Download,  Kimia

Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Larutan Elektrolit

Saya mau share RPP Kimia K13 nih.. Link download ada dibawah sendiri.. cekidot.. 🙂


RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                    : SMA ………..
Mata Pelajaran         :
Kimia
Kelas/Semester        :
X/
Dua        
Materi pokok           : Larutan elektrolit dan Non elektrolit
Alokasi Waktu                    : 1 x 3 JP
A.   
Kompetensi Inti
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjuk
kan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 :  Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
danminatnya untuk memecahkan masalah
.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak 
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8   
Menganalisis sifat  larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
Indikator:
1.  Menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non
elektrolit
2.  Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit
dan non elektrolit  melalui  percobaan
3.  Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit
dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran 
listriknya
4.  Menjelaskan
penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
5.  Mendeskripsikan
bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
4.8  Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk mengetahui
sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit
Indikator:
1.  Merancang percobaan untuk menyelidiki  sifat larutan berdasarkan daya  hantar listriknya
2.  Melakukan percobaandaya hantar listrik pada  beberapa larutan.
3.  Mengamati dan mencatat data hasil percobaandaya
hantar listrik pada beberapa larutan.
4.  Menganalisis data hasil percobaan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
5.  Menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
6.  Menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa
ion atau senyawa kovalen polar
7.  Mengkomunikasikan hasil percobaan larutan elektrolit dan
non elektrolit
C.    
Tujuan Pembelajaran
1.    
Siswa
dapat menyadari adanya keteraturan sifat hantar listrik pada larutan sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME.
2.    
Siswa
dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.    
Siswa
dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan
kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
4.    
Siswa
dapat menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit
5.    
Siswa
dapat mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan iswnon
elektrolit  melalui  percobaan
6.    
Siswa
dapat mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit
berdasarkan sifat hantaran listriknya
7.    
Siswa
dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus
listrik
8.    
Siswa
dapat mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan
senyawa kovalen polar.
9.    
Siswa
dapat merancang percobaan untuk menyelidiki 
sifat larutan berdasarkan daya 
hantar listriknya
10.  
Siswa dapat
melakukan percobaan.daya hantar listrik pada 
beberapa larutan.
11.  
Siswa
dapat mengamati dan mencatat data hasil percobaan.daya hantar listrik pada
beberapa larutan.
12.  
Siswa
dapat menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau
senyawa kovalen polar
13.  
Siswa
dapat menganalisis data hasil percobaan larutan berdasarkan daya hantar listrik
larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit.
14.  
Siswa
dapat menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
D.  Materi Pembelajaran
·        
Fakta
o  
Konduktor
o  
Isolator
o  
Pelarut
o  
Terlarut
·        
Konsep
o  
Larutan
o  
Larutan
elektrolit
o  
Larutan
non elektrolit
o  
Reaksi
o  
ionisasi
·        
Prinsip
o  
Peran ion
dalam  hantaran listrik larutan(teori
Arrhenius)
o  
Kekuatan
elektrolit
o  
Prosedur
o  
Langkah
kerja percobaan daya hantar listrik dalam larutan
Suatu larutan yang dapat
menghantarkan listrik dinamakan larutan elektrolit. Kekuatan menghantarkan
listrik tergantung pada jumlah ion yang terdapat dalam larutan tersebut.
Semakin banyak jumlah ionnya semakin kuat sifat elektrolitnya. Hal ini
disebabkan oleh derajat ionisasi zat yang terlarut.
1.  
LARUTAN ELEKTROLIT KUAT
·        
Mempunyai
derajat ionisasi 1 (= 1 )
·        
Terion
sempurna
Contoh : HCl(aq), H2SO4(aq),
NaCl(aq), NaOH(aq)
     HCl(aq) à H+(aq) + Cl(aq)
     NaCl(aq) à Na+(aq) + Cl(aq)
     H2SO4(aq) à2H+(aq)  +  SO42-(aq)
                   NaOH(aq)àNa+(aq) 
+  OH(aq)
2.  
LARUTAN ELEKTROLIT LEMAH
·        
Mempunyai
derajat ionisasi  ( 0<< 1 )
·        
Terion
sebagian
Contoh : CH3COOH(aq),
NH4OH(aq)
                   CH3COOH(aq) CH3COO(aq)  + H+(aq)
                   NH4OH(aq)       NH4+(aq)
+ OH(aq)    
3.  
LARUTAN NON ELEKTROLIT
·        
Mempunyai
derajat ionisasi  ( = 0 )
·        
Tidak
terion
Contoh : CO(NH2)2(aq),
C12H22O11(aq)
                   CO(NH2)2(aq) àCO(NH2)2(aq)
       ( tidak terion )
                   C12H22O11(aq) à
C12H22O11(aq)        (
tidak terion )
4.    JENIS
SENYAWA ELEKTROLIT
No
Jenis Senyawa
Sifat Senyawa
( elektrolit  / non elektrolit )
Padat
Lelehan
Larutan
1.
2.
Senyawa
ion (NaCl, MgCl2)
Senyawa
kovalen polar (HCl, HBr)
Non elektrolit
Non elektrolit
Elektrolit
Non elektrolit
Elektrolit
Elektrolit
    
Pada senyawa ion yang berwujud
lelehan dan larutan ion-ionya dapat bergerak bebas, sedangkan pada wujud padat
tidak. Demikian pula pada senyawa kovalen hanya yang berwujud larutanlah yang
ionnya dapat bergerak bebas. Jadi sifat elektrolit suatu senyawa ditentukan
oleh ionnya.
METODE PEMBELAJARAN:
1.   
Eksperimen
2.   
Diskusi Kelompok
3.   
Inquiri
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.   
Media.
Bahan
Tayang
2.   
Alat/Bahan
alat uji elektrolit, gelas kimia, Beberapa
sampel larutan elektrolit, nonelektrolit
3.   
Sumber Belajar
§  Michael Purba, Kimia Kelas X SMA /MA , Erlangga
,Jakarta
§ 
Supplement 
books:
·        
Cerdas Belajar Kimia, Nana Sutresna, Grafindo
Media Pratama, 2008
·        
buku pegangan Kimia jilid
1,  Buku Kimia Penunjang Aktifitas Siswa,
dan hands out
·        
Lembar kerja    
§ 
Internet
http://psb-psma.org
G. Langkah-langkahKegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Waktu
 Keterangan
A.  
Pendahuluan
1)    Siswa merespon 
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2)    Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang larutan gula dan
larutan asam cuka
3)    Guru  memotivasi siswa tayangan
video “Nelayan”
4)   
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
5)   
Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan mencari artikel tentang larutan
elektrolit dan nonelektrolit
15’
Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan tugas mencari artikel tentang larutan
elektrolit dan nonelektrolit
B.  
Kegiatan Inti Guru
1.   Siswa diminta mengkaji
literatur tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit.
2.   Guru mengajukan 
pertanyaan apakah semua larutan dapat menghantarkan arus listrik?
Mengapa ikan di sungai bisa mati tersengat arus listrik? Apa manfaat larutan
elektrolit dalam kehidupan?
3.   
Siswa diminta merancang percobaan untuk menyelidiki 
sifat larutan berdasarkan daya 
hantar listrik dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan
persepsi.
4.   
Siswa melakukan percobaandaya hantar listrik pada  beberapa larutan.
5.   Siswa mengamati dan mencatat data hasil percobaandaya
hantar listrik pada beberapa larutan.
6.   
Siswa menganalisis data hasil percobaan untuk menyimpulkan sifat larutan
berdasarkan daya hantar listriknya (larutan elektrolit dan larutan
non-elektrolit).
7.   
Siswa mengelompokkan larutan berdasarkan jenis ikatan dan menjelaskannya.
8.   
Siswa menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat
berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
9.   
Siswa menyajikan laporan hasil percobaan tentang daya  hantar listrik larutan  elektrolit kuat,  larutan elektrolit lemah, dan larutan
nonelektrolit.
90’
C.  
Penutup
·     
Guru bersama siswa membuat  kesimpulan
tentanglarutan elektrolit dan nonelektrolit
·     
Guru meminta siswa mencatat soal penugasan mengenai larutan
elektrolit dan nonelektrolit
·     
Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk
materi berikutnya
30’
H.  Penilaian
No
Aspek
Mekanisme dan
Prosedur
Instrumen
Keterangan
1.
Sikap
         
Observasi
Kerja Kelompok
– Lembar Observasi
2.
Pengetahuan
         
Penugasan
         
Tes
Tertulis
         
Soal
Penugasan
         
Soal
Objektif
3.
Ketrampilan
         
Kinerja
Presentasi
         
Laporan
Praktik
         
Kinerja Presentasi
         
Rubrik
Penilaian
Jakarta, …………………
Kepala SMA Negeri ……..                               Guru Mata Pelajaran
KIMIA
                                                                  
                                     
……………………….                                  ……………………….
NIP. ……………………                                NIP. ……………………
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran         :………………………………………………………………………
Kelas/Semester        :……………………………………………………………………..
Tahun Ajaran           :……………………………………………………………………..
Waktu Pengamatan   :
…………………………………………………………………….
Indikator perkembangan sikapreligius,tanggung
jawab,peduli,responsif, dansantun
1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.    MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada 
usaha sungguh-sungguh  dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.    MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha
sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan
tugas yang  cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4.    MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya  usaha
sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan
tugas secara terus
menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Religius
Tanggug
jawab
Peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
2.
3.
4.
5.
Keterangan
1      
BT= kurang
2      
MT= sedang
3      
MB= baik
4      
MK= sangat baik
Lampiran 2
a.    Lembar Observasi dan kinerja presentasi mengenai
sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi
LEMBAR PENGAMATAN
OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran         :
KIMIA
Kelas/Program         :
X/M-IPA
Kompetensi   :
……………
No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentasi
Jml
Skor
jjr
Disl
tgjwb
peduli
Krjsm
juml
Prnsrt
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1.   
 
Abdus Shamad
4
4
4
4
3
24
4
3
3
10
2.   
 
3.   
 
4.   
 
5.   
 
6.   
 
7.   
 
8.   
 
9.   
 
10.  
11.  
12.  
13.  
14.  
15.  
16.  
17.  
18.  
19.  
20.  
21.  
Keterangan pengisian skor
4.  Sangat
tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup
tinggi
1.  Kurang
PresentasiKelompok
Aspek:
1. Penguasaan Isi
2. Teknik Bertanya/ Menjawab
3 Metode Penyajian
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.   
Jujur
a.   
Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.   
Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
2.   
Disiplin
a.   
Selalu hadir di kelas tepat
waktu
b.   
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
c.   
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
3.   
Tanggung jawab
a.   
Berusaha menyelesaikan tugas
dengan sungguh-sungguh
b.   
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.   
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.   
Partisipasi dalam kelompok
4.   
Peduli
a.   
Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang
membutuhkan
b.   
Menunjukkan rasa
empati dan simpati untuk ikut m
enyelesaikan masalah
c.   
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang
ada di sekitarnya
d.   
Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.   
Kerja sama
a.   
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.   
Menunjukkan sikap bersahabat
c.   
Berusaha menemukan solusi
permasalahan
secara bersama dlm kelompoknya
d.   
Menghargai pendapat lain
PEDOMAN PENILAIAN:
a.     
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b.     
Hasil yang dicapai
selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Lampiran 3
Penugasan
·     
Membuat peta konsep tentang larutan elektrolit dan
nonelektrolit
Lampiran 4
Tes Tertulis
1.    
Berikut
adalah data hasil pengujian daya hantar listrik beberapa larutan:
No
Larutan
Pengamatan
Nyala lampu
Gelembung gas
1
2
3
4
5
6
7
P
Q
R
S
T
U
V
Tidak menyala
Tidak menyala
menyala
tidak menyala
menyala
tidak menyala
menyala
Ada
Tidak ada
Ada
ada
ada
tidak ada
ada
Pasangan
larutan yang termasuk larutan elektrolit kuat adalah…
A.  P dan Q       D.
R dan S
B.  
Q dan U       E. S dan V
C.    R dan T
2.    
Given that
data of experiment as follows.
Solution
Lamp
Other
Observation
1
Glowing
There
are much gas bubbles
2
Not Glowing
There are gas
bubbles
3
Not
Glowing
There
are no gas bubbles
4
Not Glowing
There are gas
bubbles
5
Glowing
There
are much gas bubbles
The weak Electrolyte are ……
A.    
1 and 2       B. 2 and 3     C. 3 and 5    
D.    4 and 5      E. 1 and 5
3.     Diagram pengujian
elektrolit beberapa larutan sebagai berikut :
Dari
gambar merupakan hasil pengujian larutan NaOH dan asam format  berturut-turut adalah . . .
A. 
1 dan 3     B.2
dan 4      C.3 dan 5    
D,
2 dan 3               E.2 dan 5
4.    
Larutan
elektrolit kuat dapat membuat lampu pada alat uji elektrolit menyala karena….
A.
terurai sebagian menjadi ion-ion
B.terjadi
aliran ion-ion
C.
terbentuk banyak ion-ion
D.
terjadi pegendapan
E.
terurai menjadi gas
5.    
Elektrolit
mempunyai sifat antara lain….
A.  tidak menghantarkan listrik
B.  dalam keadaan padat menghantarkan arus listrik
C.  dalam pelarut bukan air menghantarkan arus listrik
D.  dalam pelarut air tidak menghantarkan arus listrik
E.  lelehannya dapat menghantarkan arus listrik
6.    
Dengan
menguji elektrolit, elektroda dimasukkan ke dalam asam klorida.  Ternyata lampu menyala.  Hal ini disebabkan ….
A.  Asam klorida memperbesar konsentrasi ion H sebagai
