PTK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
SISWA KELAS XI IPA 3 SMA N 1 BANTUL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Indah Fatoni1, I Made Sukarna2, Wigati Rahayu2
1Universitas Negeri Yogyakarta. Jl, Colombo No.1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia
2 Universitas Negeri Yogyakarta. Jl, Colombo No.1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia
2SMA Negeri 1 Bantul, Jl. Kha Wakhid Hasyim. Yogyakarta, Indonesia
*Email: Fatoniindah@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas XI IPA 3 SMA N 1 Bantul melalui penerapan model discovery learning pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek merupakan siswa pada kelas XI IPA 3 SMA N yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode tes berupa tes essay, dan metode non tes berupa observasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif. Target penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa ≥23%. Peningkatan persentase pada setiap aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi dari pratindakan sampai siklus II sebagai berikut: 1) aspek mengananlisis meningkat sebesar 34,17%, 2) aspek mengevaluasi meningkat sebesar 36,05%, dan 3) aspek mencipta meningkat sebesar 17,4%.

Kata kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, discovery learning

Abstract
The research is aimed to improve higher order thinking skills students at class XI IPA 3 of SMA N 1 Bantul through the implementation of discovery learning model on the thermochemistry subject. This research was a classroom action research which consists of two cycles. Each cycle contains four phases which were planning, acting, observing and reflecting. The subjects were students at class XI IPA 3 of SMA N 1 Bantul totaling 36 students. The data collecting techniques of this research were using test method obtained through essay test, and non test method obtained through observation of higher order thinking skills and documentation. Analysis of data using qualitative descriptive analysis technique. The Target of research is to increase the higher order thinking skill’s students ≥23%. The increased of percentage gain in each aspect of higher order thinking skill from based line to cycle II was as follows: 1) the analyzing aspect increased as big as 34,17%, 2) the evaluating aspect increased as big as 36,05%, and 3) the creating aspect increased as big as 17,4%.

Keywords : higher order thingking skill, discovery learning

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *