Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Hukum Dasar Kimia
saya mau share RPP K13 nih, link download ada dibawah sendiri.. cekidot..
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMA N/MA……………..
SMA N/MA……………..
Mata Pelajaran :
Kimia
Kimia
Kelas /Semester :
X/1
X/1
Materi Pokok :
Hukum-hukum Dasar Kimia
Hukum-hukum Dasar Kimia
Alokasi Waktu :
3X45 Menit
3X45 Menit
A.
Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator:
Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator:
KD dari KI 1:
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
1. Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
2. Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME
adalah yang terbaik bagi kita.
adalah yang terbaik bagi kita.
KD dari KI 2:
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini,
ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang
dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini,
ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang
dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
Indikator:
3. Rasa ingin tahu
4. Jujur dalam menggunakan data percobaan untuk membuktikan
suatu hukum dasar kimia (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan
data percobaan)
suatu hukum dasar kimia (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan
data percobaan)
5. Teliti dalam mengolah dan menganalisis data (melakukan
pembuktian hukum dasar kimia secara runut dan konsisten terhadap
langkah-langkah serta kebenaran hasil)
pembuktian hukum dasar kimia secara runut dan konsisten terhadap
langkah-langkah serta kebenaran hasil)
6. Ulet dalam mencari sumber pengetahuan yang mendukung
penyelesaian masalah (dapat menyelesaikan masalah secara runut di awal hingga
akhir dengan langkah-langkah yang benar).
penyelesaian masalah (dapat menyelesaikan masalah secara runut di awal hingga
akhir dengan langkah-langkah yang benar).
KD dari KI 3:
3.11 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia,
dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
reaksi, hukum-hukum dasar kimia,
dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
7. Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya
hukum kekekalan massa (Hukum Lavoisier).
hukum kekekalan massa (Hukum Lavoisier).
8. Membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Hukum
Proust) melalui perhitungan.
Proust) melalui perhitungan.
9. Membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan
(Hukum Dalton) melalui perhitungan
(Hukum Dalton) melalui perhitungan
10. Menentukan perbandingan atom-atom penyusun
molekul/senyawa.
molekul/senyawa.
11. Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya
hukum perbandingan volum (Hukum Boyle-Gay Lussac).
hukum perbandingan volum (Hukum Boyle-Gay Lussac).
12. Menemukan hubungan antara tekanan, suhu, dan volume dari
suatu gas pada keadaan tertentu.
suatu gas pada keadaan tertentu.
13. Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya
hipotesis Avogadro
hipotesis Avogadro
14. Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi
berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro.
berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro.
KD dari KI 4:
4.11 Mengolah dan
menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk
menyelesaikan perhitungan kimia.
menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk
menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
15. Mengolah data percobaan atau inmformasi, sehingga mampu
membuktikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia dalam setiap proses perubahan
kimia.
membuktikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia dalam setiap proses perubahan
kimia.
16. Menganalisis data percobaan atau informasi, sehingga
dapat menentukan perbandingan atom penyusun molekul/senyawa dan menentukan
volume gas yang terlibat dalam suatu reaksi kimia.
dapat menentukan perbandingan atom penyusun molekul/senyawa dan menentukan
volume gas yang terlibat dalam suatu reaksi kimia.
B. Tujuan
Pembelajaran
Pembelajaran
1. Dengan mengamati kegiatan demostrasi atau percobaan,
secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hukum kekakalan massa
(Lavoisier) secara teliti dan jujur .
secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hukum kekakalan massa
(Lavoisier) secara teliti dan jujur .
2. Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri
siswadapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Proust) dengan
teliti dan jujur.
siswadapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Proust) dengan
teliti dan jujur.
3. Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri
siswadapat membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Dalton) dengan
teliti dan jujur.
siswadapat membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Dalton) dengan
teliti dan jujur.
4. Setelah bereksplorasi tentang hukum Lavoisier, Proust,
dan Dalton, secara mandiri siswa dapat menentukan perbandingan atom-atom penyusun
molekul atau senyawa dengan benar.
dan Dalton, secara mandiri siswa dapat menentukan perbandingan atom-atom penyusun
molekul atau senyawa dengan benar.
5. Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri
siswadapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan volume (Boyle-Gay Lussac)
dalam suatu proses perubahan kimia dengan teliti dan jujur.
siswadapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan volume (Boyle-Gay Lussac)
dalam suatu proses perubahan kimia dengan teliti dan jujur.
6. Dengan bereksplorasi tentang hukum perbandingan volum,
secara mandiri siswa dapat melakukan perhitungan tentang hubungan tekanan,
suhu, dan volume gas dengan benar.
secara mandiri siswa dapat melakukan perhitungan tentang hubungan tekanan,
suhu, dan volume gas dengan benar.
7. Diberikan data-data tentang keadaan gas, secara mandiri
siswa dapat membuktikan berlakunya hipotesis Avogadro dengan teliti dan jujur.
siswa dapat membuktikan berlakunya hipotesis Avogadro dengan teliti dan jujur.
8. Melalui latihan dan diskusi, siswa dapat Menghitung
volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro
dengan benar.
volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro
dengan benar.
9. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti,
tekun/ulet, dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok,
tanya jawab, dan penugasan individu.
tekun/ulet, dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok,
tanya jawab, dan penugasan individu.
10. Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME dan
kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan
demonstrasi, mengamati tayangan video atau animasi, dan kegiatan latihan
kelompok/individu yang imajinatif.
kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan
demonstrasi, mengamati tayangan video atau animasi, dan kegiatan latihan
kelompok/individu yang imajinatif.
C. Materi
Pembelajaran
Pembelajaran
11.
Hukum
Kekekalan Massa (Lavoisier)
Hukum
Kekekalan Massa (Lavoisier)
12.
Hukum Perbandingan
Tetap (Proust)
Hukum Perbandingan
Tetap (Proust)
13.
Hukum Kelipatan
Perbandingan (Dalton)
Hukum Kelipatan
Perbandingan (Dalton)
14.
Hukum Perbandingan
Volum (Boyle-Gay Lussac)
Hukum Perbandingan
Volum (Boyle-Gay Lussac)
15.
Hipotesis Avogadro
Hipotesis Avogadro
D. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific
Model : SiMaYang (Berbasis Multipel Representasi)
Strategi : Kolaboratif & Kooperatif
Metode : demonstrasi, diskusi, penugasan, latihan, dan penugasan.
E. Media
dan Sumber Belajar
dan Sumber Belajar
16.
LCD
projector
LCD
projector
17.
Video / animasi (kimia
komputasi)
Video / animasi (kimia
komputasi)
18.
Internet (webpage /
webblog)
Internet (webpage /
webblog)
19.
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
20.
Buku-Buku Kimia SMA
Kelas X
Buku-Buku Kimia SMA
Kelas X
21.
Cthang,
R., and Overby, J., 2008. General Chemistry: The Essential Concepts, 6 h Ed. The
McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
Cthang,
R., and Overby, J., 2008. General Chemistry: The Essential Concepts, 6 h Ed. The
McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
22.
Silberberg,
M., 2009. Principles of General Chemistry, 2nd Ed. The McGraw- Hill Companies, Inc. New York.
Silberberg,
M., 2009. Principles of General Chemistry, 2nd Ed. The McGraw- Hill Companies, Inc. New York.
23.
www.glencoe.com.
McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
www.glencoe.com.
McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(fase orientasi) (10 menit):
Pendahuluan
(fase orientasi) (10 menit):
a.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
b.
Momotivasi
siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali
pengetahuan awal siswa, seperti:
Momotivasi
siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali
pengetahuan awal siswa, seperti:
1)
Bagaimana
massa zat setelah mengalami reaksi kimia, apakah tetap atau berubah? Misalnya kertas yang dibakar.
Bagaimana
massa zat setelah mengalami reaksi kimia, apakah tetap atau berubah? Misalnya kertas yang dibakar.
c.
Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2.
Kegiatan Inti:
Kegiatan Inti:
a.
Fase
eksplorasi-imajinasi (65 menit)
Fase
eksplorasi-imajinasi (65 menit)
1)
Guru
mengenalkan konsep tentang hukum-hukum dasar kimia dan memberikan bukti hukum kekekalan massa melalui
demonstrasi.
Guru
mengenalkan konsep tentang hukum-hukum dasar kimia dan memberikan bukti hukum kekekalan massa melalui
demonstrasi.
2)
Siswa
diminta untuk memperhatikan dan mengamati demonstrasi tersebut dan mencatat hasilnya.
Siswa
diminta untuk memperhatikan dan mengamati demonstrasi tersebut dan mencatat hasilnya.
3)
Siswa
diminta membuktikan hukum kekekalan massa melalui diskusi dengan kelompoknya dan menuliskan hasil diskusinya pada
LKS-1 (LKS kelompok).
Siswa
diminta membuktikan hukum kekekalan massa melalui diskusi dengan kelompoknya dan menuliskan hasil diskusinya pada
LKS-1 (LKS kelompok).
4)
Guru
mengenalkan konsep-konsep dasar tentang hukum Perbandingan Tetap (Proust) dan Hukum Perbandingan Berganda melalui
fenomena dengan data hasil eksperimen, gambar submikro, dan animasi atau tayangan video.
Guru
mengenalkan konsep-konsep dasar tentang hukum Perbandingan Tetap (Proust) dan Hukum Perbandingan Berganda melalui
fenomena dengan data hasil eksperimen, gambar submikro, dan animasi atau tayangan video.
5)
Siswa
diminta mengamati tayangan video atau animasi tentang konsep hukum Perbandingan Tetap (Proust) dan Hukum Perbandingan
Berganda (Dalton), sehingga
memperoleh pengetahuan yang dapat digunakan untuk mengolah data hasil eksperimen.
Siswa
diminta mengamati tayangan video atau animasi tentang konsep hukum Perbandingan Tetap (Proust) dan Hukum Perbandingan
Berganda (Dalton), sehingga
memperoleh pengetahuan yang dapat digunakan untuk mengolah data hasil eksperimen.
6)
Siswa
diminta berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengolah dan menganalisis data hasil eksperimen.
Siswa
diminta berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengolah dan menganalisis data hasil eksperimen.
7)
Siswa
diminta memberikan kesimpulan tentang bukti berlakunya hukum perbandingan tetap dan hukum kelipatan perbandingan dan
menuliskan hasil diskusinya
pada LKS-1.
Siswa
diminta memberikan kesimpulan tentang bukti berlakunya hukum perbandingan tetap dan hukum kelipatan perbandingan dan
menuliskan hasil diskusinya
pada LKS-1.
8)
Guru
memberikan data hasil eksperimen tentang hukum Boyle – Gay Lusaac dan hipotesis Avogadro untuk mengenalkan hubungan
antara tekanan, suhu, dan
volume.
Guru
memberikan data hasil eksperimen tentang hukum Boyle – Gay Lusaac dan hipotesis Avogadro untuk mengenalkan hubungan
antara tekanan, suhu, dan
volume.
9)
Untuk
membantu siswa menganalisis data hasil eksperimen, guru menayangkan video atau animasi tentang hukum-hukum gas
(Gay Lussac dan Avogadro).
Untuk
membantu siswa menganalisis data hasil eksperimen, guru menayangkan video atau animasi tentang hukum-hukum gas
(Gay Lussac dan Avogadro).
10)
Siswa
bersama kelompoknya diminta mengamati tayangan video atau animasi tentang hukum gas.
Siswa
bersama kelompoknya diminta mengamati tayangan video atau animasi tentang hukum gas.
11)
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengolah dan menganalisis data hasil eksperimen dan diminta untuk memberikan
kesimpulan tentang bukti hukum Boyle-Gay Lussac dan hipotesis Avogadro.
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengolah dan menganalisis data hasil eksperimen dan diminta untuk memberikan
kesimpulan tentang bukti hukum Boyle-Gay Lussac dan hipotesis Avogadro.
12)
Siswa
diminta menuliskan hasil diskusinya pada LKS-1.
Siswa
diminta menuliskan hasil diskusinya pada LKS-1.
13)
Siswa
didorong dan dibimbing dalam bekerja kelompok dalam menggunakan kemampuan imajinasinya untuk menyelesaikan
masalah-masalah yang
terkait dengan interkoneksi diantara level submikro, makro, dan simbolis, sebagaimana
tertuang di dalam LKS-1 (ada 3 pertanyaan dalam waktu ± 15 menit).
Siswa
didorong dan dibimbing dalam bekerja kelompok dalam menggunakan kemampuan imajinasinya untuk menyelesaikan
masalah-masalah yang
terkait dengan interkoneksi diantara level submikro, makro, dan simbolis, sebagaimana
tertuang di dalam LKS-1 (ada 3 pertanyaan dalam waktu ± 15 menit).
b.
Fase
internalisasi (45 menit)
Fase
internalisasi (45 menit)
1)
Dengan
dibantu
siswa, guru mengundi kelompok untuk presentasi, selanjutnya 2 kelompok siswa yang terpilih difasilitasi
untuk mepresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
Dengan
dibantu
siswa, guru mengundi kelompok untuk presentasi, selanjutnya 2 kelompok siswa yang terpilih difasilitasi
untuk mepresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
2)
Siswa
dari kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar atau menanggapinya dengan bahasa yang baik dan santun.
Dalam berkomentar/menanggapi, siswa diminta untuk menyebutkan nama kelompok (golongan), identitas diri berupa nama (nama
unsur) dan alamat rumah
(nomor massa dan nomor atom), sesuai dengan apa yang tertera di name tage. Catatan: Waktu presentasi dan komentar dari anggota
kelompok lain tidak lebih dari 30
menit.
Siswa
dari kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar atau menanggapinya dengan bahasa yang baik dan santun.
Dalam berkomentar/menanggapi, siswa diminta untuk menyebutkan nama kelompok (golongan), identitas diri berupa nama (nama
unsur) dan alamat rumah
(nomor massa dan nomor atom), sesuai dengan apa yang tertera di name tage. Catatan: Waktu presentasi dan komentar dari anggota
kelompok lain tidak lebih dari 30
menit.
3)
Memberikan
latihan individu kepada siswa dalam menginterkoneksikan level-level fenomena kimia tentang hukum dasar kimia
melalui LKS-2 (ada 3 pertanyaan dalam waktu sekitar 15 menit).
Memberikan
latihan individu kepada siswa dalam menginterkoneksikan level-level fenomena kimia tentang hukum dasar kimia
melalui LKS-2 (ada 3 pertanyaan dalam waktu sekitar 15 menit).
c.
Penutup
(fase evaluasi) (15 menit)
Penutup
(fase evaluasi) (15 menit)
1)
Guru
melakukan reviu terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya.
Guru
melakukan reviu terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya.
2)
Memberikan
tugas rumah tentang hukum-hukum gas dalam menyelesaikan masalah interkoneksi fenomena-fenomena kimia (dari level
makro, submikro, dan simbolik), sebagaimana dituangkan dalam LKS-3.
Memberikan
tugas rumah tentang hukum-hukum gas dalam menyelesaikan masalah interkoneksi fenomena-fenomena kimia (dari level
makro, submikro, dan simbolik), sebagaimana dituangkan dalam LKS-3.
G. Penilaian
Hasil Pembelajaran
Hasil Pembelajaran
1.
Tes
hasil belajar (penguasaan konsep) kimia menggunakan peskoran (setiap soal
diberi skor 1 bila jawaban benar, dan skor nol bila salah).
Tes
hasil belajar (penguasaan konsep) kimia menggunakan peskoran (setiap soal
diberi skor 1 bila jawaban benar, dan skor nol bila salah).
2.
Penilaian
Sikap (perilaku) menggunakan rubrik penilaian perilaku
Penilaian
Sikap (perilaku) menggunakan rubrik penilaian perilaku
3.
Penilaian
keterampilan mengolah data hasil percobaan menggunakan rubrik kinerja.
Penilaian
keterampilan mengolah data hasil percobaan menggunakan rubrik kinerja.
H.
Contoh soal pengetahuan (tes penguasaan konsep)
Contoh soal pengetahuan (tes penguasaan konsep)
1. Perhatikan
grafik berikut:
grafik berikut:

Berapakah volume gas A pada suhu 450 K?
a.
23
c. 60 L e. 80 L
23
c. 60 L e. 80 L
b.
31 d. 75 L
31 d. 75 L
2. Dalam suatu percobaan, 4,2 gram Cu direaksikan dengan 2,5
gram S, ternyata menghasilkan 6,3 gram CuS. Jika hukum kekekalan massa berlaku,
hitung berapa gram CuS yang akan dihasilkan jika 30 gram Cu direaksikan dengan
10 gram S.
gram S, ternyata menghasilkan 6,3 gram CuS. Jika hukum kekekalan massa berlaku,
hitung berapa gram CuS yang akan dihasilkan jika 30 gram Cu direaksikan dengan
10 gram S.
a.
40
gram CuS c
. 25 gram CuS e.
10 gram CuS.
40
gram CuS c
. 25 gram CuS e.
10 gram CuS.
b.
30
gram CuS d..
20 gram CuS
30
gram CuS d..
20 gram CuS
3. Jika Fe direaksikan dengan belerang (S), ternyata dapat
menghasilkan dua macam senyawa, yaitu FeS dan FeS2. Perbandingan massa S antara senyawa II (FeS2) dengan
sdenyawa I (FeS) untuk massa Fe yang tetap adalah
menghasilkan dua macam senyawa, yaitu FeS dan FeS2. Perbandingan massa S antara senyawa II (FeS2) dengan
sdenyawa I (FeS) untuk massa Fe yang tetap adalah
a.
1
: 1 c. 2 : 1 e. 3 : 2
1
: 1 c. 2 : 1 e. 3 : 2
b.
1
: 2 d. 2 : 3
1
: 2 d. 2 : 3
4. Berapakah volume gas hidrogen yang dapat bereaksi
sempurna dengan 24,0 Liter gas
oksigen untuk menghasilkan uap air?
sempurna dengan 24,0 Liter gas
oksigen untuk menghasilkan uap air?
a.
48,0
Liter c.
24,0 Liter e. 12,0 Liter.
48,0
Liter c.
24,0 Liter e. 12,0 Liter.
b.
44,8
Liter d. 22,4 Liter
44,8
Liter d. 22,4 Liter
5. Lima mol suatu gas A beratnya 560 gram pada keadaan
standar. Bila 150 mL gas A ini berada pada suhu 136,5 oC dan tekanan 1 atm, berapakah jumlah partikel gas
standar. Bila 150 mL gas A ini berada pada suhu 136,5 oC dan tekanan 1 atm, berapakah jumlah partikel gas
tersebut?
a.
9,03 x
1023 c. 5,38 x1021 e. 1,2 x 1021
9,03 x
1023 c. 5,38 x1021 e. 1,2 x 1021
b.
3,01
x 1023 d. 2,69 x 1021
3,01
x 1023 d. 2,69 x 1021
Kunci
jawaban soal:
jawaban soal:
1.
E 4. A
E 4. A
2.
B 5. D
B 5. D
3. C
Pengamatan Prilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Rasa
ingin tahu |
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dalam menggunakan data
hasil percobaan dan
melakukan
perhitungan |
|
|
|
|
3
|
Ketekunan/ keuletan dalam belajar
baik secara kelompok maupun
individu
dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS. |
|
|
|
|
4
|
Kejujuran dalam mengolah data
untuk membuktikan hukumhukum
dasar kimia dan dalam
menyelesaikan masalah yang ada di
LKS
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Prilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3:
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan baik kelompok maupun individu
2:
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh atau kurang antusias dalam menyelesaikan masalah secara individu.
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok atau individu walaupun telah didorong untuk terlibat. |
2
|
Ketelitian dalam menggunakan data
hasil percobaan dan melakukan perhitungan |
3: mengamati video/animasi dan
mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, dan melakukan perhitungan secara tepat
2: mengamati video/animasi dan
mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, namun perhitungan kurang tepat.
1: mengamati video/animasi dan
mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, tetapi perhitungan tidak tepat, atau sebaliknya. |
3
|
Ketekunan/ keuletan dalam belajar
baik secara kelompok maupun individu dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS. |
3: tekun/ulet dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
1: tidak berupaya sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai. |
4
|
Kejujuran dalam mengolah data untuk
membuktikan hukum-hukum dasar kimia dan dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS |
3: menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan
data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan hukum dasar kimia dan menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah.
2: menunjukkan kejujurannya dalam
menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan hukum dasar kimia, namun kurang menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah (masih berusaha meminta jawaban teman/menyontek) terutama pada kegiatan individu.
1: tidak menunjukkan kejujuran dalam
menggunakan data hasil percobaan (mengubah data agar sesuai dengan hukum dasar kimia) dan berusaha mencari jawaban dari teman lain dengan cara menyontek untuk menyelsaikan tugas individu. |
…………………..,Juni
2014
2014
Mengetahui,
Kepala SMA
N/MA…….. Guru
Mata Pelajaran Kimia
N/MA…….. Guru
Mata Pelajaran Kimia
…………………………………,
S.Pd …………………………………..,
S.Pd
S.Pd …………………………………..,
S.Pd
NIP………………………………….. NIP…………………………………….
PANDUAN PELAKSANAAN DEMONSTRASI DI KELAS
Hukum Kekalan Massa
A. Tujuan:
Dengan mengamati kegiatan demonstrasi siswa dapat membuktikan hukum kekekalan
massa bahwa “massa zat sebelum dan sesudah reaksi sama”.
Dengan mengamati kegiatan demonstrasi siswa dapat membuktikan hukum kekekalan
massa bahwa “massa zat sebelum dan sesudah reaksi sama”.
B. Petuntuk:
1.
Bantulah guru Anda
dalam melakiukan demonstrasi tentang hukum kekekalan massa.
Bantulah guru Anda
dalam melakiukan demonstrasi tentang hukum kekekalan massa.
2.
Amati percobaan yang
dilakukan guru Anda dan dibantu teman Anda.
Amati percobaan yang
dilakukan guru Anda dan dibantu teman Anda.
3.
Mintalah ketua kelompok
Anda untuk mengamati apa yang terjadi pada timbangan atau pada tabung reaksi.
Mintalah ketua kelompok
Anda untuk mengamati apa yang terjadi pada timbangan atau pada tabung reaksi.
4.
Catatlah hasil
pengamatan teman Anda ketika teman Anda atau guru mengatakan suatu hasil
pengamatannya.
Catatlah hasil
pengamatan teman Anda ketika teman Anda atau guru mengatakan suatu hasil
pengamatannya.
5.
Lakukan perhitungan dan
diskusikan hasil pengamatan pada saat demonstrasi.
Lakukan perhitungan dan
diskusikan hasil pengamatan pada saat demonstrasi.
C. Alat
dan Bahan yang Diperlukan:
dan Bahan yang Diperlukan:
1.
Labu erlenmeyer 250 mL 2
buah
Labu erlenmeyer 250 mL 2
buah
2.
Corong 1 buah
Corong 1 buah
3.
Pengaduk 1 buah
Pengaduk 1 buah
4.
Sumbat gabus 1 buah
Sumbat gabus 1 buah
5.
Tabung reaksi kecil 1 buah
Tabung reaksi kecil 1 buah
6.
Timbangan 1 buah
Timbangan 1 buah
7.
Larutan NaOH 0,1 M 25 mL
Larutan NaOH 0,1 M 25 mL
8.
Larutan CuCl2 0,1 M 25 mL
Larutan CuCl2 0,1 M 25 mL
D. Langkah-Langkah
Praktik/Demonstrasi
Praktik/Demonstrasi
1.
Masukkan 10 mL 0,1 M
larutan NaOH ke dalam Erlenmeyer dan 5 mL 0,1 M larutan CuCl2
ke
dalam tabung reaksi.
Masukkan 10 mL 0,1 M
larutan NaOH ke dalam Erlenmeyer dan 5 mL 0,1 M larutan CuCl2
ke
dalam tabung reaksi.
2.
Masukkan tabung reaksi
ke dalam Erlenmeyer (tabung diikat dengan benang pada sumbat gabus) dan tutup
Erlenmeyer dengan sumbat gabus.
Masukkan tabung reaksi
ke dalam Erlenmeyer (tabung diikat dengan benang pada sumbat gabus) dan tutup
Erlenmeyer dengan sumbat gabus.
3.
Timbang labu Erlenmeyer
dan isinya dengan menggunakan neraca. Catat massanya.
Timbang labu Erlenmeyer
dan isinya dengan menggunakan neraca. Catat massanya.
4.
Miringkan labu
Erlenmeyer, sehingga kedua larutan dapat bercampur. Perubahan apakah yang
terjadi? Catat hasil pengamatan Anda.
Miringkan labu
Erlenmeyer, sehingga kedua larutan dapat bercampur. Perubahan apakah yang
terjadi? Catat hasil pengamatan Anda.
5.
Timbang lagi Erlenmeyer
dengan isinya dan catat massanya.
Timbang lagi Erlenmeyer
dengan isinya dan catat massanya.
E. Hasil
Pengamatan
Pengamatan
1.
Massa erlenmeyer yang
beisi larutan NaOH dan tabung reaksi yang berisi larutan CuCl2
Massa erlenmeyer yang
beisi larutan NaOH dan tabung reaksi yang berisi larutan CuCl2
a.
Sebelum bercampur
(sebelum dimiringkan) = ……………. gram
Sebelum bercampur
(sebelum dimiringkan) = ……………. gram
b.
Sesudah bercampur
(sesdudah dimiringkan) = …………….. gram
Sesudah bercampur
(sesdudah dimiringkan) = …………….. gram
2.
Setelah Erlenmeyer
dimiringkan, yang terjadi adalah…………….
Setelah Erlenmeyer
dimiringkan, yang terjadi adalah…………….
F. Pertanyaan:
1.
Tuliskan persamaan
reaksi yang terjadi!
Tuliskan persamaan
reaksi yang terjadi!
2.
Bagaimana hubungan
massa dari zat sebelum dan sesudah reaksi dari hasil percobaan? Jelaskan!
Bagaimana hubungan
massa dari zat sebelum dan sesudah reaksi dari hasil percobaan? Jelaskan!
3.
Apakah hasil percobaan
sesuai dengan hukum Lavoisier? Jelaskan!
Apakah hasil percobaan
sesuai dengan hukum Lavoisier? Jelaskan!
Download FILE nya DISINI