syarat penghantar listrik
B.  Asam klorida dalam keadaan murni tersusun dari
ion-ion
C.  Pelarutan asam klorida dalam air terjadi
pengeluaran electron
D.  Asam klorida terionisasi karena adanya arus
listrik
E.  Asam klorida terionisasi sebelum elektroda
dihubungkan dengan baterai
7.    
HCl cair
tidak menghantarkan arus listrik sedangkan larutan HCl dapat menghantarkan arus
listrik.Dari fakta tersebut dapat di simpulkan bahwa….
A.  arus
listrik akan mengalir bila ada air sebagai mediumnya.
B.  air
menimbulkan perubahan pada kekuatan arus listrik
C.  HCl
cair tidak terionisasi tetapi bila dilarutklan dalam air akan terionisasi
D.  adanya
air mengubah HCl yang semula berikatan kovalen menjadi berikatan ion
E.  HCl
cair berikatan kovalen tetapi larutan HCl merupakan senyawa berikatan ion.
8.    
Perbedaan
antara elektrolit kuat dan elektrolit lemah yang benar adalah…
Elektrolit Lemah
Elektrolit Kuat
A
Daya hantar listriknya baik
Daya hantar listriknya buruk
B
Jumlah ionnya sedikit
Jumlah ionnya banyak
C
pH-nya rendah
pH-nya tinggi
D
Terionisasi seluruhnya
Terionisasi sebagian
E
Tidak ada molekul zat terlarut
Banyaknya zat terlarut
9.    
Larutan
berikut yang merupakan larutan elektrolit adalah…
A.  
garam
dapur   B. urea    C.   gula      D.   glukosa  
    E.   susu
10.  Kelompok larutan berikut yang semuanya merupakan
elektrolit kuat adalah…
A.    
HCl, HNO3,
KClO4, NaBr
B.    
CuI2,
H2S, Mg(OH)2, H3PO4
C.    
HgSO4,
NH4OH, H2CO3, CH3COOH
D.    
NaOH, K2SO4,
HCN, Al(OH)3
E.     
CH3COOH,
Sr(OH)2, HCl, CaCl2
11.  The
groupfollowsthatallsolutionsincludingweakelectrolyteis…
A.    
HCl, NaCl,
NaOH
B.    
H2SO4,
NH3, C2H5OH
C.    
CO(NH2)2,
CH3COOH, NaOH
D.    
CO(NH2)2,
C2H5OH, CH3COOH
E.     
HCN, NH3,
CH3COOH
12.  Larutan yang tidak dapat menghantarkan arus
listrik adalah…
A.     Elektrolit              D.
Tawas
B.     Nonelektrolit         E.
NaCl
C.     Garam
13.  Some of theelectrolytesolution:
1.   
NH3(aq)                 3. KCl (aq)
2.   
HCl (aq)                 4. NaF (aq)
Solutionsfroma covalentcompoundis
A.1 and 2     
    C. 1 and 3               E.1 and 4
B. 2 and 3                   D.
3 and 4
14.  The pairfollowsanelectrolytesolutionionicand
covalentcompoundsare
…..
A.
HCl and NH3                      D.
NaCl and KCl
B.
NaCl and KBr                     E. KBr
and HCl
C.
H2SO4 and NH3
15.  Berikut ini adalah data fisik 2 buah senyawa tak
dikenal.
Senyawa
Titik leleh
Daya hantar listrik
larutannya
Q
32oC
Tidak menghantarkan
listrik
R
804oC
Menghantarkan
listrik
Jenis ikatan yang membentuk senyawa Q dan senyawa
R berturut – turut adalah ……
A.    
Kovalen
polar dan ionic    
B.    
Kovalen
polar dan kovalen non polar
C.    
Ionik dan ionik      
D.    
Kovalen
non polar dan ionik
E.     Ionik dan kovalen non polar
16.  Manakah diantara laruta-larutan berikut yang
merupakan konduktor listrik terbaik?
A.  
Etanol
B.  
Larutan
asam nitrit
C.  
Air
distilasi
D.  
Larutan
gula
E.   
Tetraklorometana
17.  Diantara pasangan senyawa berikut, yang dalam
keadaan padat tidak menghantarkan listrik tapi dalam keadaan cair dan larutan
dapat menghantarkan listrik adalah ……
A.  
KBr dan HI              D. CCl­4 dan KCl       
B.  
HBr dan
MgCl2         E. C2H5OH
dan HCl
C.  
NaCl dan
CaCl2
18.  Manakah di antara senyawa-senyawa berikut dapat menghantarkan
listrik melalui pergerakan ion-ionnya?
A.    
Tembaga
B.    
Etanol
C.    
Grafit
D.    
Lelehan
aluminium oksida
E.     
Natrium
klorida padat
19.  Apakah jenis partikel yang terdapat dalam padatan
dan lelehan timbel(II) bromide ?
      Padatan                Lelehan
A.
Molekul                          atom
B.     Molekul                 ion
C.     Molekul                 molekul
D.     Ion                       atom
E.     Ion                       ion
20.  The correct ionization reactions in an electrolyte solution of the following is ……
A.  
CH3COOH (aq)à CH3+(aq) +  COOH (aq)
B.  
MgCl2 (aq)à  Mg2+(aq)
+  Cl2― (aq)
C.  
Al2(SO4)3 (aq)à  Al22+(aq)
+  SO43― (aq)
D.  
AgNO3 (aq) à Ag+(aq)  +  NO3―(aq)
E.   
Co(ClO3)3 (aq)à  Co3+
(aq)
+ 3 Cl3 (aq)
21.  Di antara larutan-larutan berikutyang memiliki
daya hantar listrik terbesar adalah….
A.    
CH3COOH
0,3 M       D.HCl 0,3 M
B.    
NH4OH
0,3 M          E. H2SO4
0,3 M
C.    
C6H12O6
0,3 M
22.  Senyawa di bawah ini yang menghasilkan ion paling
banyak adalah…
A.      CH3COOH 0,2 M
B.    
NH4OH
0,2 M
C.    
C6H12O6
0,2 M
D.    
C2H5OH
0,2 M
E.    
H2SO4
0,2 M
23.  Jumlah ion maksimum di dalam 0,2 mol larutan KCl
adalah….
A.   0,5          B. 0,4         C. 0,3        D. 0,2       E. 0,1
24.  Jumlah ion maksimum di dalam 0,1 mol larutan Al(NO3)3
adalah….
A.   0,2          B. 0,3         C. 0,4        D. 0,5      E. 0,6
25.  possibledegree ofionizationofchloride acid
solution……
A.    
0            B. 0,5     
C.  1     D. 1,5       E. 2
26.  2 mol zat AB dilarutkan dalam air dan terurai
menjadi ion-ionnya.  Jika di dalam
larutan masih terdapat 1 mol molkul AB, derajat ionisasi zat AB adalah…
A.
0,1606                    D. 0,6666
B.
0,3303                    E. 0,8333
C.
0,500
27.  NaCl merupakan contoh dari senyawa …
A.  Ion dan non elektrolit
B.  Ion dan elektrolit
C.  Kovalen dan elektrolit
D.  Kovalen dan non elektrolit
E.  Yang dapat menghantarkan listrik
28.  Suatu zat dengan berat molekul 40 seberat 20 gram
dilarutkan dalam air.  Setelah
kesetimbangan zat tersebut tinggal 0,25 mol. 
Zat tersebut merupakan…
A.  Nonelektrolit           D.
elektrolit kovalen
B.  Elektrolit kuat                   E.
elektrolit ionik
C.  Elektrolit lemah
29.  Pada penghantaran listrik melalui larutan HCl,
ion-ion H+ akan bergerak untuk mengambil electron ke arah…
A.  Anode                     D.
anion
B.  Katode                    E.
elektroda
C.  Kation
30.  Jika dilakukan pengujian daya hantar listrik ,
larutan yang dapat menyebabkan lampu menyala terang dan menimbulkan gelembung
gas adalah…
A.  
HBr (aq)
B.  
CO (NH2)2
(aq)
C.  
CH3COOH
(aq)
D.  
NH4OH
(aq)
E.   
C6H12O6(aq)
Lampiran  5
·      Laporan praktikum
Menyajikan laporan hasil percobaan
tentang daya  hantar listrik larutan  elektrolit kuat,  larutan elektrolit lemah, dan larutan
nonelektrolit.
Portofolio/Produk (fokus penilaian
pada
) aspek:
1. Visual laporan
2. 
kelengkapan.
3. jawaban pertanyaan
Struktur laporan
adalah sebagai berikut
a.    Judul
b.    Tujuan
c.    Landasan teori
d.    Alat dan bahan
(sertakan dengan gambar atau foto)
e.    Langkah kerja
f.     Data percobaan
g.    Jawaban
pertanyaan
h.    Kesimpulan
i.     Referensi
Contoh Instrumen Laporan Praktik
No.
Kriteria
Predikat
1.
Sesuai
tujuan
Baik
jika 3 terpenuhi (8)  – 80
Sedang
jika 2  terpenuhi  (7) -70
Kurang
jika 1 terpenuhi  (6) -60
Tdk
ada (5)-50
2.
Sesuai
dengan data
3.
Benar/sesuai
teori
 Download FILE nya DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *