Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Larutan Elektrolit
Saya mau share RPP Kimia K13 nih.. Link download ada dibawah sendiri.. cekidot.. 🙂
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA ………..
Mata Pelajaran :
Kimia
Kimia
Kelas/Semester :
X/Dua
X/Dua
Materi pokok : Larutan elektrolit dan Non elektrolit
Alokasi Waktu : 1 x 3 JP
A.
Kompetensi Inti
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
danminatnya untuk memecahkan masalah.
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8
Menganalisis sifat larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
Menganalisis sifat larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
Indikator:
1. Menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non
elektrolit
elektrolit
2. Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit
dan non elektrolit melalui percobaan
dan non elektrolit melalui percobaan
3. Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit
dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran
listriknya
dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran
listriknya
4. Menjelaskan
penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
5. Mendeskripsikan
bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
4.8 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk mengetahui
sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk mengetahui
sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit
Indikator:
1. Merancang percobaan untuk menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
2. Melakukan percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
3. Mengamati dan mencatat data hasil percobaandaya
hantar listrik pada beberapa larutan.
hantar listrik pada beberapa larutan.
4. Menganalisis data hasil percobaan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
5. Menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
6. Menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa
ion atau senyawa kovalen polar
ion atau senyawa kovalen polar
7. Mengkomunikasikan hasil percobaan larutan elektrolit dan
non elektrolit
non elektrolit
C.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menyadari adanya keteraturan sifat hantar listrik pada larutan sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME.
Siswa
dapat menyadari adanya keteraturan sifat hantar listrik pada larutan sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME.
2.
Siswa
dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
Siswa
dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan
kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
Siswa
dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan
kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
4.
Siswa
dapat menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit
Siswa
dapat menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit
5.
Siswa
dapat mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan iswnon
elektrolit melalui percobaan
Siswa
dapat mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan iswnon
elektrolit melalui percobaan
6.
Siswa
dapat mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit
berdasarkan sifat hantaran listriknya
Siswa
dapat mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit
berdasarkan sifat hantaran listriknya
7.
Siswa
dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus
listrik
Siswa
dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus
listrik
8.
Siswa
dapat mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan
senyawa kovalen polar.
Siswa
dapat mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan
senyawa kovalen polar.
9.
Siswa
dapat merancang percobaan untuk menyelidiki
sifat larutan berdasarkan daya
hantar listriknya
Siswa
dapat merancang percobaan untuk menyelidiki
sifat larutan berdasarkan daya
hantar listriknya
10.
Siswa dapat
melakukan percobaan.daya hantar listrik pada
beberapa larutan.
Siswa dapat
melakukan percobaan.daya hantar listrik pada
beberapa larutan.
11.
Siswa
dapat mengamati dan mencatat data hasil percobaan.daya hantar listrik pada
beberapa larutan.
Siswa
dapat mengamati dan mencatat data hasil percobaan.daya hantar listrik pada
beberapa larutan.
12.
Siswa
dapat menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau
senyawa kovalen polar
Siswa
dapat menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau
senyawa kovalen polar
13.
Siswa
dapat menganalisis data hasil percobaan larutan berdasarkan daya hantar listrik
larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit.
Siswa
dapat menganalisis data hasil percobaan larutan berdasarkan daya hantar listrik
larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit.
14.
Siswa
dapat menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
Siswa
dapat menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
D. Materi Pembelajaran
·
Fakta
Fakta
o
Konduktor
Konduktor
o
Isolator
Isolator
o
Pelarut
Pelarut
o
Terlarut
Terlarut
·
Konsep
Konsep
o
Larutan
Larutan
o
Larutan
elektrolit
Larutan
elektrolit
o
Larutan
non elektrolit
Larutan
non elektrolit
o
Reaksi
Reaksi
o
ionisasi
ionisasi
·
Prinsip
Prinsip
o
Peran ion
dalam hantaran listrik larutan(teori
Arrhenius)
Peran ion
dalam hantaran listrik larutan(teori
Arrhenius)
o
Kekuatan
elektrolit
Kekuatan
elektrolit
o
Prosedur
Prosedur
o
Langkah
kerja percobaan daya hantar listrik dalam larutan
Langkah
kerja percobaan daya hantar listrik dalam larutan
Suatu larutan yang dapat
menghantarkan listrik dinamakan larutan elektrolit. Kekuatan menghantarkan
listrik tergantung pada jumlah ion yang terdapat dalam larutan tersebut.
Semakin banyak jumlah ionnya semakin kuat sifat elektrolitnya. Hal ini
disebabkan oleh derajat ionisasi zat yang terlarut.
menghantarkan listrik dinamakan larutan elektrolit. Kekuatan menghantarkan
listrik tergantung pada jumlah ion yang terdapat dalam larutan tersebut.
Semakin banyak jumlah ionnya semakin kuat sifat elektrolitnya. Hal ini
disebabkan oleh derajat ionisasi zat yang terlarut.
1.
LARUTAN ELEKTROLIT KUAT
LARUTAN ELEKTROLIT KUAT
·
Mempunyai
derajat ionisasi 1 (
= 1 )
Mempunyai
derajat ionisasi 1 (

·
Terion
sempurna
Terion
sempurna
Contoh : HCl(aq), H2SO4(aq),
NaCl(aq), NaOH(aq)
NaCl(aq), NaOH(aq)
HCl(aq) à H+(aq) + Cl–(aq)
NaCl(aq) à Na+(aq) + Cl–(aq)
H2SO4(aq) à2H+(aq) + SO42-(aq)
NaOH(aq)àNa+(aq)
+ OH–(aq)
+ OH–(aq)
2.
LARUTAN ELEKTROLIT LEMAH
LARUTAN ELEKTROLIT LEMAH
·
Mempunyai
derajat ionisasi ( 0<
< 1 )
Mempunyai
derajat ionisasi ( 0<

·
Terion
sebagian
Terion
sebagian
Contoh : CH3COOH(aq),
NH4OH(aq)
NH4OH(aq)
CH3COOH(aq)
CH3COO–(aq) + H+(aq)

NH4OH(aq)
NH4+(aq)
+ OH–(aq)

+ OH–(aq)
3.
LARUTAN NON ELEKTROLIT
LARUTAN NON ELEKTROLIT
·
Mempunyai
derajat ionisasi (
= 0 )
Mempunyai
derajat ionisasi (

·
Tidak
terion
Tidak
terion
Contoh : CO(NH2)2(aq),
C12H22O11(aq)
C12H22O11(aq)
CO(NH2)2(aq) àCO(NH2)2(aq)
( tidak terion )
( tidak terion )
C12H22O11(aq) à
C12H22O11(aq) (
tidak terion )
C12H22O11(aq) (
tidak terion )
4. JENIS
SENYAWA ELEKTROLIT
SENYAWA ELEKTROLIT
No
|
Jenis Senyawa
|
Sifat Senyawa
( elektrolit / non elektrolit )
|
||
Padat
|
Lelehan
|
Larutan
|
||
1.
2.
|
Senyawa
ion (NaCl, MgCl2)
Senyawa
kovalen polar (HCl, HBr) |
Non elektrolit
Non elektrolit
|
Elektrolit
Non elektrolit
|
Elektrolit
Elektrolit
|
Pada senyawa ion yang berwujud
lelehan dan larutan ion-ionya dapat bergerak bebas, sedangkan pada wujud padat
tidak. Demikian pula pada senyawa kovalen hanya yang berwujud larutanlah yang
ionnya dapat bergerak bebas. Jadi sifat elektrolit suatu senyawa ditentukan
oleh ionnya.
lelehan dan larutan ion-ionya dapat bergerak bebas, sedangkan pada wujud padat
tidak. Demikian pula pada senyawa kovalen hanya yang berwujud larutanlah yang
ionnya dapat bergerak bebas. Jadi sifat elektrolit suatu senyawa ditentukan
oleh ionnya.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Eksperimen
Eksperimen
2.
Diskusi Kelompok
Diskusi Kelompok
3.
Inquiri
Inquiri
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media.
Media.
Bahan
Tayang
Tayang
2.
Alat/Bahan
Alat/Bahan
alat uji elektrolit, gelas kimia, Beberapa
sampel larutan elektrolit, nonelektrolit
sampel larutan elektrolit, nonelektrolit
3.
Sumber Belajar
Sumber Belajar
§ Michael Purba, Kimia Kelas X SMA /MA , Erlangga
,Jakarta
,Jakarta
§
Supplement
books:
Supplement
books:
·
Cerdas Belajar Kimia, Nana Sutresna, Grafindo
Media Pratama, 2008
Cerdas Belajar Kimia, Nana Sutresna, Grafindo
Media Pratama, 2008
·
buku pegangan Kimia jilid
1, Buku Kimia Penunjang Aktifitas Siswa,
dan hands out
buku pegangan Kimia jilid
1, Buku Kimia Penunjang Aktifitas Siswa,
dan hands out
·
Lembar kerja
Lembar kerja
§
Internet
Internet
http://psb-psma.org
G. Langkah-langkahKegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
|
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
A.
Pendahuluan
1) Siswa merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2) Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang larutan gula dan larutan asam cuka
3) Guru memotivasi siswa tayangan
video “Nelayan”
4)
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5)
Guru menagih secara lisan tugas baca dan mencari artikel tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit |
15’
|
Guru menagih secara lisan tugas baca dan tugas mencari artikel tentang larutan
elektrolit dan nonelektrolit |
B.
Kegiatan Inti Guru
1. Siswa diminta mengkaji
literatur tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit.
2. Guru mengajukan
pertanyaan apakah semua larutan dapat menghantarkan arus listrik? Mengapa ikan di sungai bisa mati tersengat arus listrik? Apa manfaat larutan elektrolit dalam kehidupan?
3.
Siswa diminta merancang percobaan untuk menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
4.
Siswa melakukan percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
5. Siswa mengamati dan mencatat data hasil percobaandaya
hantar listrik pada beberapa larutan.
6.
Siswa menganalisis data hasil percobaan untuk menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya (larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit).
7.
Siswa mengelompokkan larutan berdasarkan jenis ikatan dan menjelaskannya.
8.
Siswa menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
9.
Siswa menyajikan laporan hasil percobaan tentang daya hantar listrik larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan nonelektrolit. |
90’
|
|
C.
Penutup
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentanglarutan elektrolit dan nonelektrolit
·
Guru meminta siswa mencatat soal penugasan mengenai larutan elektrolit dan nonelektrolit
·
Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya |
30’
|
|
|
|
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan
Prosedur |
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
–
Observasi Kerja Kelompok |
– Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
–
Penugasan
–
Tes Tertulis |
–
Soal Penugasan
–
Soal Objektif |
|
3.
|
Ketrampilan
|
–
Kinerja Presentasi
–
Laporan Praktik |
–
Kinerja Presentasi
–
Rubrik Penilaian |
|
Jakarta, …………………
Kepala SMA Negeri …….. Guru Mata Pelajaran
KIMIA
KIMIA
………………………. ……………………….
NIP. …………………… NIP. ……………………
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
1 Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :………………………………………………………………………
Kelas/Semester :……………………………………………………………………..
Tahun Ajaran :……………………………………………………………………..
Waktu Pengamatan :
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
Indikator perkembangan sikapreligius,tanggung
jawab,peduli,responsif, dansantun
jawab,peduli,responsif, dansantun
1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus–menerus dan ajeg/konsisten
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus–menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggug
jawab |
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1
BT= kurang
BT= kurang
2
MT= sedang
MT= sedang
3
MB= baik
MB= baik
4
MK= sangat baik
MK= sangat baik
Lampiran 2
a. Lembar Observasi dan kinerja presentasi mengenai
sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi
sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi
LEMBAR PENGAMATAN
OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
KIMIA
KIMIA
Kelas/Program :
X/M-IPA
X/M-IPA
Kompetensi :
……………
……………
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
|
|||||||
jjr
|
Disl
|
tgjwb
|
peduli
|
Krjsm
|
juml
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
||||
1.
|
Abdus Shamad
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
24
|
4
|
3
|
3
|
10
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
tinggi
tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
tinggi
tinggi
1. Kurang
PresentasiKelompok
Aspek:
1. Penguasaan Isi
2. Teknik Bertanya/ Menjawab
3 Metode Penyajian
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Jujur
Jujur
a.
Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas tepat
waktu
Selalu hadir di kelas tepat
waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
3.
Tanggung jawab
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan tugas
dengan sungguh-sungguh
Berusaha menyelesaikan tugas
dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
Partisipasi dalam kelompok
4.
Peduli
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang
membutuhkan
Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang
membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa
empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
Menunjukkan rasa
empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.
Kerja sama
Kerja sama
a.
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap bersahabat
Menunjukkan sikap bersahabat
c.
Berusaha menemukan solusi
permasalahan secara bersama dlm kelompoknya
Berusaha menemukan solusi
permasalahan secara bersama dlm kelompoknya
d.
Menghargai pendapat lain
Menghargai pendapat lain
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b.
Hasil yang dicapai
selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Hasil yang dicapai
selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Lampiran 3
Penugasan
·
Membuat peta konsep tentang larutan elektrolit dan
nonelektrolit
Membuat peta konsep tentang larutan elektrolit dan
nonelektrolit
Lampiran 4
Tes Tertulis
1.
Berikut
adalah data hasil pengujian daya hantar listrik beberapa larutan:
Berikut
adalah data hasil pengujian daya hantar listrik beberapa larutan:
No
|
Larutan
|
Pengamatan
|
|
Nyala lampu
|
Gelembung gas
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
P
Q
R
S
T
U
V
|
Tidak menyala
Tidak menyala
menyala
tidak menyala
menyala
tidak menyala
menyala
|
Ada
Tidak ada
Ada
ada
ada
tidak ada
ada
|
Pasangan
larutan yang termasuk larutan elektrolit kuat adalah…
larutan yang termasuk larutan elektrolit kuat adalah…
A. P dan Q D.
R dan S
R dan S
B.
Q dan U E. S dan V
Q dan U E. S dan V
C. R dan T
2.
Given that
data of experiment as follows.
Given that
data of experiment as follows.
Solution
|
Lamp
|
Other
Observation |
1
|
Glowing
|
There
are much gas bubbles |
2
|
Not Glowing
|
There are gas
bubbles |
3
|
Not
Glowing |
There
are no gas bubbles |
4
|
Not Glowing
|
There are gas
bubbles |
5
|
Glowing
|
There
are much gas bubbles |
The weak Electrolyte are ……
A.
1 and 2 B. 2 and 3 C. 3 and 5
1 and 2 B. 2 and 3 C. 3 and 5
D. 4 and 5 E. 1 and 5
3. Diagram pengujian
elektrolit beberapa larutan sebagai berikut :
elektrolit beberapa larutan sebagai berikut :

Dari
gambar merupakan hasil pengujian larutan NaOH dan asam format berturut-turut adalah . . .
gambar merupakan hasil pengujian larutan NaOH dan asam format berturut-turut adalah . . .
A.
1 dan 3 B.2
dan 4 C.3 dan 5
1 dan 3 B.2
dan 4 C.3 dan 5
D,
2 dan 3 E.2 dan 5
2 dan 3 E.2 dan 5
4.
Larutan
elektrolit kuat dapat membuat lampu pada alat uji elektrolit menyala karena….
Larutan
elektrolit kuat dapat membuat lampu pada alat uji elektrolit menyala karena….
A.
terurai sebagian menjadi ion-ion
terurai sebagian menjadi ion-ion
B.terjadi
aliran ion-ion
aliran ion-ion
C.
terbentuk banyak ion-ion
terbentuk banyak ion-ion
D.
terjadi pegendapan
terjadi pegendapan
E.
terurai menjadi gas
terurai menjadi gas
5.
Elektrolit
mempunyai sifat antara lain….
Elektrolit
mempunyai sifat antara lain….
A. tidak menghantarkan listrik
B. dalam keadaan padat menghantarkan arus listrik
C. dalam pelarut bukan air menghantarkan arus listrik
D. dalam pelarut air tidak menghantarkan arus listrik
E. lelehannya dapat menghantarkan arus listrik
6.
Dengan
menguji elektrolit, elektroda dimasukkan ke dalam asam klorida. Ternyata lampu menyala. Hal ini disebabkan ….
Dengan
menguji elektrolit, elektroda dimasukkan ke dalam asam klorida. Ternyata lampu menyala. Hal ini disebabkan ….
A. Asam klorida memperbesar konsentrasi ion H sebagai
syarat penghantar listrik
syarat penghantar listrik
B. Asam klorida dalam keadaan murni tersusun dari
ion-ion
ion-ion
C. Pelarutan asam klorida dalam air terjadi
pengeluaran electron
pengeluaran electron
D. Asam klorida terionisasi karena adanya arus
listrik
listrik
E. Asam klorida terionisasi sebelum elektroda
dihubungkan dengan baterai
dihubungkan dengan baterai
7.
HCl cair
tidak menghantarkan arus listrik sedangkan larutan HCl dapat menghantarkan arus
listrik.Dari fakta tersebut dapat di simpulkan bahwa….
HCl cair
tidak menghantarkan arus listrik sedangkan larutan HCl dapat menghantarkan arus
listrik.Dari fakta tersebut dapat di simpulkan bahwa….
A. arus
listrik akan mengalir bila ada air sebagai mediumnya.
listrik akan mengalir bila ada air sebagai mediumnya.
B. air
menimbulkan perubahan pada kekuatan arus listrik
menimbulkan perubahan pada kekuatan arus listrik
C. HCl
cair tidak terionisasi tetapi bila dilarutklan dalam air akan terionisasi
cair tidak terionisasi tetapi bila dilarutklan dalam air akan terionisasi
D. adanya
air mengubah HCl yang semula berikatan kovalen menjadi berikatan ion
air mengubah HCl yang semula berikatan kovalen menjadi berikatan ion
E. HCl
cair berikatan kovalen tetapi larutan HCl merupakan senyawa berikatan ion.
cair berikatan kovalen tetapi larutan HCl merupakan senyawa berikatan ion.
8.
Perbedaan
antara elektrolit kuat dan elektrolit lemah yang benar adalah…
Perbedaan
antara elektrolit kuat dan elektrolit lemah yang benar adalah…
|
Elektrolit Lemah
|
Elektrolit Kuat
|
A
|
Daya hantar listriknya baik
|
Daya hantar listriknya buruk
|
B
|
Jumlah ionnya sedikit
|
Jumlah ionnya banyak
|
C
|
pH-nya rendah
|
pH-nya tinggi
|
D
|
Terionisasi seluruhnya
|
Terionisasi sebagian
|
E
|
Tidak ada molekul zat terlarut
|
Banyaknya zat terlarut
|
9.
Larutan
berikut yang merupakan larutan elektrolit adalah…
Larutan
berikut yang merupakan larutan elektrolit adalah…
A.
garam
dapur B. urea C. gula D. glukosa
E. susu
garam
dapur B. urea C. gula D. glukosa
E. susu
10. Kelompok larutan berikut yang semuanya merupakan
elektrolit kuat adalah…
elektrolit kuat adalah…
A.
HCl, HNO3,
KClO4, NaBr
HCl, HNO3,
KClO4, NaBr
B.
CuI2,
H2S, Mg(OH)2, H3PO4
CuI2,
H2S, Mg(OH)2, H3PO4
C.
HgSO4,
NH4OH, H2CO3, CH3COOH
HgSO4,
NH4OH, H2CO3, CH3COOH
D.
NaOH, K2SO4,
HCN, Al(OH)3
NaOH, K2SO4,
HCN, Al(OH)3
E.
CH3COOH,
Sr(OH)2, HCl, CaCl2
CH3COOH,
Sr(OH)2, HCl, CaCl2
11. The
groupfollowsthatallsolutionsincludingweakelectrolyteis…
groupfollowsthatallsolutionsincludingweakelectrolyteis…
A.
HCl, NaCl,
NaOH
HCl, NaCl,
NaOH
B.
H2SO4,
NH3, C2H5OH
H2SO4,
NH3, C2H5OH
C.
CO(NH2)2,
CH3COOH, NaOH
CO(NH2)2,
CH3COOH, NaOH
D.
CO(NH2)2,
C2H5OH, CH3COOH
CO(NH2)2,
C2H5OH, CH3COOH
E.
HCN, NH3,
CH3COOH
HCN, NH3,
CH3COOH
12. Larutan yang tidak dapat menghantarkan arus
listrik adalah…
listrik adalah…
A. Elektrolit D.
Tawas
Tawas
B. Nonelektrolit E.
NaCl
NaCl
C. Garam
13. Some of theelectrolytesolution:
1.
NH3(aq) 3. KCl (aq)
NH3(aq) 3. KCl (aq)
2.
HCl (aq) 4. NaF (aq)
HCl (aq) 4. NaF (aq)
Solutionsfroma covalentcompoundis …
A.1 and 2
C. 1 and 3 E.1 and 4
C. 1 and 3 E.1 and 4
B. 2 and 3 D.
3 and 4
3 and 4
14. The pairfollowsanelectrolytesolutionionicand
covalentcompoundsare …..
covalentcompoundsare …..
A.
HCl and NH3 D.
NaCl and KCl
HCl and NH3 D.
NaCl and KCl
B.
NaCl and KBr E. KBr
and HCl
NaCl and KBr E. KBr
and HCl
C.
H2SO4 and NH3
H2SO4 and NH3
15. Berikut ini adalah data fisik 2 buah senyawa tak
dikenal.
dikenal.
Senyawa
|
Titik leleh
|
Daya hantar listrik
larutannya |
Q
|
32oC
|
Tidak menghantarkan
listrik |
R
|
804oC
|
Menghantarkan
listrik |
Jenis ikatan yang membentuk senyawa Q dan senyawa
R berturut – turut adalah ……
R berturut – turut adalah ……
A.
Kovalen
polar dan ionic
Kovalen
polar dan ionic
B.
Kovalen
polar dan kovalen non polar
Kovalen
polar dan kovalen non polar
C.
Ionik dan ionik
Ionik dan ionik
D.
Kovalen
non polar dan ionik
Kovalen
non polar dan ionik
E. Ionik dan kovalen non polar
16. Manakah diantara laruta-larutan berikut yang
merupakan konduktor listrik terbaik?
merupakan konduktor listrik terbaik?
A.
Etanol
Etanol
B.
Larutan
asam nitrit
Larutan
asam nitrit
C.
Air
distilasi
Air
distilasi
D.
Larutan
gula
Larutan
gula
E.
Tetraklorometana
Tetraklorometana
17. Diantara pasangan senyawa berikut, yang dalam
keadaan padat tidak menghantarkan listrik tapi dalam keadaan cair dan larutan
dapat menghantarkan listrik adalah ……
keadaan padat tidak menghantarkan listrik tapi dalam keadaan cair dan larutan
dapat menghantarkan listrik adalah ……
A.
KBr dan HI D. CCl4 dan KCl
KBr dan HI D. CCl4 dan KCl
B.
HBr dan
MgCl2 E. C2H5OH
dan HCl
HBr dan
MgCl2 E. C2H5OH
dan HCl
C.
NaCl dan
CaCl2
NaCl dan
CaCl2
18. Manakah di antara senyawa-senyawa berikut dapat menghantarkan
listrik melalui pergerakan ion-ionnya?
listrik melalui pergerakan ion-ionnya?
A.
Tembaga
Tembaga
B.
Etanol
Etanol
C.
Grafit
Grafit
D.
Lelehan
aluminium oksida
Lelehan
aluminium oksida
E.
Natrium
klorida padat
Natrium
klorida padat
19. Apakah jenis partikel yang terdapat dalam padatan
dan lelehan timbel(II) bromide ?
dan lelehan timbel(II) bromide ?
Padatan Lelehan
A.
Molekul atom
Molekul atom
B. Molekul ion
C. Molekul molekul
D. Ion atom
E. Ion ion
20. The correct ionization reactions in an electrolyte solution of the following is ……
A.
CH3COOH (aq)à CH3+(aq) + COOH― (aq)
CH3COOH (aq)à CH3+(aq) + COOH― (aq)
B.
MgCl2 (aq)à Mg2+(aq)
+ Cl2― (aq)
MgCl2 (aq)à Mg2+(aq)
+ Cl2― (aq)
C.
Al2(SO4)3 (aq)à Al22+(aq)
+ SO43― (aq)
Al2(SO4)3 (aq)à Al22+(aq)
+ SO43― (aq)
D.
AgNO3 (aq) à Ag+(aq) + NO3―(aq)
AgNO3 (aq) à Ag+(aq) + NO3―(aq)
E.
Co(ClO3)3 (aq)à Co3+
(aq) + 3 Cl3― (aq)
Co(ClO3)3 (aq)à Co3+
(aq) + 3 Cl3― (aq)
21. Di antara larutan-larutan berikutyang memiliki
daya hantar listrik terbesar adalah….
daya hantar listrik terbesar adalah….
A.
CH3COOH
0,3 M D.HCl 0,3 M
CH3COOH
0,3 M D.HCl 0,3 M
B.
NH4OH
0,3 M E. H2SO4
0,3 M
NH4OH
0,3 M E. H2SO4
0,3 M
C.
C6H12O6
0,3 M
C6H12O6
0,3 M
22. Senyawa di bawah ini yang menghasilkan ion paling
banyak adalah…
banyak adalah…
A. CH3COOH 0,2 M
B.
NH4OH
0,2 M
NH4OH
0,2 M
C.
C6H12O6
0,2 M
C6H12O6
0,2 M
D.
C2H5OH
0,2 M
C2H5OH
0,2 M
E.
H2SO4
0,2 M
H2SO4
0,2 M
23. Jumlah ion maksimum di dalam 0,2 mol larutan KCl
adalah….
adalah….
A. 0,5 B. 0,4 C. 0,3 D. 0,2 E. 0,1
24. Jumlah ion maksimum di dalam 0,1 mol larutan Al(NO3)3
adalah….
adalah….
A. 0,2 B. 0,3 C. 0,4 D. 0,5 E. 0,6
25. possibledegree ofionizationofchloride acid
solution……
solution……
A.
0 B. 0,5
C. 1 D. 1,5 E. 2
0 B. 0,5
C. 1 D. 1,5 E. 2
26. 2 mol zat AB dilarutkan dalam air dan terurai
menjadi ion-ionnya. Jika di dalam
larutan masih terdapat 1 mol molkul AB, derajat ionisasi zat AB adalah…
menjadi ion-ionnya. Jika di dalam
larutan masih terdapat 1 mol molkul AB, derajat ionisasi zat AB adalah…
A.
0,1606 D. 0,6666
0,1606 D. 0,6666
B.
0,3303 E. 0,8333
0,3303 E. 0,8333
C.
0,500
0,500
27. NaCl merupakan contoh dari senyawa …
A. Ion dan non elektrolit
B. Ion dan elektrolit
C. Kovalen dan elektrolit
D. Kovalen dan non elektrolit
E. Yang dapat menghantarkan listrik
28. Suatu zat dengan berat molekul 40 seberat 20 gram
dilarutkan dalam air. Setelah
kesetimbangan zat tersebut tinggal 0,25 mol.
Zat tersebut merupakan…
dilarutkan dalam air. Setelah
kesetimbangan zat tersebut tinggal 0,25 mol.
Zat tersebut merupakan…
A. Nonelektrolit D.
elektrolit kovalen
elektrolit kovalen
B. Elektrolit kuat E.
elektrolit ionik
elektrolit ionik
C. Elektrolit lemah
29. Pada penghantaran listrik melalui larutan HCl,
ion-ion H+ akan bergerak untuk mengambil electron ke arah…
ion-ion H+ akan bergerak untuk mengambil electron ke arah…
A. Anode D.
anion
anion
B. Katode E.
elektroda
elektroda
C. Kation
30. Jika dilakukan pengujian daya hantar listrik ,
larutan yang dapat menyebabkan lampu menyala terang dan menimbulkan gelembung
gas adalah…
larutan yang dapat menyebabkan lampu menyala terang dan menimbulkan gelembung
gas adalah…
A.
HBr (aq)
HBr (aq)
B.
CO (NH2)2
(aq)
CO (NH2)2
(aq)
C.
CH3COOH
(aq)
CH3COOH
(aq)
D.
NH4OH
(aq)
NH4OH
(aq)
E.
C6H12O6(aq)
C6H12O6(aq)
Lampiran 5
· Laporan praktikum
Menyajikan laporan hasil percobaan
tentang daya hantar listrik larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan
nonelektrolit.
tentang daya hantar listrik larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan
nonelektrolit.
Portofolio/Produk (fokus penilaian
pada) aspek:
pada) aspek:
1. Visual laporan
2.
kelengkapan.
kelengkapan.
3. jawaban pertanyaan
Struktur laporan
adalah sebagai berikut
adalah sebagai berikut
a. Judul
b. Tujuan
c. Landasan teori
d. Alat dan bahan
(sertakan dengan gambar atau foto)
(sertakan dengan gambar atau foto)
e. Langkah kerja
f. Data percobaan
g. Jawaban
pertanyaan
pertanyaan
h. Kesimpulan
i. Referensi
Contoh Instrumen Laporan Praktik
No.
|
Kriteria
|
Predikat
|
1.
|
Sesuai
tujuan |
Baik
jika 3 terpenuhi (8) – 80
Sedang
jika 2 terpenuhi (7) -70
Kurang
jika 1 terpenuhi (6) -60
Tdk
ada (5)-50 |
2.
|
Sesuai
dengan data |
|
3.
|
Benar/sesuai
teori |
Download FILE nya DISINI