Download,  Kimia

Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Materi Kesetimbangan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                      :
SMA Negeri 1 Bantul
Mata Pelajaran                     :
Kimia
Kelas/Semester                     :
XI/1
Materi Pokok                       : Kesetimbangan
Kimia
Alokasi Waktu                     : 4
pertemuan, 12 JP
 40 menit
 


I.             
KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.          
KOMPETENSI
DASAR
1.1.       Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan  limia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang  kebenarannya bersifat tentatif.
1.2.       Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam serta
berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan
untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1.       Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan
percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap seharihari.
2.2.       Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3.       Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan  masalah dan membuat keputusan.
3.8.       Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan
dalam industri.
3.9.       Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
4.8.       Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor  yang mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
4.9.       Memecahkan
masalah terkait hubungan kuantitatif antara pereaksi  dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
III.       
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
Kognitif
a.     Menjelaskan
keetimbangan dinamis.
b.    Menyatakan
tetapan kesetimbangan suatu reaksi.
c.     Menuliskan
persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang diketahui.
d.    Menentukan
tetapan kesetimbanganpada sistem heterogen.
e.     Menghitung
nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data sekunder.
f.     Menghitung
nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data sekunder.
g.    Menghubungkan
tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan kesetimbangan tekanan
(Kp) berdasarkan persamaan gas ideal.
h.    Menentukan
nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
i.      Menjelaskan
pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui
percobaan.
j.      Menjelaskan
pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah kesetimbangan reaksi yang
melibatkan gas.
k.    Menjelaskan
pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
l.      Menjelaskan
peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan pada industri..
Afektif
a.        
Menunjukkan perilaku ilmiah
dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam melakukan percobaan
dan diskusi kelompok.
b.       
Menunjukkan sikap aktif
dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi kesetimbangan kimia.
c.        
Menunjukkan sikap kritis
dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa yang terjadi
dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
Psikomotor
a.             
Merangkai dan menggunakan set alat dan
melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan.
b.            
Menyajikan data hasil
diskusi kelompok mengenai
faktor-faktor yang memengaruhi
pergeseran arah kesetimbangan
secara sistematis
menggunakan bahasa yang sesuai.
IV.       
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
a.     Siswa
dapat menjelaskan keetimbangan dinamis.
b.    Siswa
dapat menyatakan tetapan kesetimbangan suatu reaksi.
c.     Siswa
dapat menuliskan persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang
diketahui.
d.    Siswa
dapat menentukan tetapan kesetimbangan pada sistem heterogen.
e.     Siswa
dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data
sekunder.
f.     Siswa
dapat menghitung nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data
sekunder.
g.    Siswa
dapat menghubungkan tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan
kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan persamaan gas ideal.
h.    Siswa
dapat menentukan nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
i.      Siswa
dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah
kesetimbangan melalui percobaan.
j.      Siswa
dapat menjelaskan pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah
kesetimbangan reaksi yang melibatkan gas.
k.    Siswa
dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui
percobaan.
l.      Siswa
dapat menjelaskan peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan
pada industri.
Afektif
a.        
Siswa mampu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan serta memecahkan masalah dalam
melakukan percobaan dan diskusi kelompok.
b.       
Siswa mampu menunjukkan
sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi
kesetimbangan kimia.
c.        
Siswa mampu menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa
yang terjadi dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
Psikomotor
a.        
Siswa terampil dalam merangkai dan
menggunakan set alat dan melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
b.       
Siswa terampil dalam  menyajikan
data hasil diskusi kelompok mengenai
faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan
secara
sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
V.          
ATERI
PEMBELAJARAN
1.     
Materi
Prasyarat
o  
Reaksi kimia
o  
Termokimia
2.     
Materi
Inti
o  
Kesetimbangan dinamis.
o  
Pergeseran arah kesetimbangan.
o  
Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp).
o  
Kesetimbangan dalam kehidupan
sehari-hari.
VI.       
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Model                                                 :
Inkuiriterbimbing
Pendekatan                                        :
Saintifik
Metode                                               :
Praktikum, diskusi kelompok, penugasan
Sumber Pembelajaraan                       : Buku kimia dan artikel-artikel terkait
Media Pembelajaraan                         : Power
point
mengenai kesetimbangan kimia
Alat dan Bahan Pembelajaran            : Alat tulis, alat dan bahan percobaan.
VII.    
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A.   
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan
Awal
Pendahuluan
o  Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o  Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
o  Siswa dikondisikan untuk siap melakukan
pembelajaran.
Apersepsi
o  Siswa meninjau kembali materi mengenai reaksi kimia
dan persamaan reaksi.
o  Siswa diberikan informasi mengenai materi
pembelajaran dan cakupan materi ajar kesetimbangan kimia.
Motivasi
o  Siswa
diberikan motivasi bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat akrab
dengan kesetimbangan kimia.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
o  Siswa
diperlihatkan gambar rokok.
o  Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengenai bahaya asap rokok, dimana gas CO yang
dihasilkan pada pembakaran rokok dapat bereaksi dengan hemoglobin (Hb) dalam
darah penghisapnya, melepaskan O2 dari HbO2,
berkesetimbangan dengan HbCO dan menjadi racun bagi tubuh.
Menanya
o  
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru terkait
kesetimbangan kimia.
Mengumpulkan
Data
o  Siswa
dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah
ditentukan pada pertemuan sebelumnya.
o  Setiap
kelompok siswa melakukan telaah mengenai reaksi kesetimbangan dari sumber
yang dimiliki dan merangkum hasil kajiannya.
o  Setiap
kelompok siswa menyusun peta konsep berdasarkan hasil kajian diskusi
kelompoknya.
Mengasosiasi
o  
Siswa
mendiskusikan temuannya mengenai kesetimbangan dinamis.
o  
Siswa
mendiskusikan temuannya mengenai tetapan kesetimbangan berdasarkan
konsentrasi dan tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan.
o  
Siswa
membedakan tetapan kesetimbangan reaksi pada sistem homogen dengan sistem
heterogen.
o  
Siswa
mendiskusikan mengenai faktor-faktor pergseran arah kesetimbangan.
Mengkomunikasikan
o  
Perwakilan dari setiap kelompok siswa menyampaikan
hasil diskusi kelompoknya secara lisan di depan kelas.
o  
Siswa bersama guru mengulas kembali pengenalan
kesetimbangan kimia.
20 menit
70 menit
40 menit
Kegiatan Akhir
Penutup
o  Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang
telah dikerjakan bersama-sama untuk dijadikan pegangan siswa.
o  Siswa mengumpulkan salah satu hasil diskusi yang
telah dikerjakan secara berkelompok kepada guru beserta lembar Peer Assessment dan lembar Self Assessment.
o  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o  Siswa diberi tugas untuk membaca mengenai Perhitungan Nilai Tetapan Kesetimbagan.
o  Siswa berdo’a.
o  Siswa menjawab salam penutup.
20 menit
B.    
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan
Awal
Pendahuluan
o  Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o  Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
o  Siswa dikondisikan untuk siap melakukan
pembelajaran.
Apersepsi
o  Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai
pengenalan kesetimbangan kimia.
Motivasi
o  Siswa
diberikan informasi materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
o  Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai penentuan nilai tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) suatu
reaksi kimia.
o  Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai hubungan Kc dan Kp suatu reaksi.
o  Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai penentuan derajat disosiasi (α).
Menanya
o  
Siswa melakukantanya jawab dengan guru mengenai penentuan
tetapan kesetimbangan reaksi.
Mengumpulkan
Data
o  Siswa
dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah
ditentukan pada pertemuan sebelumnya.
o  Setiap
kelompok siswa menerima Soal Kuis (Lampiran
1
) yang dibagikan oleh guru.
o  Siswa
mengerjakan kuis sesuai waktu yang ditetapkan oleh guru. Kelompok yang
mengumpulkan hasil diskusinya sebelum waktu yang ditetapkan mendapatkan nilai
plus dari total nilai yang dimiliki, sedangkan kelompok yang terlambat dari
waktu yang ditentukan akan mendapatkan minus dari total nilai yang dimiliki.
Mengasosiasi
o  
Siswa
mendiskusikan soal-soal terkait penentuan Kc dan Kp reaksi.
o  
Siswa
menentukan derajat disosiasi (α) berdasarkan data yang diketahui.
Mengkomunikasikan
o  
Siswa bersama guru membahas soal kuis yang telah
selesai dikerjakan oleh siswa.
o  
Siswa dipersilakan untuk menyampaikan jawaban kuis
yang dibahas.
60 menit
30 menit
40 menit
Kegiatan Akhir
Penutup
o  Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang
telah dikoreksi bersama untuk dijadikan pegangan.
o  Siswa mengumpulkan salah satu hasil diskusidan poin
yang dimiliki dari setiap kelompok kepada guru.
o  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o  Siswa diberi tugas untuk mempersiapkan praktikum
pada pertemuan berikutnyamengenai Faktor-faktor
yang Memengaruhi Pergeseran Arah Kesetimbangan.
o  Siswa berdo’a.
o  Siswa menjawab salam penutup.
20 menit
C.   
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan
Awal
Pendahuluan
o  Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o  Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
Apersepsi
o  Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai penentuan
tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp).
Motivasi
o  Siswa
diberikan motivasi mengenai pembuktian faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan.
o  Siswa dikondisikan
untukberkelompok sesuai dengan pembagian pada pertemuan sebelumnya.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
o  Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
o  Siswa mengamati
pengarahan yang dilakukan oleh guru dalam melakukan percobaan.
Menanya
o  
Siswa melakukantanya jawab dengan guru mengenai faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Mengumpulkan
Data
o  Siswa
dikondisikan untuk berkelompok.
o  Setiap
kelompok siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar, untuk menerima LKS praktikum
(Lampiran 2)yang berbeda-beda,
dengan pembagian judul praktikum sebagai berikut:
  
Kelompok besar 1: pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan(Lampiran
2A)
  
Kelompok besar 2: pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan(Lampiran 2B)
o  
Siswa
membaca dan menelaah LKS yang telah diberikan oleh guru.
o  
Siswa
melakukan praktikum sesuai dengan langkah kerja pada LKS.
o  
Siswa menuliskan
hasil observasi pada LKS berdasarkan hasil praktikum.
Mengasosiasi
o  
Siswa
menganalisis peristiwa yang terjadi pada pemberian kondisi yang berbeda-beda
terhadap suatu reaksi kimia yang berlangsung selama praktikum.
o  
Siswa mendiskusikan
soal-soal yang terdapat pada LKS praktikum sesuai dengan hasil observasi yang
teah dilakukan.
Mengkomunikasikan
o  
Perwakilan siswa dalam kelompok besar  menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
secara lisandi depan kelas.
o  
Siswa dalam kelompok lainnya menulis resume atau
rangkuman hasil percobaan yang dipresentasikan kelompok lain.
o  
Siswa bersama guru mengoreksi kesalahan yang terjadi
selama praktikum.
o  
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai
faktor-faktor lain yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan, yakni
tekanan/volume.
10 menit
70 menit
30 menit
20 menit
Kegiatan Akhir
Penutup
o  Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang
telah dikerjakan bersama kelompoknya sebagai pegangan.
o  Siswa mengumpulkan LKS hasil diskusidari setiap kelompok
kepada guru.
o  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o  Setiap siswa secara individu ditugaskan untuk
menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukan bersama kelompok
kecilnya sesuai format yang terlampir (Lampiran
3
).
o  Siswa diberi tugas untuk membawa berbagai sumber
terkait Aplikasi Kesetimbangan dalam
Kehidupan Sehari-hari dan Industri.
o  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o  Siswa berdo’a.
o  Siswa menjawab salam penutup.
20 menit



D.   
Pertemuan Keempat
Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan
Awal
Pendahuluan
o  Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o  Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
Apersepsi
o  Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai
faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Motivasi
o  Siswa
diberikan motivasi mengenai aplikasi kesetimbangan dalam kehidupan
sehari-hari dan dalam industri.
o  Siswa dikondisikan
untukberkelompok sesuai dengan pembagian pada pertemuan sebelumnya.
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
o  Siswa mengamati
pengarahan yang dilakukan oleh guru dalam diskusi kelompok yang akan
dilaksanakan.
Menanya
o  
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai aplikasi
kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri.
Mengumpulkan
Data
o  
Setiap kelompok siswa diminta untuk mencari materi
aplikasi kesetimbanganuntuk didiskusikan yang berbeda dengan kelompok lainnya,
setiap aplikasi yang dipilih kelompok siswa dituliskan di papan tulis oleh
guru.
o  
Kelompok yang tidak dapat menemukan bidangnya boleh
menerima saran dari kelompok lainnya. Kelompok yang memberi saran akan
menerima skor plus dari skor total yang dimilikinya.
Mengasosiasi
o  
Setiap kelompok siswa mendiskusikan dan menganalisis
peran kestimbangan kimia dalam aplikasi yang dipilihnya.
Mengkomunikasikan
o  
Setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi
kelompoknya secara lisandi depan kelas.
o  
Siswa dalam kelompok lainnya diminta memperhatikan
dan menuliskan resume atau rangkuman hasil diskusi yang dipresentasikan
kelompok lain.
o  
Kelompok siswa yang melakukan presentasi di depan kelas
membuka sesi tanya jawab dengan kelompok lain. Apabila tidak dapat
menjawabnya, siswa dipersilakan mencari lagi dari sumber lain.
5 menit
20 menit
60 menit
40 menit
Kegiatan Akhir
Penutup
o  Siswa mengumpulkan hasil diskusidari setiap kelompok
kepada guru.
o  Setiap siswa secara individu mengumpulkan resume
yang telah ditulisnya selama proses presentasi berlangsung kepada guru.
o  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o  Siswa berdo’a.
o  Siswa menjawab salam penutup.
20 menit
VIII.  EVALUASI PEMBELAJARAN
1.     
Prosedur
Penilaian
a.     
Penilaian kognitif          :  Tes tertulis, kuis
b.     
Penilaian afektif            :  Sikap siswa selama pembelajaran berlangsung
c.     
Penilaian psikomotorik :  Keterampilan siswa selama melakukan percobaan
dalam laboratorium dan dalam diskusi kelompok.
2.     
Instrumen
Penilaian
·        
Instrumen
Penilaian Kognitif
Tujuan Pembelajaran
Soal
Skor
a.    
Siswa dapat menjelaskan kesetimbangan
dinamis.
1.   
Jelaskan apa yang Anda ketahui mengenai kesetimbangan dinamis?
10
b.    
Siswa dapat menyatakan tetapan
kesetimbangan suatu reaksi.
2.   
Tuliskan Kc untuk reaksi kesetimbangan berikut:
a)    PCl5(g)              PCl3(g) + Cl2(g)
b)   2NH3(g)               N2(g) + 3H2(g)
c)    2SO2(g) + O2(g)              2SO3(g)
30
c.    
Siswa dapat menuliskan persamaan
reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang diketahui.
3.    Tuliskan
persamaan reaksi kesetimbangan bagi persamaan Kc berikut:
a)    Kc
=
b)   Kc
=
c)    Kc
=
30
d.   
Siswa dapat menentukan tetapan
kesetimbangan pada sistem heterogen.
4.   
Tentukan Kc dari reaksi-reaksi kesetimbangan berikut:
a)    CaCO3(s)
            CaO(s) + CO2(g)
b)   2C(s) + O2(g)
          2CO(g)
c)    SnO2(s)
+ 2H2(g)             Sn(s) +
2H2O(g)
d)   BaSO4(s)
            Ba2+(aq) + SO42–(aq)
e)    PbI2(s)
            Pb2+(aq) + 2I(aq)
50
e.    
Siswa dapat menghitung nilai
ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data sekunder.
5.   
Diketahui reaksi kesetimbangan:
(1) P2
+ Q2             2PQ, dengan
Kc1 = 32, dan
(2) PS + Q2             PQ
+ S, dengan Kc2 = 4
Tentukan Kc3 untuk reaksi:
P2 +
2S              2PS.
6.   
Pada suhu tertentu, diketahui Kc1 reaksi:
N2(g)
+ 3H2(g)              2NH3(g)
adalah 16.
Tentukan:
a)      Kc2
untuk reaksi:
2NH3(g)             N2(g) + 3H2(g)
b)      Kc3
untuk reaksi:
N2(g) + H2(g)              2NH3(g)
10
20
f.     
Siswa dapat menghitung nilai
ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data sekunder.
7.   
Reaksi kesetimbangan:
N2O4(g)
          2NO2(g)
memiliki tetapan kesetimbangan (Kp) = 8. Jika tekanan parsial N2O4
= 2 atm, tentukan tekanan parsial NO2.
10
g.    
Siswa dapat menghubungkan tetapan
kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan kesetimbangan tekanan (Kp)
berdasarkan persamaan gas ideal.
8.   
Tuliskan hubungan Kp dan Kc beberapa reaksi kesetimbangan berikut:
a)      2HI(g)            H2(g) + I2(g)
b)      PCl5(g)
            PCl3(g) + Cl2(g)
c)      2SO2(g)
+ O2(g)             2SO3(g)
30
h.    
Siswa dapat menentukan nilai derajat
disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
9.   
Senyawa NH3 dibiarkan terurai sampai terjadi kesetimbangan.
Jika pada keadaan setimbang, jumlah mol NH3 dan N2
adalah sama, tentukan derajar disosiasi NH3 tersebut.
10
i.      
Siswa dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi
zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
10.  Diketahui
persamaan reaksi kesetimbangan berikut:
2CO(g) + O2(g)
         2CO2(g) ΔH = –566 kJ
Tentukan arah kesetimbangan reaksinya jika:
a)     
ke dalam larutan ditambahkan oksigen
b)     
ke dalam larutan ditambahkan gas CO2
20
j.      
Siswa dapat menjelaskan pengaruh
tekanan atau volume terhadap pergeseran arah kesetimbangan reaksi yang
melibatkan gas.
11.  Dari soal
nomor 10, tentukan arah kesetimbangan reaksinya jika:
a)     
volume diperkecil
b)     
tekanan diturunkan
20
k.    
Siswa dapat menjelaskan pengaruh
suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
12.  Dari soal
nomor 10, tentukan arah kesetimbangan reaksinya jikasuhu dinaikkan.
10
l.      
Siswa dapat menjelaskan peran
kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan pada industri.
13.  Jelaskan menurut
pendapat Anda sendiri, mengapa asap rokok dapat berbahaya bagi tubuh?
Jelaskan menurut konsep kesetimbangan yang telah Anda pelajari.
14.  Jelaskan menurut
pendapat Anda sendiri berdasarkan konsep kesetimbangan yang telah dipelajari
mengenai pembuatan amonia sebagai bahan dasar pupuk urea.
20
20
·          
Instrumen
Penilaian Afektif
Penilaian afektif menggunakan lembar observasi yang
terlampir pada Pedoman Penilaian,Self Assessment, dan Peer Assessment.
·          
Instrumen
Penilaian Psikomotor
Penilaian psikomotor
menggunakan lembar observasi praktikum dan diskusi kelompokyang terlampir pada Pedoman Penilaian
3.     
Pedoman
Penilaian
·     
Penilaian Pengetahuan
Tabel
penilaian hasil tes
No
Nama Siswa
Nomor Soal
Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
1
2
3
4
5
dst

Nilai =×100

 

·     
Penilaian Afektif
Tujuan Afektif:
a.     
Siswa mampu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam memecahkan masalah pada diskusi kelompok.
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor Total
Teliti
Bertanggung
Jawab
Jujur
0
1
2
0
1
2
0
1
2
1.
2.
3.
Rubrik:
0   :    jika tidak teliti dalam menjalankan praktikum, tidak bertanggung
jawab atas kebersihan dan keutuhan alat, serta tidak jujur dalam menuliskan
hasil praktikum dalam diskusi kelompok.
1   :    jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok, namun lamban dan tidak tegas ketika bekerja di dalam
laboratorium.
2   :    jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok.
Tujuan Afektif:
b.    
Siswa mampu menunjukkan
sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi kesetimbangan
kimia.
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor Total
Aktif
Bertanya
Aktif
Menjawab
0
1
2
0
1
2
1.
2.
3.
Rubrik:
0   :    jika tidak aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang
disampaikan.
1   :    jika  bertanya dan menjawab
pertanyaan  yang disampaikan, namun tidak
sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan salah konsepnya ketika menjawab.
2   :    jika  bertanya dan
menjawab  pertanyaan yang disampaikan,
serta sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan benar konsepnya ketika
menjawab.
Tujuan Afektif:
c.     
Siswa mampu menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa
yang terjadi dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor Total
Bertanya
Berpendapat
Menjawab
0
1
2
0
1
2
0
1
2
1.
2.
3.
Rubrik:
0   :    jika tidak bertanya, tidak berpendapat, dan tidak menjawab.
1   :    jika  bertanya,
berpendapat, atau menjawab, namun  kurang
sesuai dengan materi.
2   :    jika  bertanya,
berpendapat, atau menjawab, dan isinya sesuai dengan materi.
·      Penilaian
Psikomotor
Tujuan Psikomotor:
a.     Siswa
terampil dalam  merangkai dan menggunakan
set alat dan melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Aspek yang dinilai
Nilai
SB
Baik
Kurang
SK
Skor: 4
Skor: 3
Skor: 2
Skor: 1
1.     Siswa
menyiapkan alat dan bahan dengan tepat.
2.     Siswa
membersihkan dan mengeringkan alat sebelum praktikum.
3.     Siswa menyusun
alat dengan benar.
4.     Siswa
menggunakan bahan dengan tepat.
5.     Siswa mencatat
perubahan yang terjadi pada hasil reaksi setelah diberikan perlakuan.
6.     Siswa
membersihkan alat setelah praktikum.
7.     Siswa melakukan
percobaan tepat waktu.
Jumlah
Jumlah Total:
Tujuan Psikomotor:
b.     Siswa
terampil dalam  m
enyajikan data hasil diskusi kelompok mengenai faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan
secara
sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor Total
Penggunaan
Bahasa
Kecakapan
dalam Berbicara
0
1
2
0
1
2
1.
2.
3.
Rubrik:
0   :    jika tidak  menggunakan
bahasa yang sopan  atau tidak mahir dalam
menyampaikan informasihasil diskusi kelompok.
1   :    jika  menggunakan  bahasa 
yang  sopan  namun 
tidak  percaya  diri 
dalam  berbicara atau kurang mahir
dalam menyampaikan informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.
2   :    jika  menggunakan  bahasa 
yang  sopan  atau 
mahir  dalam  menyampaikan 
informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.



LEMBAR PENILAIAN DIRI
(SELF
ASSESSMENT
)
Berikan penilaian terhadap diri Anda sendiri dengan memberikan tanda
centang (
Ö) pada kolom disamping
pernyataan secara jujur!
Nama              :…………………………………………….
Kelompok      :…………………………………………….
No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.             
 
Apakah sebelum menghadiri
pembelajaran hari ini Anda membaca terlebih dahulu materi yang akan
dipelajari?
2.             
 
Apakah Anda mengumpulkan dan membawa bahan diskusi?
Jika “Ya”, tuliskan kategori bahan diskusi yang Anda bawa.
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
3.             
 
Apakah Anda memberikan
kritik pada pendapat teman Anda dalam diskusi kelompok?
4.             
 
Apakah Anda menerima kritik dari teman Anda?
5.             
 
Apakah Anda memberikan
saran atau pendapat Anda dalam diskusi kelompok?
6.             
 
Apakah Anda mengajukan pertanyaan pada teman lain selama diskusi
berlangsung?
7.             
 
Apakah Anda mengajukan
pertanyaan pada guru selama diskusi berlangsung?
8.             
 
Apakah Anda mendorong teman Anda untuk berpendapat/mengajukan pertanyaan/mengkritik?
9.             
 
Apakah Anda memahami
materi pembelajaran mengenai Kesetimbangan Kimia yang telah dilaksanakan?
Jika “Tidak” ungkapkan bagian yang masih membingungkan Anda.
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
10.         
 
Apakah Anda merasa puas dengan diskusi kelompok yang telah dilakukan?
Jika “Tidak” ungkapkan alasan Anda.
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
PERHATIAN:
kumpulkan lembar ini pada guru yang mengajar!



LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
(PEER
ASSESSMENT
)
Berikan penilaian Anda terhadap teman-teman sekelompok Anda dengan
memberikan tanda centang (
Ö) pada kolom pernyataan secara
jujur dan objektif!
Nama Penilai   :
…………………………………………….
Kelompok        :
…………………………………………….
No.
Nama Teman
Anda
Membawa Bahan Diskusi
Memberikan Kritik
Menerima Kritik
Memberikan Pendapat
Memberikan Saran
Mengajukan Pertanyaan pada Teman
Mengajukan Pertanyaan pada Guru
Memotivasi Teman Lain
1.
2.
3.
4.
5.
PERHATIAN: kumpulkan
lembar ini pada guru yang mengajar!





LAMPIRAN



LAMPIRAN
1

 

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

KUIS PENENTUAN TETAPAN KESETIMBANGAN
DAN DERAJAT DISOSIASI
1.     
Tentukan Kc dari reaksi-reaksi kesetimbangan berikut:
a)     
CaCO3(s)             CaO(s) + CO2(g)
b)     
2C(s) + O2(g)              2CO(g)
c)     
SnO2(s) + 2H2(g)
              Sn(s) + 2H2O(g)
d)    
BaSO4(s)                Ba2+(aq) + SO42–(aq)
e)     
PbI2(s)             Pb2+(aq)
+ 2I(aq)
2.     
Diketahui reaksi kesetimbangan:
(1) P2 + Q2             2PQ, dengan Kc1 = 32,
dan
(2) PS + Q2             PQ
+ S, dengan Kc2 = 4
Tentukan
Kc3 untuk reaksi:
P2 + 2S            2PS.
3.    
Pada suhu tertentu, diketahui
Kc1 reaksiN2(g) + 3H2(g)                  2NH3(g) adalah 16.
Tentukan:
Kc2 untuk reaksi 2NH3(g)                      N2(g) + 3H2(g)
4.       
Reaksi kesetimbangan:
N2O4(g)                  2NO2(g)
memiliki tetapan kesetimbangan (Kp) = 8. Jika tekanan parsial N2O4
= 2 atm, tentukan tekanan parsial NO2.
5.       
Tuliskan hubungan Kp dan Kc beberapa reaksi kesetimbangan berikut:
2SO2(g) + O2(g)                        2SO3(g)
6.       
Senyawa NH3
dibiarkan terurai sampai terjadi kesetimbangan. Jika pada keadaan setimbang,
jumlah mol NH3 dan N2 adalah sama, tentukan derajar
disosiasi NH3 tersebut.



LAMPIRAN
2A

 

LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)

PENGARUH
KONSENTRASI TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
Tujuan
Menyimpulkan pengaruh perubahan
konsentrasi terhadap sistem kesetimbangan
SCN(aq) + Fe3+(aq)               Fe(SCN)2+(aq).
A.     
Dasar
Teori
Jika pada sistem kesetimbangan
dilakukan penambahan ataupengurangan salah satu pereaksi atau hasil reaksi,
sistem akan mengadakan reaksi untuk mengurangi gangguan tersebut.
B.      
Alat
dan Bahan
Alat:
Bahan:
Gelas
kimia
1
buah
Larutan
NaH3PO4 0,01 M
Tabung
reaksi
4
buah
Larutan
Fe(NO3)3 0,01 M
Pipet
tetes
3
buah
Larutan
KSCN 0,01 M
Gelas
ukur
1
buah
C.     
Langkah
Kerja
1.    25
mL KSCN 0,01 M dan 2 tetes Fe(NO3)3 0,01 M dituangkan ke
dalam gelas kimia.
2.    Campuran
larutan tersebut dituangkan ke dalam 4 buah tabung reaksi.
3.    Tabung
1 disimpan sebagai pembanding.
4.    Ke
dalam tabung 2 ditambahkan 1 tetes KSCN 0,01 M. Amati hasilnya, catat perubahan
warna yang terjadi.
5.    Ke
dalam tabung 3 ditambahkan 1 tetes Fe(NO3)3 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
6.    Ke
dalam tabung 4 ditambahkan 1 tetes NaH3PO4 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
D.     
Tabel
Hasil Pengamatan
Hasil
Pengamatan Awal
Jenis Larutan
Warna Larutan
KSCN
Fe(NO3)3
NaH3PO4
Hasil
Pengamatan Setelah Perlakuan
Tabung
ke-
Hasil
Pengamatan
Warna
Larutan Awal
Warna
Larutan setelah Penambahan Pereaksi
1
2
3
4
E.      
Soal
1.        
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
dari percobaan yang telah dilakukan.
2.        
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
spesi kimia yang mengalami perubahan.
3.        
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan KSCN (tabung 2).
4.        
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan Fe(NO3)3(tabung 3).
5.        
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan NaH3PO4(tabung 4).
F.      
Kesimpulan
Tulsikan kesimpulan berdasarkan
percobaan yang telah dilakukan.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________



LAMPIRAN
2B

 

LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)

PENGARUH
SUHU TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
Tujuan
Menyimpulkan pengaruh perubahan suhu
terhadap sistem kesetimbangan
CuSO4.5H2O(s)
                CuSO4(s) + 5H2O(g).
A.     
Dasar
Teori
Reaksi terhadapgangguan suhu sangat
bergantung pada sifat-sifat termokimia dari spesiyang terdapat dalam sistem
kesetimbangan.Seperti telah dibahas pada Bab Termokimia, ada reaksi eksoterm danreaksi
endoterm. Reaksi eksoterm dapat berubah menjadi reaksi endotermjika reaksinya
dibalikkan, sedangkan nilai ΔH reaksi tetap hanya tandanyasaja yang berubah.
B.      
Alat
dan Bahan
Alat
Bahan
Cawan
penguap
1
buah
CuSO4.5H2O(s)
10
gram
Set
alat pembakar
1
set
Air
Kapas
secukupnya
Neraca
1
set
C.     
Langkah
Kerja
1.        
Panaskan 10 gram  CuSO4.5H2O dalam cawan
penguap.
2.        
Amati perubahan warna yang terjadi.
3.        
Biarkan padatan mendingin. Setelah
dingin, tetesi dengan air. Amati perubahan yang terjadi.
4.        
Tuliskan hasil pengamatan dalam bentuk
tabel.
D.     
Hasil
Pengamatan
Perlakuan
Warna
Zat
Sebelum
pemanasan
Setelah
pemanasan
Setelah
penambahan air
E.      
Soal
1.      Bagaimanakah
warna tembaga(II) sulfat sebelum dipanaskan, setelahdipanaskan, dan setelah
ditambah air?
2.      Termasuk
ke dalam reaksi jenis apa pemanasan CuSO4. 5H2O?
3.      Tuliskan
persamaan reaksi yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan ditambahkan
denganair.
4.      Jelaskan
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan dipanaskan.
5.      Jelaskan
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan
ditambahkan denganair.
F.      
Kesimpulan
Tulsikan
kesimpulan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________



LAMPIRAN
3

 

Format
Penulisan Laporan Percobaan

Format
Cover Laporan
1.      Judul
percobaan
2.      Tujuan
percobaan
3.      Kelompok
4.      Anggota
Kelompok
5.      Nama
Sekolah
Format
Isi Laporan
Sesuai dengan yang tertera pada LKS
dengan menambahkan Dasar Teori beserta sumbernya.

Download File RPP DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *