Download,  Kimia

Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Hukum Dasar Kimia

saya mau share RPP K13 nih, link download ada dibawah sendiri.. cekidot.. 


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah             :
SMA N/MA……………..
Mata Pelajaran                        :
Kimia
Kelas /Semester           :
X/1
Materi Pokok              :
Hukum-hukum Dasar Kimia
Alokasi Waktu                        :
3X45 Menit
A.     
Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator:
KD dari KI 1:
1.1  Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
1.      Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
2.      Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME
adalah yang terbaik bagi kita.
KD dari KI 2:
2.1  Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur,
objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini,
ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam
 merancang
dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan
dalam sikap sehari-hari.
Indikator:
3.      Rasa ingin tahu
4.      Jujur dalam menggunakan data percobaan untuk membuktikan
suatu hukum dasar kimia (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan
data percobaan)
5.      Teliti dalam mengolah dan menganalisis data (melakukan
pembuktian hukum dasar kimia secara runut dan konsisten terhadap
langkah-langkah serta kebenaran hasil)
6.      Ulet dalam mencari sumber pengetahuan yang mendukung
penyelesaian masalah (dapat menyelesaikan masalah secara runut di awal hingga
akhir dengan langkah-langkah yang benar).
KD dari KI 3:
3.11 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum
dasar kimia,
dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
7.      Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya
hukum kekekalan massa (Hukum Lavoisier).
8.      Membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Hukum
Proust) melalui perhitungan.
9.      Membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan
(Hukum Dalton) melalui perhitungan
10.  Menentukan perbandingan atom-atom penyusun
molekul/senyawa.
11.  Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya
hukum perbandingan volum (Hukum Boyle-Gay Lussac).
12.  Menemukan hubungan antara tekanan, suhu, dan volume dari
suatu gas pada keadaan tertentu.
13.  Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya
hipotesis Avogadro
14.  Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi
berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro.
KD dari KI 4:
4.11  Mengolah dan
menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk
menyelesaikan
perhitungan kimia.
Indikator:
15.  Mengolah data percobaan atau inmformasi, sehingga mampu
membuktikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia dalam setiap proses perubahan
kimia.
16.  Menganalisis data percobaan atau informasi, sehingga
dapat menentukan perbandingan atom penyusun molekul/senyawa dan menentukan
volume gas yang terlibat dalam suatu reaksi kimia.
B.       Tujuan
Pembelajaran
1.      Dengan mengamati kegiatan demostrasi atau percobaan,
secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hukum kekakalan massa
(Lavoisier) secara teliti dan jujur .
2.      Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri
siswadapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Proust) dengan
teliti dan jujur.
3.      Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri
siswadapat membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Dalton) dengan
teliti dan jujur.
4.      Setelah bereksplorasi tentang hukum Lavoisier, Proust,
dan Dalton, secara mandiri siswa dapat menentukan perbandingan atom-atom penyusun
molekul atau senyawa dengan benar.
5.      Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri
siswadapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan volume (Boyle-Gay Lussac)
dalam suatu proses perubahan kimia dengan teliti dan jujur.
6.      Dengan bereksplorasi tentang hukum perbandingan volum,
secara mandiri siswa dapat melakukan perhitungan tentang hubungan tekanan,
suhu, dan volume gas dengan benar.
7.      Diberikan data-data tentang keadaan gas, secara mandiri
siswa dapat membuktikan berlakunya hipotesis Avogadro dengan teliti dan jujur.
8.      Melalui latihan dan diskusi, siswa dapat Menghitung
volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro
dengan benar.
9.      Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti,
tekun/ulet, dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok,
tanya jawab, dan penugasan individu.
10.  Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME dan
kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk  kehidupan umat manusia melalui kegiatan
demonstrasi, mengamati tayangan video atau animasi, dan kegiatan latihan
kelompok/individu yang imajinatif.
C.       Materi
Pembelajaran
11. 
Hukum
Kekekalan Massa (Lavoisier)
12. 
Hukum Perbandingan
Tetap (Proust)
13. 
Hukum Kelipatan
Perbandingan (Dalton)
14. 
Hukum Perbandingan
Volum (Boyle-Gay Lussac)
15. 
Hipotesis Avogadro
D.      Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                          : scientific
Model                           : SiMaYang (Berbasis Multipel Representasi)
Strategi                          : Kolaboratif & Kooperatif
Metode                         : demonstrasi, diskusi, penugasan, latihan, dan penugasan.
E.       Media
dan Sumber Belajar
16. 
LCD
projector
17. 
Video / animasi (kimia
komputasi)
18. 
Internet (webpage /
webblog)
19. 
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
20. 
Buku-Buku Kimia SMA
Kelas X
21. 
Cthang,
R., and Overby, J., 2008. General Chemistry: The Essential Concepts,
6 h Ed. The
McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
22. 
Silberberg,
M., 2009. Principles of General Chemistry, 2
nd Ed. The McGraw- Hill Companies, Inc. New York.
23. 
www.glencoe.com.
McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
F.       
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.     
Pendahuluan
(fase orientasi) (10 menit):
a.      
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
b.     
Momotivasi
siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa
dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali
pengetahuan awal
siswa, seperti:
1)       
Bagaimana
massa zat setelah mengalami reaksi kimia, apakah tetap atau
berubah? Misalnya kertas yang dibakar.
c.      
Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2.     
Kegiatan Inti:
a.     
Fase
eksplorasi-imajinasi (65 menit)
1)       
Guru
mengenalkan konsep tentang hukum-hukum dasar kimia dan
memberikan bukti hukum kekekalan massa melalui
demonstrasi.
2)       
Siswa
diminta untuk memperhatikan dan mengamati demonstrasi tersebut
dan mencatat hasilnya.
3)       
Siswa
diminta membuktikan hukum kekekalan massa melalui diskusi
dengan kelompoknya dan menuliskan hasil diskusinya pada
LKS-1 (LKS
kelompok).
4)       
Guru
mengenalkan konsep-konsep dasar tentang hukum Perbandingan
Tetap (Proust) dan Hukum Perbandingan Berganda melalui
fenomena dengan data hasil eksperimen, gambar submikro, dan animasi atau
tayangan video.
5)       
Siswa
diminta mengamati tayangan video atau animasi tentang konsep
hukum Perbandingan Tetap (Proust) dan Hukum Perbandingan
Berganda
(Dalton), sehingga
memperoleh pengetahuan yang dapat digunakan untuk
mengolah data hasil eksperimen.
6)       
Siswa
diminta berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengolah dan
menganalisis data hasil eksperimen.
7)       
Siswa
diminta memberikan kesimpulan tentang bukti berlakunya hukum
perbandingan tetap dan hukum kelipatan perbandingan dan
menuliskan
hasil diskusinya
pada LKS-1.
8)       
Guru
memberikan data hasil eksperimen tentang hukum Boyle – Gay
Lusaac dan hipotesis Avogadro untuk mengenalkan hubungan
antara
tekanan, suhu, dan
volume.
9)       
Untuk
membantu siswa menganalisis data hasil eksperimen, guru
menayangkan video atau animasi tentang hukum-hukum gas
(Gay Lussac
dan Avogadro).
10)   
Siswa
bersama kelompoknya diminta mengamati tayangan video atau
animasi tentang hukum gas.
11)   
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengolah dan menganalisis
data hasil eksperimen dan diminta untuk memberikan
kesimpulan tentang bukti hukum Boyle-Gay Lussac dan hipotesis Avogadro.
12)   
Siswa
diminta menuliskan hasil diskusinya pada LKS-1.
13)   
Siswa
didorong dan dibimbing dalam bekerja kelompok dalam
menggunakan kemampuan imajinasinya untuk menyelesaikan
masalah-
masalah yang
terkait dengan interkoneksi diantara level submikro, makro, dan simbolis, sebagaimana
tertuang di dalam LKS-1 (ada 3 pertanyaan
dalam waktu ± 15 menit).
b.     
Fase
internalisasi (45 menit)
1)     
Dengan
dibantu
siswa, guru mengundi kelompok untuk presentasi,
selanjutnya 2 kelompok siswa yang terpilih difasilitasi
untuk
mepresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
2)     
Siswa
dari kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar
atau menanggapinya dengan bahasa yang baik dan santun.
Dalam berkomentar/menanggapi, siswa diminta untuk menyebutkan nama
kelompok (golongan), identitas diri berupa nama (nama
unsur) dan
alamat rumah
(nomor massa dan nomor atom), sesuai dengan apa yang
tertera di name tage. Catatan: Waktu presentasi dan komentar dari anggota
kelompok lain
tidak lebih dari 30
menit.
3)     
Memberikan
latihan individu kepada siswa dalam menginterkoneksikan
level-level fenomena kimia tentang hukum dasar kimia
melalui LKS-2 (ada 3 pertanyaan dalam waktu sekitar 15 menit).
c.      
Penutup
(fase evaluasi) (15 menit)
1)     
Guru
melakukan reviu terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi
dengan meminta siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya.
2)     
Memberikan
tugas rumah tentang hukum-hukum gas dalam menyelesaikan
masalah interkoneksi fenomena-fenomena kimia (dari level
makro, submikro, dan simbolik), sebagaimana dituangkan dalam LKS-3.
G.      Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.        
Tes
hasil belajar (penguasaan konsep) kimia menggunakan peskoran (setiap soal
diberi skor 1 bila jawaban benar, dan skor nol bila salah).
2.        
Penilaian
Sikap (perilaku) menggunakan rubrik penilaian perilaku
3.        
Penilaian
keterampilan mengolah data hasil percobaan menggunakan rubrik
kinerja.
H.     
Contoh soal pengetahuan (tes penguasaan konsep)
1.      Perhatikan
grafik berikut:
Berapakah volume gas A pada suhu 450 K?
a.        
23
                                         c. 60 L                                           e. 80 L
b.       
31                                                       d. 75 L
2.      Dalam suatu percobaan, 4,2 gram Cu direaksikan dengan 2,5
gram S, ternyata menghasilkan 6,3 gram CuS. Jika hukum kekekalan massa berlaku,
hitung berapa gram CuS yang akan dihasilkan jika 30 gram Cu direaksikan dengan
10 gram S.
a.                  
40
gram CuS                                    c
.    25 gram CuS                                        e.
10 gram CuS.
b.                 
30
gram CuS                                    d..
  20 gram CuS
3.      Jika Fe direaksikan dengan belerang (S), ternyata dapat
menghasilkan dua macam senyawa, yaitu FeS dan FeS
2. Perbandingan massa S antara senyawa II (FeS2) dengan
sdenyawa I (FeS) untuk massa Fe yang tetap adalah
a.        
1
: 1
                    c. 2 : 1                         e. 3 : 2
b.       
1
: 2
                   d. 2 : 3
4.      Berapakah volume gas hidrogen yang dapat bereaksi
sempurna dengan 24,0 Liter
gas
oksigen untuk menghasilkan uap air?
a.        
48,0
Liter            c.
24,0 Liter
               e. 12,0 Liter.
b.       
44,8
Liter
          d. 22,4 Liter
5.      Lima mol suatu gas A beratnya 560 gram pada keadaan
standar. Bila 150 mL gas A ini berada pada suhu 136,5
oC dan tekanan 1 atm, berapakah jumlah partikel gas
tersebut?
a.        
9,03 x
1023         c. 5,38 x1021                e. 1,2 x 1021
b.       
3,01
x 1023            d.
2,69 x 1021
Kunci
jawaban soal:
1.
E               4. A
2.
B               5. D
3. C
Pengamatan Prilaku
No
Aspek yang dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
1
Rasa
ingin tahu
2
Ketelitian dalam menggunakan data
hasil percobaan dan
melakukan
perhitungan
3
Ketekunan/ keuletan dalam belajar
baik secara kelompok maupun
individu
dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS.
4
Kejujuran dalam mengolah data
untuk membuktikan hukumhukum
dasar kimia dan dalam
menyelesaikan masalah yang ada di
LKS
Rubrik Penilaian Prilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: 
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam
kegiatan baik kelompok maupun individu
2:  
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh atau kurang antusias
dalam menyelesaikan masalah secara individu.
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok atau individu walaupun telah
didorong untuk terlibat.
2
Ketelitian dalam menggunakan data
hasil percobaan dan melakukan perhitungan
3: mengamati video/animasi dan
mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, dan melakukan perhitungan
secara tepat
2: mengamati video/animasi dan
mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, namun perhitungan kurang
tepat.
1: mengamati video/animasi dan
mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, tetapi perhitungan tidak tepat,
atau sebaliknya.
3
Ketekunan/ keuletan dalam belajar
baik secara kelompok maupun individu dalam menyelesaikan masalah yang ada di
LKS.
3: tekun/ulet dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:  
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum
menunjukkan upaya terbaiknya.
1: tidak berupaya sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
4
Kejujuran dalam mengolah data untuk
membuktikan hukum-hukum dasar kimia dan dalam menyelesaikan masalah yang ada
di LKS
3: menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan
data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan hukum dasar kimia
dan menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah.
2: menunjukkan kejujurannya dalam
menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan hukum
dasar kimia, namun kurang menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah
(masih berusaha meminta jawaban teman/menyontek) terutama pada kegiatan individu.
1: tidak menunjukkan kejujuran dalam
menggunakan data hasil percobaan (mengubah data agar sesuai dengan hukum
dasar kimia) dan berusaha mencari jawaban dari teman lain dengan cara
menyontek untuk menyelsaikan tugas individu.
…………………..,Juni
2014
Mengetahui,
Kepala SMA
N/MA……..                                                                    Guru
Mata Pelajaran Kimia
…………………………………,
S.Pd                                                           …………………………………..,
S.Pd
NIP…………………………………..                                                                        NIP…………………………………….
PANDUAN PELAKSANAAN DEMONSTRASI DI KELAS
Hukum Kekalan Massa
A.    Tujuan:
Dengan mengamati kegiatan demonstrasi siswa dapat membuktikan hukum kekekalan
massa bahwa “massa zat sebelum dan sesudah reaksi sama”.
B.     Petuntuk:
1.        
Bantulah guru Anda
dalam melakiukan demonstrasi tentang hukum kekekalan massa.
2.        
Amati percobaan yang
dilakukan guru Anda dan dibantu teman Anda.
3.        
Mintalah ketua kelompok
Anda untuk mengamati apa yang terjadi pada timbangan atau pada tabung reaksi.
4.        
Catatlah hasil
pengamatan teman Anda ketika teman Anda atau guru mengatakan suatu hasil
pengamatannya.
5.        
Lakukan perhitungan dan
diskusikan hasil pengamatan pada saat demonstrasi.
C.     Alat
dan Bahan yang Diperlukan:
1.        
Labu erlenmeyer 250 mL             2
buah
2.        
Corong                                         1 buah
3.        
Pengaduk                                     1 buah
4.        
Sumbat gabus                               1 buah
5.        
Tabung reaksi kecil                      1 buah
6.        
Timbangan                                   1 buah
7.        
Larutan NaOH 0,1 M                  25 mL
8.        
Larutan CuCl2 0,1 M                   25 mL
D.    Langkah-Langkah
Praktik/Demonstrasi
1.        
Masukkan 10 mL 0,1 M
larutan NaOH ke dalam Erlenmeyer dan 5 mL 0,1 M larutan CuCl
2
ke
dalam tabung reaksi.
2.        
Masukkan tabung reaksi
ke dalam Erlenmeyer (tabung diikat dengan benang pada sumbat gabus) dan tutup
Erlenmeyer dengan sumbat gabus.
3.        
Timbang labu Erlenmeyer
dan isinya dengan menggunakan neraca. Catat massanya.
4.        
Miringkan labu
Erlenmeyer, sehingga kedua larutan dapat bercampur. Perubahan apakah yang
terjadi? Catat hasil pengamatan Anda.
5.        
Timbang lagi Erlenmeyer
dengan isinya dan catat massanya.
E.     Hasil
Pengamatan
1.        
Massa erlenmeyer yang
beisi larutan NaOH dan tabung reaksi yang berisi larutan CuCl
2
a.        
Sebelum bercampur
(sebelum dimiringkan) = ……………. gram
b.       
Sesudah bercampur
(sesdudah dimiringkan) = …………….. gram
2.        
Setelah Erlenmeyer
dimiringkan, yang terjadi adalah…………….
F.      Pertanyaan:
1.        
Tuliskan persamaan
reaksi yang terjadi!
2.        
Bagaimana hubungan
massa dari zat sebelum dan sesudah reaksi dari hasil percobaan? Jelaskan!
3.        
Apakah hasil percobaan
sesuai dengan hukum Lavoisier? Jelaskan!

  
Download FILE nya DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *