Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Materi Kesetimbangan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Bantul
SMA Negeri 1 Bantul
Mata Pelajaran :
Kimia
Kimia
Kelas/Semester :
XI/1
XI/1
Materi Pokok : Kesetimbangan
Kimia
Kimia
Alokasi Waktu : 4
pertemuan, 12 JP
40 menit
pertemuan, 12 JP


I.
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.
KOMPETENSI
DASAR
KOMPETENSI
DASAR
1.1. Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan limia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan limia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2. Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam serta
berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan
untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam serta
berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan
untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan
percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap seharihari.
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan
percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap seharihari.
2.2. Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3. Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.8. Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan
dalam industri.
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan
dalam industri.
3.9. Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
4.8. Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
4.9. Memecahkan
masalah terkait hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
masalah terkait hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
III.
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
Kognitif
a. Menjelaskan
keetimbangan dinamis.
keetimbangan dinamis.
b. Menyatakan
tetapan kesetimbangan suatu reaksi.
tetapan kesetimbangan suatu reaksi.
c. Menuliskan
persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang diketahui.
persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang diketahui.
d. Menentukan
tetapan kesetimbanganpada sistem heterogen.
tetapan kesetimbanganpada sistem heterogen.
e. Menghitung
nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data sekunder.
nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data sekunder.
f. Menghitung
nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data sekunder.
nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data sekunder.
g. Menghubungkan
tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan kesetimbangan tekanan
(Kp) berdasarkan persamaan gas ideal.
tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan kesetimbangan tekanan
(Kp) berdasarkan persamaan gas ideal.
h. Menentukan
nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
i. Menjelaskan
pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui
percobaan.
pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui
percobaan.
j. Menjelaskan
pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah kesetimbangan reaksi yang
melibatkan gas.
pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah kesetimbangan reaksi yang
melibatkan gas.
k. Menjelaskan
pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
l. Menjelaskan
peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan pada industri..
peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan pada industri..
Afektif
a.
Menunjukkan perilaku ilmiah
dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam melakukan percobaan
dan diskusi kelompok.
Menunjukkan perilaku ilmiah
dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam melakukan percobaan
dan diskusi kelompok.
b.
Menunjukkan sikap aktif
dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi kesetimbangan kimia.
Menunjukkan sikap aktif
dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi kesetimbangan kimia.
c.
Menunjukkan sikap kritis
dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa yang terjadi
dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
Menunjukkan sikap kritis
dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa yang terjadi
dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
Psikomotor
a.
Merangkai dan menggunakan set alat dan
melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan.
Merangkai dan menggunakan set alat dan
melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan.
b.
Menyajikan data hasil
diskusi kelompok mengenai faktor-faktor yang memengaruhi
pergeseran arah kesetimbangan secara sistematis
menggunakan bahasa yang sesuai.
Menyajikan data hasil
diskusi kelompok mengenai faktor-faktor yang memengaruhi
pergeseran arah kesetimbangan secara sistematis
menggunakan bahasa yang sesuai.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
a. Siswa
dapat menjelaskan keetimbangan dinamis.
dapat menjelaskan keetimbangan dinamis.
b. Siswa
dapat menyatakan tetapan kesetimbangan suatu reaksi.
dapat menyatakan tetapan kesetimbangan suatu reaksi.
c. Siswa
dapat menuliskan persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang
diketahui.
dapat menuliskan persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang
diketahui.
d. Siswa
dapat menentukan tetapan kesetimbangan pada sistem heterogen.
dapat menentukan tetapan kesetimbangan pada sistem heterogen.
e. Siswa
dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data
sekunder.
dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data
sekunder.
f. Siswa
dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data
sekunder.
dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data
sekunder.
g. Siswa
dapat menghubungkan tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan
kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan persamaan gas ideal.
dapat menghubungkan tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan
kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan persamaan gas ideal.
h. Siswa
dapat menentukan nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
dapat menentukan nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
i. Siswa
dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah
kesetimbangan melalui percobaan.
dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah
kesetimbangan melalui percobaan.
j. Siswa
dapat menjelaskan pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah
kesetimbangan reaksi yang melibatkan gas.
dapat menjelaskan pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah
kesetimbangan reaksi yang melibatkan gas.
k. Siswa
dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui
percobaan.
dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui
percobaan.
l. Siswa
dapat menjelaskan peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan
pada industri.
dapat menjelaskan peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan
pada industri.
Afektif
a.
Siswa mampu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam
melakukan percobaan dan diskusi kelompok.
Siswa mampu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam
melakukan percobaan dan diskusi kelompok.
b.
Siswa mampu menunjukkan
sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi
kesetimbangan kimia.
Siswa mampu menunjukkan
sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi
kesetimbangan kimia.
c.
Siswa mampu menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa
yang terjadi dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
Siswa mampu menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa
yang terjadi dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
Psikomotor
a.
Siswa terampil dalam merangkai dan
menggunakan set alat dan melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Siswa terampil dalam merangkai dan
menggunakan set alat dan melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
b.
Siswa terampil dalam menyajikan
data hasil diskusi kelompok mengenai faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan secara
sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
Siswa terampil dalam menyajikan
data hasil diskusi kelompok mengenai faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan secara
sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
V.
ATERI
PEMBELAJARAN
ATERI
PEMBELAJARAN
1.
Materi
Prasyarat
Materi
Prasyarat
o
Reaksi kimia
Reaksi kimia
o
Termokimia
Termokimia
2.
Materi
Inti
Materi
Inti
o
Kesetimbangan dinamis.
Kesetimbangan dinamis.
o
Pergeseran arah kesetimbangan.
Pergeseran arah kesetimbangan.
o
Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp).
Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp).
o
Kesetimbangan dalam kehidupan
sehari-hari.
Kesetimbangan dalam kehidupan
sehari-hari.
VI.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Model :
Inkuiriterbimbing
Inkuiriterbimbing
Pendekatan :
Saintifik
Saintifik
Metode :
Praktikum, diskusi kelompok, penugasan
Praktikum, diskusi kelompok, penugasan
Sumber Pembelajaraan : Buku kimia dan artikel-artikel terkait
Media Pembelajaraan : Power
point mengenai kesetimbangan kimia
point mengenai kesetimbangan kimia
Alat dan Bahan Pembelajaran : Alat tulis, alat dan bahan percobaan.
VII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A.
Pertemuan Pertama
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal |
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
o Siswa dikondisikan untuk siap melakukan
pembelajaran.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi mengenai reaksi kimia
dan persamaan reaksi.
o Siswa diberikan informasi mengenai materi
pembelajaran dan cakupan materi ajar kesetimbangan kimia.
Motivasi
o Siswa
diberikan motivasi bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat akrab dengan kesetimbangan kimia. |
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa
diperlihatkan gambar rokok.
o Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengenai bahaya asap rokok, dimana gas CO yang dihasilkan pada pembakaran rokok dapat bereaksi dengan hemoglobin (Hb) dalam darah penghisapnya, melepaskan O2 dari HbO2, berkesetimbangan dengan HbCO dan menjadi racun bagi tubuh.
Menanya
o
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru terkait kesetimbangan kimia.
Mengumpulkan
Data
o Siswa
dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya.
o Setiap
kelompok siswa melakukan telaah mengenai reaksi kesetimbangan dari sumber yang dimiliki dan merangkum hasil kajiannya.
o Setiap
kelompok siswa menyusun peta konsep berdasarkan hasil kajian diskusi kelompoknya.
Mengasosiasi
o
Siswa mendiskusikan temuannya mengenai kesetimbangan dinamis.
o
Siswa mendiskusikan temuannya mengenai tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi dan tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan.
o
Siswa membedakan tetapan kesetimbangan reaksi pada sistem homogen dengan sistem heterogen.
o
Siswa mendiskusikan mengenai faktor-faktor pergseran arah kesetimbangan.
Mengkomunikasikan
o
Perwakilan dari setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisan di depan kelas.
o
Siswa bersama guru mengulas kembali pengenalan kesetimbangan kimia. |
20 menit
70 menit
40 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang telah dikerjakan bersama-sama untuk dijadikan pegangan siswa.
o Siswa mengumpulkan salah satu hasil diskusi yang
telah dikerjakan secara berkelompok kepada guru beserta lembar Peer Assessment dan lembar Self Assessment.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa diberi tugas untuk membaca mengenai Perhitungan Nilai Tetapan Kesetimbagan.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
B.
Pertemuan Kedua
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal |
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
o Siswa dikondisikan untuk siap melakukan
pembelajaran.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai
pengenalan kesetimbangan kimia.
Motivasi
o Siswa
diberikan informasi materi pembelajaran yang akan dilaksanakan. |
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai penentuan nilai tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) suatu reaksi kimia.
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai hubungan Kc dan Kp suatu reaksi.
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai penentuan derajat disosiasi (α).
Menanya
o
Siswa melakukantanya jawab dengan guru mengenai penentuan tetapan kesetimbangan reaksi.
Mengumpulkan
Data
o Siswa
dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya.
o Setiap
kelompok siswa menerima Soal Kuis (Lampiran 1) yang dibagikan oleh guru.
o Siswa
mengerjakan kuis sesuai waktu yang ditetapkan oleh guru. Kelompok yang mengumpulkan hasil diskusinya sebelum waktu yang ditetapkan mendapatkan nilai plus dari total nilai yang dimiliki, sedangkan kelompok yang terlambat dari waktu yang ditentukan akan mendapatkan minus dari total nilai yang dimiliki.
Mengasosiasi
o
Siswa mendiskusikan soal-soal terkait penentuan Kc dan Kp reaksi.
o
Siswa menentukan derajat disosiasi (α) berdasarkan data yang diketahui.
Mengkomunikasikan
o
Siswa bersama guru membahas soal kuis yang telah selesai dikerjakan oleh siswa.
o
Siswa dipersilakan untuk menyampaikan jawaban kuis yang dibahas. |
60 menit
30 menit
40 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang telah dikoreksi bersama untuk dijadikan pegangan.
o Siswa mengumpulkan salah satu hasil diskusidan poin
yang dimiliki dari setiap kelompok kepada guru.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa diberi tugas untuk mempersiapkan praktikum
pada pertemuan berikutnyamengenai Faktor-faktor yang Memengaruhi Pergeseran Arah Kesetimbangan.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
C.
Pertemuan Ketiga
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal |
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai penentuan
tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp).
Motivasi
o Siswa
diberikan motivasi mengenai pembuktian faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
o Siswa dikondisikan
untukberkelompok sesuai dengan pembagian pada pertemuan sebelumnya. |
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
o Siswa mengamati
pengarahan yang dilakukan oleh guru dalam melakukan percobaan.
Menanya
o
Siswa melakukantanya jawab dengan guru mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Mengumpulkan
Data
o Siswa
dikondisikan untuk berkelompok.
o Setiap
kelompok siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar, untuk menerima LKS praktikum (Lampiran 2)yang berbeda-beda, dengan pembagian judul praktikum sebagai berikut:
–
Kelompok besar 1: pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan(Lampiran 2A)
–
Kelompok besar 2: pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan(Lampiran 2B)
o
Siswa membaca dan menelaah LKS yang telah diberikan oleh guru.
o
Siswa melakukan praktikum sesuai dengan langkah kerja pada LKS.
o
Siswa menuliskan hasil observasi pada LKS berdasarkan hasil praktikum.
Mengasosiasi
o
Siswa menganalisis peristiwa yang terjadi pada pemberian kondisi yang berbeda-beda terhadap suatu reaksi kimia yang berlangsung selama praktikum.
o
Siswa mendiskusikan soal-soal yang terdapat pada LKS praktikum sesuai dengan hasil observasi yang teah dilakukan.
Mengkomunikasikan
o
