Pendidikan

RANGKUMAN REVISI TAKSONOMI BLOOM


RANGKUMAN
REVISI TAKSONOMI BLOOM
Oleh: Persahini Sidik & Sutjipto
Jenis dan Sub Jenis Dimensi Pengetahuan
Jenis dan Sub Jenis Pengetahuan 
Contoh 
A. Pengetahuan Faktual 
      Unsur-unsur dasar yang harus diketahui oleh siswa untuk berkenalan dengan suatu disiplin ilmu atau menyelesaikan masalah di dalamnya. 
1. Pengetahuan tentang istilah
2. Pengetahuan tentang detail  suatu hal dan unsur-unsur 
Kosakata teknis, simbol musik
Sumber daya alam utama, sumber informasi yang dapat dipercaya 
B.  Pengetahuan Konseptual
      Hubungan antar unsur-unsur dasar dalam suatu susunan yang besar secara fungsional  
1. Pengetahuan tentang klasifik  dan kategori
2. Pengetahuan tentang prinsip- prinsip dan generalisasi
3. Pengetahuan tentang teori,  model, dan struktur 
Perode waktu geologi, bentuk-bentuk kepemilikan bisnis, teorema Phytagoras, teori evolusi, hukum Newton, 
C.   Pengetahuan Prosedural 
      Bagaimana melakukan sesuatu, metode-metode dalam inkuiri, dan kriteria untuk menggunakan skill, algoritma, teknik, dan metode 
1. Pengetahuan tentang keahlian-keahlian khusus dan algoritma 
2. Pengetahuan tentang teknik dan  metode khusus suatu bidang 
3. Pengetahuan tentang kriteria  untuk penentuan ketika      menggunakan prosedur yang sesuai 
Keahlian untuk melukis dengan cat air
Kriteria yang digunakan untuk penentuan ketika menerapkan prosedur yang melibatkan Hukum-hukum Newton. 
D. Pengetahuan Metakognitif
      Pengetahuan kognitif  secara umum sebagaimana kesadaran dan pengetahuan yang dimiliki seseorang 
1. Pengetahuan strategi
2. Pengetahuan tentang tugas-tugas  kognitif, termasuk pengetahuan  kontekstual dan kondisional yang  sesuai 
Pengetahuan  membuat garis besar 
Pengetahuan tentang tipe tes yang biasa digunaan oleh guru
Pengetahuan tentang tuntutan kognitif dari tugas-tugas yang berbeda 
 
No.
Level Taksonomi
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
Deskripsi Perilaku
1.
Mengingat 
1. Mengidentifikasi
2. Menyebutkan
3. Mendaftar 
4. Menunjukkan 
5. Mendefinisikan 
6. Melabel 
Mengingat atau menyadari informasi.
2.
Memahami
1. Menjelaskan 
2. Mendeskripsikan 
3. Mengklasifikasi 
4. Mencontohkan 
5. Meringkas 
6. Mengelompokkan 
Memahami makna, menetapkan kembali dalam kata-kata sendiri, menafsirkan, ekstrapolasi, menerjemahkan, merangkum, membuat ringkasan.
3.
Menerapkan 
1. Menggunakan 
2. Menerapkan
3. Memecahkan 
4. Mengubah 
5. Menanggapi
6. Menentukan 
Menggunakan atau menerapkan pengetahuan, mempraktikkan teori, menggunakan pengetahuan dalam menanggapi keadaan nyata, merespon yang dipahami.
4.
Menganalisis 
1. Menganalisis 
2. Menguji 
3. Mengukur 
4. Membandingkan 
5. Menafsirkan 
6. Membagi 
Menafsirkan elemen, prinsip-prinsip organisasi, struktur, konstruksi, hubungan internal, kualitas, keandalan komponen individu, menyeleksi hasil penerapannya.
5.
Mengevaluasi 
1. Menilai
2. Meninjau
3. Menyelidiki 
4. Mengelola
5. Membenarkan 
6. Mempertahankan 
Menilai efektivitas seluruh konsep, dalam hubungannya dengan nilai-nilai output, khasiat, kelangsungan hidup; berpikir kritis, perbandingan strategis dan review; penghakiman yang berkaitan dengan kriteria eksternal, mengontrol.
6.
Mencipta 
1. Merencanakan 
2. Merevisi 
3. Mengembangkan 
4. Membangun 
5. Mengintegrasikan
6. Memodivikasi 
Mengembangkan struktur unik baru, sistem, model, pendekatan, ide-ideberpikir kreatif operasi.
Hasil Analisis Sutjipto
(Berdasarkan Anderson dan Krathwhol pada tahun 2001)
 
No.
Level Taksonomi
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
Deskripsi Perilaku
1.
Imitasi  
1. Meniru
2. Mengopi
3. Menyalin 
4. Mengulangi 
5. Mengikuti 
6. Mencontoh
Menyalin tindakan orang lain. mengamati dan mereplikasi.
2.
Manipulasi
1. Melakukan 
2. Melaksanakan 
3. Menerapkan 
4. Mengoperasikan 
5. Membangun
6. Mencoba 
Mereproduksi aktivitas dari instruksi atau memori.
3.
Presisi
1. Menunjukkan 
2. Menampilkan
3. Menyelesaikan 
4. Memperbaiki
5. Mengontrol
6. Menyajikan 
Melaksanakan keterampilan terpercaya, independen dari bantuan, aktivitas cepat, halus, dan akurat.
4.
Artikulasi
1. Menggabungkan 
2. Memecahkan 
3. Mengintegrasikan
4. Memodivikasi
5. Merevisi 
6. Mengadaptasi 
Beradaptasi dan mengintegrasikan keahlian untuk memenuhi konteks baru atau tugas.
5.
Naturalisasi
7. Membangun
8. Mengelola
9. Menciptakan 
10. Mendesain
11. Membuat 
12. Menentukan 
Naluriah, usaha, sadar penguasaan aktivitas dan terkait keterampilan strategis.
Hasil Analisis Sutjipto
(Berdasarkan versi RH Dave psikomotor domain)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *