RANGKUMAN REVISI TAKSONOMI BLOOM
RANGKUMAN
REVISI TAKSONOMI BLOOM
Oleh: Persahini Sidik & Sutjipto
Jenis dan Sub Jenis Dimensi Pengetahuan
Jenis dan Sub Jenis Pengetahuan
|
Contoh
|
A. Pengetahuan Faktual
Unsur-unsur dasar yang harus diketahui oleh siswa untuk berkenalan dengan suatu disiplin ilmu atau menyelesaikan masalah di dalamnya.
|
|
1. Pengetahuan tentang istilah
2. Pengetahuan tentang detail suatu hal dan unsur-unsur
|
Kosakata teknis, simbol musik
Sumber daya alam utama, sumber informasi yang dapat dipercaya
|
B. Pengetahuan Konseptual
Hubungan antar unsur-unsur dasar dalam suatu susunan yang besar secara fungsional
|
|
1. Pengetahuan tentang klasifik dan kategori
2. Pengetahuan tentang prinsip- prinsip dan generalisasi
3. Pengetahuan tentang teori, model, dan struktur
|
Perode waktu geologi, bentuk-bentuk kepemilikan bisnis, teorema Phytagoras, teori evolusi, hukum Newton,
|
C. Pengetahuan Prosedural
Bagaimana melakukan sesuatu, metode-metode dalam inkuiri, dan kriteria untuk menggunakan skill, algoritma, teknik, dan metode
|
|
1. Pengetahuan tentang keahlian-keahlian khusus dan algoritma
2. Pengetahuan tentang teknik dan metode khusus suatu bidang
3. Pengetahuan tentang kriteria untuk penentuan ketika menggunakan prosedur yang sesuai
|
Keahlian untuk melukis dengan cat air
Kriteria yang digunakan untuk penentuan ketika menerapkan prosedur yang melibatkan Hukum-hukum Newton.
|
D. Pengetahuan Metakognitif
Pengetahuan kognitif secara umum sebagaimana kesadaran dan pengetahuan yang dimiliki seseorang
|
|
1. Pengetahuan strategi
2. Pengetahuan tentang tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan kontekstual dan kondisional yang sesuai
|
Pengetahuan membuat garis besar
Pengetahuan tentang tipe tes yang biasa digunaan oleh guru
Pengetahuan tentang tuntutan kognitif dari tugas-tugas yang berbeda
|

No.
|
Level Taksonomi
|
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
|
Deskripsi Perilaku
|
1.
|
Mengingat
|
1. Mengidentifikasi
2. Menyebutkan
3. Mendaftar
4. Menunjukkan
5. Mendefinisikan
6. Melabel
|
Mengingat atau menyadari informasi.
|
2.
|
Memahami
|
1. Menjelaskan
2. Mendeskripsikan
3. Mengklasifikasi
4. Mencontohkan
5. Meringkas
6. Mengelompokkan
|
Memahami makna, menetapkan kembali dalam kata-kata sendiri, menafsirkan, ekstrapolasi, menerjemahkan, merangkum, membuat ringkasan.
|
3.
|
Menerapkan
|
1. Menggunakan
2. Menerapkan
3. Memecahkan
4. Mengubah
5. Menanggapi
6. Menentukan
|
Menggunakan atau menerapkan pengetahuan, mempraktikkan teori, menggunakan pengetahuan dalam menanggapi keadaan nyata, merespon yang dipahami.
|
4.
|
Menganalisis
|
1. Menganalisis
2. Menguji
3. Mengukur
4. Membandingkan
5. Menafsirkan
6. Membagi
|
Menafsirkan elemen, prinsip-prinsip organisasi, struktur, konstruksi, hubungan internal, kualitas, keandalan komponen individu, menyeleksi hasil penerapannya.
|
5.
|
Mengevaluasi
|
1. Menilai
2. Meninjau
3. Menyelidiki
4. Mengelola
5. Membenarkan
6. Mempertahankan
|
Menilai efektivitas seluruh konsep, dalam hubungannya dengan nilai-nilai output, khasiat, kelangsungan hidup; berpikir kritis, perbandingan strategis dan review; penghakiman yang berkaitan dengan kriteria eksternal, mengontrol.
|
6.
|
Mencipta
|
1. Merencanakan
2. Merevisi
3. Mengembangkan
4. Membangun
5. Mengintegrasikan
6. Memodivikasi
|
Mengembangkan struktur unik baru, sistem, model, pendekatan, ide-ide, berpikir kreatif operasi.
|
Hasil Analisis Sutjipto
(Berdasarkan Anderson dan Krathwhol pada tahun 2001)

No.
|
Level Taksonomi
|
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
|
Deskripsi Perilaku
|
1.
|
Imitasi
|
1. Meniru
2. Mengopi
3. Menyalin
4. Mengulangi
5. Mengikuti
6. Mencontoh
|
Menyalin tindakan orang lain. mengamati dan mereplikasi.
|
2.
|
Manipulasi
|
1. Melakukan
2. Melaksanakan
3. Menerapkan
4. Mengoperasikan
5. Membangun
6. Mencoba
|
Mereproduksi aktivitas dari instruksi atau memori.
|
3.
|
Presisi
|
1. Menunjukkan
2. Menampilkan
3. Menyelesaikan
4. Memperbaiki
5. Mengontrol
6. Menyajikan
|
Melaksanakan keterampilan terpercaya, independen dari bantuan, aktivitas cepat, halus, dan akurat.
|
4.
|
Artikulasi
|
1. Menggabungkan
2. Memecahkan
3. Mengintegrasikan
4. Memodivikasi
5. Merevisi
6. Mengadaptasi
|
Beradaptasi dan mengintegrasikan keahlian untuk memenuhi konteks baru atau tugas.
|
5.
|
Naturalisasi
|
7. Membangun
8. Mengelola
9. Menciptakan
10. Mendesain
11. Membuat
12. Menentukan
|
Naluriah, usaha, sadar penguasaan aktivitas dan terkait keterampilan strategis.
|
Hasil Analisis Sutjipto
(Berdasarkan versi RH Dave psikomotor domain)