Perwakilan siswa dalam kelompok besar menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisandi depan kelas.
o
Siswa dalam kelompok lainnya menulis resume atau rangkuman hasil percobaan yang dipresentasikan kelompok lain.
o
Siswa bersama guru mengoreksi kesalahan yang terjadi selama praktikum.
o
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor lain yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan, yakni tekanan/volume. |
10 menit
70 menit
30 menit
20 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang telah dikerjakan bersama kelompoknya sebagai pegangan.
o Siswa mengumpulkan LKS hasil diskusidari setiap kelompok
kepada guru.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Setiap siswa secara individu ditugaskan untuk
menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukan bersama kelompok kecilnya sesuai format yang terlampir (Lampiran 3).
o Siswa diberi tugas untuk membawa berbagai sumber
terkait Aplikasi Kesetimbangan dalam Kehidupan Sehari-hari dan Industri.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
D.
Pertemuan Keempat
Pertemuan Keempat
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal |
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai
faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Motivasi
o Siswa
diberikan motivasi mengenai aplikasi kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri.
o Siswa dikondisikan
untukberkelompok sesuai dengan pembagian pada pertemuan sebelumnya. |
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa mengamati
pengarahan yang dilakukan oleh guru dalam diskusi kelompok yang akan dilaksanakan.
Menanya
o
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai aplikasi kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri.
Mengumpulkan
Data
o
Setiap kelompok siswa diminta untuk mencari materi aplikasi kesetimbanganuntuk didiskusikan yang berbeda dengan kelompok lainnya, setiap aplikasi yang dipilih kelompok siswa dituliskan di papan tulis oleh guru.
o
Kelompok yang tidak dapat menemukan bidangnya boleh menerima saran dari kelompok lainnya. Kelompok yang memberi saran akan menerima skor plus dari skor total yang dimilikinya.
Mengasosiasi
o
Setiap kelompok siswa mendiskusikan dan menganalisis peran kestimbangan kimia dalam aplikasi yang dipilihnya.
Mengkomunikasikan
o
Setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara lisandi depan kelas.
o
Siswa dalam kelompok lainnya diminta memperhatikan dan menuliskan resume atau rangkuman hasil diskusi yang dipresentasikan kelompok lain.
o
Kelompok siswa yang melakukan presentasi di depan kelas membuka sesi tanya jawab dengan kelompok lain. Apabila tidak dapat menjawabnya, siswa dipersilakan mencari lagi dari sumber lain. |
5 menit
20 menit
60 menit
40 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Siswa mengumpulkan hasil diskusidari setiap kelompok
kepada guru.
o Setiap siswa secara individu mengumpulkan resume
yang telah ditulisnya selama proses presentasi berlangsung kepada guru.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
VIII. EVALUASI PEMBELAJARAN
1.
Prosedur
Penilaian
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian kognitif : Tes tertulis, kuis
Penilaian kognitif : Tes tertulis, kuis
b.
Penilaian afektif : Sikap siswa selama pembelajaran berlangsung
Penilaian afektif : Sikap siswa selama pembelajaran berlangsung
c.
Penilaian psikomotorik : Keterampilan siswa selama melakukan percobaan
dalam laboratorium dan dalam diskusi kelompok.
Penilaian psikomotorik : Keterampilan siswa selama melakukan percobaan
dalam laboratorium dan dalam diskusi kelompok.
2.
Instrumen
Penilaian
Instrumen
Penilaian
·
Instrumen
Penilaian Kognitif
Instrumen
Penilaian Kognitif
Tujuan Pembelajaran
|
Soal
|
Skor
|
a.
Siswa dapat menjelaskan kesetimbangan dinamis. |
1.
Jelaskan apa yang Anda ketahui mengenai kesetimbangan dinamis? |
10
|
b.
Siswa dapat menyatakan tetapan kesetimbangan suatu reaksi. |
2.
Tuliskan Kc untuk reaksi kesetimbangan berikut:
a)
![]()
b)
![]()
c)
![]() |
30
|
c.
Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang diketahui. |
3. Tuliskan
persamaan reaksi kesetimbangan bagi persamaan Kc berikut:
a) Kc
= ![]()
b) Kc
= ![]()
c) Kc
= ![]() |
30
|
d.
Siswa dapat menentukan tetapan kesetimbangan pada sistem heterogen. |
4.
Tentukan Kc dari reaksi-reaksi kesetimbangan berikut:
a)
![]() CaO(s) + CO2(g)
b) 2C(s) + O2(g)
2CO(g)
c)
![]() + 2H2(g) Sn(s) + 2H2O(g)
d)
![]() Ba2+(aq) + SO42–(aq)
e)
![]() ![]() |
50
|
e.
Siswa dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data sekunder. |
5.
Diketahui reaksi kesetimbangan: ![]() + Q2 2PQ, dengan Kc1 = 32, dan ![]() ![]() + S, dengan Kc2 = 4
Tentukan Kc3 untuk reaksi:
![]() 2S 2PS.
6.
Pada suhu tertentu, diketahui Kc1 reaksi: ![]() + 3H2(g) 2NH3(g) adalah 16.
Tentukan:
a) Kc2
untuk reaksi: ![]()
b) Kc3
untuk reaksi: ![]() ![]() ![]() |
10
20
|
f.
Siswa dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data sekunder. |
7.
Reaksi kesetimbangan: ![]() 2NO2(g)
memiliki tetapan kesetimbangan (Kp) = 8. Jika tekanan parsial N2O4
= 2 atm, tentukan tekanan parsial NO2. |
10
|
g.
Siswa dapat menghubungkan tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan persamaan gas ideal. |
8.
Tuliskan hubungan Kp dan Kc beberapa reaksi kesetimbangan berikut:
a)
![]()
b)
![]() PCl3(g) + Cl2(g)
c)
![]() + O2(g) 2SO3(g) |
30
|
h.
Siswa dapat menentukan nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan. |
9.
Senyawa NH3 dibiarkan terurai sampai terjadi kesetimbangan. Jika pada keadaan setimbang, jumlah mol NH3 dan N2 adalah sama, tentukan derajar disosiasi NH3 tersebut. |
10
|
i.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan. |
10. Diketahui
persamaan reaksi kesetimbangan berikut: ![]() 2CO2(g) ΔH = –566 kJ
Tentukan arah kesetimbangan reaksinya jika:
a)
ke dalam larutan ditambahkan oksigen
b)
ke dalam larutan ditambahkan gas CO2 |
20
|
j.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah kesetimbangan reaksi yang melibatkan gas. |
11. Dari soal
nomor 10, tentukan arah kesetimbangan reaksinya jika:
a)
volume diperkecil
b)
tekanan diturunkan |
20
|
k.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan. |
12. Dari soal
nomor 10, tentukan arah kesetimbangan reaksinya jikasuhu dinaikkan. |
10
|
l.
Siswa dapat menjelaskan peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan pada industri. |
13. Jelaskan menurut
pendapat Anda sendiri, mengapa asap rokok dapat berbahaya bagi tubuh? Jelaskan menurut konsep kesetimbangan yang telah Anda pelajari.
14. Jelaskan menurut
pendapat Anda sendiri berdasarkan konsep kesetimbangan yang telah dipelajari mengenai pembuatan amonia sebagai bahan dasar pupuk urea. |
20
20
|
·
Instrumen
Penilaian Afektif
Instrumen
Penilaian Afektif
Penilaian afektif menggunakan lembar observasi yang
terlampir pada Pedoman Penilaian,Self Assessment, dan Peer Assessment.
terlampir pada Pedoman Penilaian,Self Assessment, dan Peer Assessment.
·
Instrumen
Penilaian Psikomotor
Instrumen
Penilaian Psikomotor
Penilaian psikomotor
menggunakan lembar observasi praktikum dan diskusi kelompokyang terlampir pada Pedoman Penilaian
menggunakan lembar observasi praktikum dan diskusi kelompokyang terlampir pada Pedoman Penilaian
3.
Pedoman
Penilaian
Pedoman
Penilaian
·
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
Tabel
penilaian hasil tes
penilaian hasil tes
No
|
Nama Siswa
|
Nomor Soal
|
Skor
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Penilaian Afektif
Penilaian Afektif
Tujuan Afektif:
a.
Siswa mampu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam memecahkan masalah pada diskusi kelompok.
Siswa mampu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam memecahkan masalah pada diskusi kelompok.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
||||||||
Teliti
|
Bertanggung
Jawab |
Jujur
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik:
0 : jika tidak teliti dalam menjalankan praktikum, tidak bertanggung
jawab atas kebersihan dan keutuhan alat, serta tidak jujur dalam menuliskan
hasil praktikum dalam diskusi kelompok.
jawab atas kebersihan dan keutuhan alat, serta tidak jujur dalam menuliskan
hasil praktikum dalam diskusi kelompok.
1 : jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok, namun lamban dan tidak tegas ketika bekerja di dalam
laboratorium.
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok, namun lamban dan tidak tegas ketika bekerja di dalam
laboratorium.
2 : jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok.
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok.
Tujuan Afektif:
b.
Siswa mampu menunjukkan
sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi kesetimbangan
kimia.
Siswa mampu menunjukkan
sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi kesetimbangan
kimia.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
|||||
Aktif
Bertanya |
Aktif
Menjawab |
|||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik:
0 : jika tidak aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang
disampaikan.
disampaikan.
1 : jika bertanya dan menjawab
pertanyaan yang disampaikan, namun tidak
sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan salah konsepnya ketika menjawab.
pertanyaan yang disampaikan, namun tidak
sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan salah konsepnya ketika menjawab.
2 : jika bertanya dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan,
serta sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan benar konsepnya ketika
menjawab.
menjawab pertanyaan yang disampaikan,
serta sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan benar konsepnya ketika
menjawab.
Tujuan Afektif:
c.
Siswa mampu menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa
yang terjadi dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
Siswa mampu menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa
yang terjadi dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
||||||||
Bertanya
|
Berpendapat
|
Menjawab
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik:
0 : jika tidak bertanya, tidak berpendapat, dan tidak menjawab.
1 : jika bertanya,
berpendapat, atau menjawab, namun kurang
sesuai dengan materi.
berpendapat, atau menjawab, namun kurang
sesuai dengan materi.
2 : jika bertanya,
berpendapat, atau menjawab, dan isinya sesuai dengan materi.
berpendapat, atau menjawab, dan isinya sesuai dengan materi.
· Penilaian
Psikomotor
Psikomotor
Tujuan Psikomotor:
a. Siswa
terampil dalam merangkai dan menggunakan
set alat dan melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
terampil dalam merangkai dan menggunakan
set alat dan melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|||
SB
|
Baik
|
Kurang
|
SK
|
|
Skor: 4
|
Skor: 3
|
Skor: 2
|
Skor: 1
|
|
1. Siswa
menyiapkan alat dan bahan dengan tepat.
2. Siswa
membersihkan dan mengeringkan alat sebelum praktikum.
3. Siswa menyusun
alat dengan benar.
4. Siswa
menggunakan bahan dengan tepat.
5. Siswa mencatat
perubahan yang terjadi pada hasil reaksi setelah diberikan perlakuan.
6. Siswa
membersihkan alat setelah praktikum.
7. Siswa melakukan
percobaan tepat waktu. |
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Jumlah Total:
|
Tujuan Psikomotor:
b. Siswa
terampil dalam menyajikan data hasil diskusi kelompok mengenai faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan secara
sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
terampil dalam menyajikan data hasil diskusi kelompok mengenai faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan secara
sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
|||||
Penggunaan
Bahasa |
Kecakapan
dalam Berbicara |
|||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik:
0 : jika tidak menggunakan
bahasa yang sopan atau tidak mahir dalam
menyampaikan informasihasil diskusi kelompok.
bahasa yang sopan atau tidak mahir dalam
menyampaikan informasihasil diskusi kelompok.
1 : jika menggunakan bahasa
yang sopan namun
tidak percaya diri
dalam berbicara atau kurang mahir
dalam menyampaikan informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.
yang sopan namun
tidak percaya diri
dalam berbicara atau kurang mahir
dalam menyampaikan informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.
2 : jika menggunakan bahasa
yang sopan atau
mahir dalam menyampaikan
informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.
yang sopan atau
mahir dalam menyampaikan
informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.
LEMBAR PENILAIAN DIRI
(SELF
ASSESSMENT)
ASSESSMENT)
Berikan penilaian terhadap diri Anda sendiri dengan memberikan tanda
centang (Ö) pada kolom disamping
pernyataan secara jujur!
centang (Ö) pada kolom disamping
pernyataan secara jujur!
Nama :…………………………………………….
Kelompok :…………………………………………….
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah sebelum menghadiri
pembelajaran hari ini Anda membaca terlebih dahulu materi yang akan dipelajari? |
|
|
2.
|
Apakah Anda mengumpulkan dan membawa bahan diskusi?
Jika “Ya”, tuliskan kategori bahan diskusi yang Anda bawa.
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… |
|
|
3.
|
Apakah Anda memberikan
kritik pada pendapat teman Anda dalam diskusi kelompok? |
|
|
4.
|
Apakah Anda menerima kritik dari teman Anda?
|
|
|
5.
|
Apakah Anda memberikan
saran atau pendapat Anda dalam diskusi kelompok? |
|
|
6.
|
Apakah Anda mengajukan pertanyaan pada teman lain selama diskusi
berlangsung? |
|
|
7.
|
Apakah Anda mengajukan
pertanyaan pada guru selama diskusi berlangsung? |
|
|
8.
|
Apakah Anda mendorong teman Anda untuk berpendapat/mengajukan pertanyaan/mengkritik?
|
|
|
9.
|
Apakah Anda memahami
materi pembelajaran mengenai Kesetimbangan Kimia yang telah dilaksanakan? Jika “Tidak” ungkapkan bagian yang masih membingungkan Anda.
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… |
|
|
10.
|
Apakah Anda merasa puas dengan diskusi kelompok yang telah dilakukan?
Jika “Tidak” ungkapkan alasan Anda.
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… |
|
|
PERHATIAN:
kumpulkan lembar ini pada guru yang mengajar!
kumpulkan lembar ini pada guru yang mengajar!
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
(PEER
ASSESSMENT)
ASSESSMENT)
Berikan penilaian Anda terhadap teman-teman sekelompok Anda dengan
memberikan tanda centang (Ö) pada kolom pernyataan secara
jujur dan objektif!
memberikan tanda centang (Ö) pada kolom pernyataan secara
jujur dan objektif!
Nama Penilai :
…………………………………………….
…………………………………………….
Kelompok :
…………………………………………….
…………………………………………….
No.
|
Nama Teman
Anda |
Membawa Bahan Diskusi
|
Memberikan Kritik
|
Menerima Kritik
|
Memberikan Pendapat
|
Memberikan Saran
|
Mengajukan Pertanyaan pada Teman
|
Mengajukan Pertanyaan pada Guru
|
Memotivasi Teman Lain
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PERHATIAN: kumpulkan
lembar ini pada guru yang mengajar!
lembar ini pada guru yang mengajar!
LAMPIRAN
|
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
KUIS PENENTUAN TETAPAN KESETIMBANGAN
DAN DERAJAT DISOSIASI
DAN DERAJAT DISOSIASI
1.
Tentukan Kc dari reaksi-reaksi kesetimbangan berikut:
Tentukan Kc dari reaksi-reaksi kesetimbangan berikut:
a)
CaCO3(s) CaO(s) + CO2(g)

b)
2C(s) + O2(g) 2CO(g)

c)
SnO2(s) + 2H2(g)
Sn(s) + 2H2O(g)

Sn(s) + 2H2O(g)
d)
BaSO4(s) Ba2+(aq) + SO42–(aq)

e)
PbI2(s) Pb2+(aq)
+ 2I–(aq)

+ 2I–(aq)
2.
Diketahui reaksi kesetimbangan:
Diketahui reaksi kesetimbangan:

dan


+ S, dengan Kc2 = 4
Tentukan
Kc3 untuk reaksi:
Kc3 untuk reaksi:

3.
Pada suhu tertentu, diketahui
Kc1 reaksiN2(g) + 3H2(g) 2NH3(g) adalah 16.

Kc1 reaksiN2(g) + 3H2(g) 2NH3(g) adalah 16.
Tentukan:

4.
Reaksi kesetimbangan:
Reaksi kesetimbangan:

memiliki tetapan kesetimbangan (Kp) = 8. Jika tekanan parsial N2O4
= 2 atm, tentukan tekanan parsial NO2.
= 2 atm, tentukan tekanan parsial NO2.
5.
Tuliskan hubungan Kp dan Kc beberapa reaksi kesetimbangan berikut:
Tuliskan hubungan Kp dan Kc beberapa reaksi kesetimbangan berikut:

6.
Senyawa NH3
dibiarkan terurai sampai terjadi kesetimbangan. Jika pada keadaan setimbang,
jumlah mol NH3 dan N2 adalah sama, tentukan derajar
disosiasi NH3 tersebut.
Senyawa NH3
dibiarkan terurai sampai terjadi kesetimbangan. Jika pada keadaan setimbang,
jumlah mol NH3 dan N2 adalah sama, tentukan derajar
disosiasi NH3 tersebut.
|
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
PENGARUH
KONSENTRASI TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
KONSENTRASI TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
Tujuan
Menyimpulkan pengaruh perubahan
konsentrasi terhadap sistem kesetimbangan
konsentrasi terhadap sistem kesetimbangan

A.
Dasar
Teori
Dasar
Teori
Jika pada sistem kesetimbangan
dilakukan penambahan ataupengurangan salah satu pereaksi atau hasil reaksi,
sistem akan mengadakan reaksi untuk mengurangi gangguan tersebut.
dilakukan penambahan ataupengurangan salah satu pereaksi atau hasil reaksi,
sistem akan mengadakan reaksi untuk mengurangi gangguan tersebut.
B.
Alat
dan Bahan
Alat
dan Bahan
Alat:
|
|
Bahan:
|
|
Gelas
kimia |
1
buah |
Larutan
NaH3PO4 0,01 M |
|
Tabung
reaksi |
4
buah |
Larutan
Fe(NO3)3 0,01 M |
|
Pipet
tetes |
3
buah |
Larutan
KSCN 0,01 M |
|
Gelas
ukur |
1
buah |
|
|
C.
Langkah
Kerja
Langkah
Kerja
1. 25
mL KSCN 0,01 M dan 2 tetes Fe(NO3)3 0,01 M dituangkan ke
dalam gelas kimia.
mL KSCN 0,01 M dan 2 tetes Fe(NO3)3 0,01 M dituangkan ke
dalam gelas kimia.
2. Campuran
larutan tersebut dituangkan ke dalam 4 buah tabung reaksi.
larutan tersebut dituangkan ke dalam 4 buah tabung reaksi.
3. Tabung
1 disimpan sebagai pembanding.
1 disimpan sebagai pembanding.
4. Ke
dalam tabung 2 ditambahkan 1 tetes KSCN 0,01 M. Amati hasilnya, catat perubahan
warna yang terjadi.
dalam tabung 2 ditambahkan 1 tetes KSCN 0,01 M. Amati hasilnya, catat perubahan
warna yang terjadi.
5. Ke
dalam tabung 3 ditambahkan 1 tetes Fe(NO3)3 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
dalam tabung 3 ditambahkan 1 tetes Fe(NO3)3 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
6. Ke
dalam tabung 4 ditambahkan 1 tetes NaH3PO4 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
dalam tabung 4 ditambahkan 1 tetes NaH3PO4 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
D.
Tabel
Hasil Pengamatan
Tabel
Hasil Pengamatan
Hasil
Pengamatan Awal
Pengamatan Awal
Jenis Larutan
|
Warna Larutan
|
KSCN
|
|
Fe(NO3)3
|
|
NaH3PO4
|
|
Hasil
Pengamatan Setelah Perlakuan
Pengamatan Setelah Perlakuan
Tabung
ke- |
Hasil
Pengamatan |
|
Warna
Larutan Awal |
Warna
Larutan setelah Penambahan Pereaksi |
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
E.
Soal
Soal
1.
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
dari percobaan yang telah dilakukan.
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
dari percobaan yang telah dilakukan.
2.
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
spesi kimia yang mengalami perubahan.
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
spesi kimia yang mengalami perubahan.
3.
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan KSCN (tabung 2).
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan KSCN (tabung 2).
4.
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan Fe(NO3)3(tabung 3).
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan Fe(NO3)3(tabung 3).
5.
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan NaH3PO4(tabung 4).
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan NaH3PO4(tabung 4).
F.
Kesimpulan
Kesimpulan
Tulsikan kesimpulan berdasarkan
percobaan yang telah dilakukan.
percobaan yang telah dilakukan.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
|
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
PENGARUH
SUHU TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
SUHU TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
Tujuan
Menyimpulkan pengaruh perubahan suhu
terhadap sistem kesetimbangan
terhadap sistem kesetimbangan

CuSO4(s) + 5H2O(g).
A.
Dasar
Teori
Dasar
Teori
Reaksi terhadapgangguan suhu sangat
bergantung pada sifat-sifat termokimia dari spesiyang terdapat dalam sistem
kesetimbangan.Seperti telah dibahas pada Bab Termokimia, ada reaksi eksoterm danreaksi
endoterm. Reaksi eksoterm dapat berubah menjadi reaksi endotermjika reaksinya
dibalikkan, sedangkan nilai ΔH reaksi tetap hanya tandanyasaja yang berubah.
bergantung pada sifat-sifat termokimia dari spesiyang terdapat dalam sistem
kesetimbangan.Seperti telah dibahas pada Bab Termokimia, ada reaksi eksoterm danreaksi
endoterm. Reaksi eksoterm dapat berubah menjadi reaksi endotermjika reaksinya
dibalikkan, sedangkan nilai ΔH reaksi tetap hanya tandanyasaja yang berubah.
B.
Alat
dan Bahan
Alat
dan Bahan
Alat
|
|
Bahan
|
|
Cawan
penguap |
1
buah |
CuSO4.5H2O(s)
|
10
gram |
Set
alat pembakar |
1
set |
Air
|
|
Kapas
|
secukupnya
|
|
|
Neraca
|
1
set |
|
|
C.
Langkah
Kerja
Langkah
Kerja
1.
Panaskan 10 gram CuSO4.5H2O dalam cawan
penguap.
Panaskan 10 gram CuSO4.5H2O dalam cawan
penguap.
2.
Amati perubahan warna yang terjadi.
Amati perubahan warna yang terjadi.
3.
Biarkan padatan mendingin. Setelah
dingin, tetesi dengan air. Amati perubahan yang terjadi.
Biarkan padatan mendingin. Setelah
dingin, tetesi dengan air. Amati perubahan yang terjadi.
4.
Tuliskan hasil pengamatan dalam bentuk
tabel.
Tuliskan hasil pengamatan dalam bentuk
tabel.
D.
Hasil
Pengamatan
Hasil
Pengamatan
Perlakuan
|
Warna
Zat |
Sebelum
pemanasan |
|
Setelah
pemanasan |
|
Setelah
penambahan air |
|
E.
Soal
Soal
1. Bagaimanakah
warna tembaga(II) sulfat sebelum dipanaskan, setelahdipanaskan, dan setelah
ditambah air?
warna tembaga(II) sulfat sebelum dipanaskan, setelahdipanaskan, dan setelah
ditambah air?
2. Termasuk
ke dalam reaksi jenis apa pemanasan CuSO4. 5H2O?
ke dalam reaksi jenis apa pemanasan CuSO4. 5H2O?
3. Tuliskan
persamaan reaksi yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan ditambahkan
denganair.
persamaan reaksi yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan ditambahkan
denganair.
4. Jelaskan
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan dipanaskan.
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan dipanaskan.
5. Jelaskan
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan
ditambahkan denganair.
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan
ditambahkan denganair.
F.
Kesimpulan
Kesimpulan
Tulsikan
kesimpulan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
kesimpulan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
|
Format
Penulisan Laporan Percobaan
Format
Cover Laporan
Cover Laporan
1. Judul
percobaan
percobaan
2. Tujuan
percobaan
percobaan
3. Kelompok
4. Anggota
Kelompok
Kelompok
5. Nama
Sekolah
Sekolah
Format
Isi Laporan
Isi Laporan
Download File RPP DISINI