Iptek,  News n Info,  Tips n Trik

Cara Facebook Menentukan Temen (deket) Kita

Pernah gak waktu buka facebook, postingan yang muncul  diwall kita dari orang itu-itu aja. Padahal postingan dari orang tersebut udah 2 jam yang lalu, atau malah psoting hari kamaren tapi kenapa bisa dia lagi dia lagi yang muncul? Marai Stuck dan gak bisa move on ya? ha.haaa
Disisi yang lain, temen kita yang gak cuma dia juga update status tapi kenapa jarang atau gak pernah muncul di beranda kita?. Satu jawaban yang pasti karena opsi sortir (urutkan) yang ada di wall temen-temen masih berdasarkan Top News atau berita terpopuler,ha.haaa.. kalo mau sortirannya berdasarkan berita terbaru yang tinggal ganti aja mode nya ke Berita Terbaru (Most Recent).

(Udah gitu doang yoog..?? )

Sabar.. sabar…
Kita lanjut pembahasannya, masalahnya ketika kita buka laman facebook pertama kali yang muncul pasti berita populer dulu kan? Hal itu emang udah diatur sama facebook dari sononya sebagai tampilan default. Dan yang jadi pertanyaan selanjutnya kenapa post dari si Y, #eh si X, misalnya jadi yang paling atas melulu, walaupun dia postingnya udah berjam-jam yang lalu, yang bikin kaya gitu itu apa loh?
Hmm… saya coba nyari beberapa referensi dan semoga valid dan logika alur berpikirnya juga masuk sih. Sebelumnya temen-temen harus kenal dulu yang namanya EdgeRank. (Egrang? Wah pernah maenin tuh waktu kecil) — GUBRAKK!!!
EdgeRank secara garis besar merupakan peringkat yang didapat dari hasil penghitungan frekuensi posting, relevansi (jumlah teman/fan yang mengklik tautan konten tersebut, memberikan like, komentar, dan sebagainya), plus sejarah klik dan pesan pengguna di Facebook.
Formula matematika EdgeRank yang dikeluarkan oleh Facebook adalah seperti dalam gambar di bawah:

 (Pliisss jangan tanya saya itu rumus darimana, atau turunan dari rumus apa, soalnya matkul matematika kimia saya gak nyampe B juga..ha.haa)
So, kita bahas secara umum aja ya berdasar referensi karena saya sudah illfill dengan simbol baru yang sejenis dengan itu. Pertama, Skor afinitas merupakan kalkulasi afinitas antara pengguna dan pencipta konten/brand. Beberapa alat ukur yang dapat membantu penghitungan afinitas antara lain:

  1. Pertukaran pesan antara pengguna dan pencipta konten/brand.
  2. Berapa sering profil pengguna/brand dilihat/dicek.

Weight (bobot) merujuk tipe interaksi yang dilakukan oleh pengguna Facebook. Berikut ini merupakan beberapa tipe interaksi perlu dipertimbangkan ketika menghitung bobot “edge” konten (didaftar menurut urutan dari yang paling penting):

  1. Tag pada foto/gambar.
  2. Comments.
  3. Likes.
  4.  Mentions
  5. Mutual Friends dsb. 

Singkatnya, setiap kali seseorang berinteraksi dengan posting yang Anda buat, mereka menciptakan “edge” untuk posting Anda. Facebook – lewat algoritma EdgeRanknya (yang cuma dibongkar sebagaian aja karena resep rahasia dapur perusahaan) – berusaha menyajikan postingan-postingan paling sesuai dengan ketertarikan pengguna dengan cara mengukur “edge” yang dimiliki oleh masing-masing posting dari lingkaran teman dan page-page yang disukai oleh pengguna bersangkutan. Jika banyak orang di lingkaran Anda berinteraksi dengan suatu posting maka konten tersebut dianggap akan menarik juga untuk Anda ketahui.

Juga, jika postingan tersebut berasal dari seseorang yang sering berinteraksi dengan Anda di Facebook maka kemungkinan besar konten tersebut akan dianggap lebih menarik (afinitas). Jika Anda mengirim banyak pesan ke teman Anda di Facebook dan sering mengecek profil mereka, maka Anda akan memiliki skor afinitas yang lebih tinggi bagi teman Anda tersebut daripada bagi teman yang tidak berinteraksi sama sekali dengan Anda selama, misalnya, setahun. (Haa.haaa akhirnya terbongkar juga modus dari para stalker — sering dikunjungi atau sebaliknya dikunjungi –> idem alias sama, sami mawon, BISA DICOBA 😉

Terakhir, waktu adalah faktor yang tak kalah penting. Semakin lama usia postingan dan “edge” yang dimilikinya, semakin tidak relevan. Semakin baru usia postingan dan “edge”nya, semakin penting. Semakin tinggi skor EdgeRank kalian, semakin tinggi pula peluang postingan kalian ditampilkan pada tab “Top News” di newsfeed orang-orang yang ada dilingkaran pertemanan kalian.


Ada cara untuk ngecek kapan interkasi publik terakhir kalian dengan si X atau si Y dengan modifikasi URL ini : (ganti kedua username dengan usernama kamu dan orang yang pengen anda cek intensitas interaksinya dengan kalian.
https://www.facebook.com/<username>?and=<friend-username>
contoh : https://www.facebook.com/arifyogapratama?and=ihsanti.rahayu
maka akan ditampilkan laman yang rupanya kaya gini,,

(So, Kesimpulannya apa yoog?)

Kalo emang mau serius move on, abaikan aja semua yang postingan yang muncul dari si X, hindari interkasi dalam thread yang ada dianya, dan yang pasti jangan pernah lagi nangkring di TL-nya orang tersebut. Lambat laun algoritma facebook bakal ngoreksi dan menambahkan refrensi berita lain yang penting buat kalian (menurut facebook) selain dari si fulan. CMIIW.

#Sekian
Referensi : EdgeRank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *