap – siap untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu presentasi materi dari Pak Fika mengenai “Membentuk team dengan karakter”. 

Paparan materi
selanjutnya calon anggota OSIS melanjutkan kegiatan mendiskusikan dan merevisi program kerja bersama masing-masing seksi bidang. Hasil diskusi proker ini akan dilakukan selama 1 tahun masa periode kedepan.

Sebelum beranjak ke presentasi selanjutnya, peserta diberi sesi game yang bisa mengistirahatkan pikiran mereka. Kini peserta sudah tidak tegang dan kembali semangat lagi. Setelah permainan game selesai, calon anggota osis kembali menyaksikan presentasi materi tentang “Manajemen Waktu dan Manajemen Konflik” , dan presentasi materi tentang “Administrasi Sponsorship” dari bapak komite kita, bapak Anjas Puji Asmoro. 

 Kegiatan berikutnya adalah melanjutkan merancang Program Kerja OSIS Periode 23/24. Seluruh calon anggota OSIS diharapkan untuk menyelesaikan seluruh rangkaian program kerja , karena program kerja yang sudah dirancang akan dipresentasikan kepada Panelis, panitia, dan calon anggota OSIS lainnya. Tak lupa saran dan kritik dari panelis mengenai program kerja masing-masing sekbid.

Setelah presentasi selesai, panitia mengarahkan calon anggota OSIS untuk keluar ruangan dan bermain game untuk melatih kekompakan.

Selesai sudah seluruh kegiatan, masuk ke Upacara Penutupan LDKS. Dibuka dengan sambutan oleh bapak Kepala Sekolah Indonesia Jeddah. 

Kemudian di lanjut oleh Ketua OSIS Sekolah Indonesia Jeddah periode
22/23, lalu pidato Ketua OSIS Seklolah Indonesia Jeddah Periode 23/24 dan yang terakhir peresmian penutupan LDKS 23/24 oleh Bapak Sutikno.
Akhirnya kita sudah berada di penghujung acara. “Malam Keakraban.” Setelah menjalani seluruh rangkaian kegiatan LDKS tentunya para peserta
merasa kelelahan, maka dari itu rangkaian kegiatan terakhir yaitu “Malam
Keakraban” ditujukan untuk para peserta LDKS supaya bisa menghilangkan rasa penat. Hal-hal yang dilakukan disini adalah bakar-bakar sate kemudian makan bersama sembari diiringi canda tawa
mengakhiri kegiatan ldks.

Dengan adanya LDKS ini, Sekolah Indonesia Jeddah berkomitmen untuk membantu siswa-siswinya tumbuh menjadi individu yang memiliki kedewasaan dan pemahaman yang mendalam tentang kepemimpinan. 

Diharapkan bahwa para siswa/i yang mengikuti program ini akan menjadi pemimpin yang berintegritas, berdaya saing, serta memiliki pandangan yang luas untuk membawa perubahan positif dalam dunia luar.

Melalui investasi dalam pendidikan kepemimpinan, diharapkan bahwa sekolah dan masyarakat akan memiliki generasi pemimpin yang handal dan kompeten, sehingga mampu mengatasi tantangan masa
depan dengan solusi inovatif dan memiliki pengaruh positif dalam membawa nama baik Sekolah
Indonesia Jeddah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *