I Love My Chemistry Students
Assalamualaikum..
Hampir gak percaya udah dua setengah bulan kemaren ngerjain program KKN yang bener-bener nguras tenaga. Dulu sempet mikir juga kira-kira bakal sanggup gak ngajar materi kimia ke anak-anak SMA yang notabene aku sendiri belum ada pengalaman sama sekali masuk kelas.
Itu pemikiran waktu belum masuk masa-masa KKN, ternyata setelah masuk jadwal KKN bukan cuma ngajar (PPL) yang kudu dipikirin. Ada berbagai macam tugas sekolah dengan segala keruwetan administrasi yang harus dimengerti sama calon-calon guru ini. Gimana caranya ngelola sekolah, perpustakaan, laboratorium, pegawai-pegawainya, ngatur jadwal ngajar, jadwal piket… ohh meeennn… tugas guru gak cuma ngajar. Bahkan untuk ngajarpun gak layak pake imbuhan “CUMA”, why?? . Sebelum ngajar semua bahan mulai dari RPP dan segala kelengkapan penilaiannnya, media-media yang bakal digunakan sebagai alat bantu pengajaran, semua kudu siap sebelum pelajaran dimulai. Udah.? belum lah..
Setelah KBM selesai, guru kudu mengevaluasi kinerja dengan nulis semacam diary di “PROLAK” (Program Pelaksanaan Harian). yang mencakup kejadian-kejadian apa aja yang terjadi seama KBM, hambatan, solusi, keadaan kelas dan lain-lain masuk disini. Abis itu kalo materi di satu atau dua KD dianggap cukup maka akan ada ulangan harian. Nah untuk sekedar nyiapin soal ulangan inipun gak mudah juga sob, kami harus nyiapin butir-butir soal yang nanti di verifikasi sama guru beserta kunci dan pembahasannya. Belum selesai sampai disitu kamipun harus mampu menganalisis hasil ujian dari pesdik. mulai dari tingkat kesukaran soal, daya bedanya berapa, jumlah soal dan macam-macam pilihan jawaban pengecoh yang harus direvisi, kita rekap. materi remidial indivual dan klasikalpun masuk didalamnya. Jadi kalo emang bener-bener pengen jadi guru yang profesional itu gak mudah sob, butuh perjuangan dan ketekunan yang kalo gak dipupuk dari awal bakal susah nyesuain kalo udah jadi guru beneran. Karena ya itu tugas guru bukan cuma ngajar, ada tugas non-akademik juga yang harus dikerjakan sebagai bukti kalo guru itu profesional.
Hari-hari kita..
Enam tahun yang lalu aku masih inget bagaimana rasanya mental alias gak diterima disekolah ini. Bukan karena nilaiku yang jelek, tapi khusus bagi kami yang berasal dari luar daerah maka kami hanya akan ditandingkan dengan lulusan-lulusan dari luar daerah juga. Dengan NEM 8,2 sekian pun masih belum cukup untuk menembus sekolah kabupaten ini, padahal nilai terendah waktu adalah 7,sekian.. Nassiibb… Eh tapi enam tahun berlalu saya balik lagi kesekolah ini dengan status mahsiswa praktek mengajar dan mengajar langsung disekolah ini. What a …..
Ada banyak pengalaman menarik selama mengajar di SMA 1 Sleman atau sering disebut NEXAZ (negeri satu sleman). Sekolah ini dulu lumayan sering tawur sama SMA asal aku dulu – CMS (cah mlati siji a.k.a SMA 1 Mlati). Mulai dari anak-anak yang ngefans abis sama guru PPL nya (bukan saya), sampe ke ngerjain anak PPL yang ulang tahun pake tepung ala anak SMA banget. Jujur gak kepikiran kalo bakalan sedeket ini sama anak-anak NXZ dalam kurun waktu cuma sekitar satu setengah bulan. Tapi aku bersyukur karena udah nambah sodara dan moga nambah rejeki, siapa tw rejeki pendamping hdup. #ehh
Ketemu temen-temen baru dari berbagai jurusan juga bikin sudut pandang kami sedikit berubah, bahwa harusnya gak ada ilmu mendominasi satu sama lain. kata orang, siapa yang cuma menguasai ilmu sains tanpa punya bekal ilmu sosial maka semua hasil kerjanya hanya berakhir di laboratorium dan gak bisa di aplikasikan di masyarakat, paling banter sampe rak-rak buku yang ada diperpustakaan. Pun ketika orang sosial yang gak punya bekal dasar-dasar sains maka dia cuma bakal jadi orang-orang yang bisa berkoar-koar tanpa ada aksi nyata walau secuil.
Nambongan Center @TABO
Temen-temen PPL NXZ 2013 bener-bener luar biasa. Pak kepala suku yaitu Agus yang bener-bener sabar ngadepin orang-orang kaya aku dan beberapa temen yang ndugal dan semua temen lain yang punya karakter masing-masing dan unik memperkaya sudut pandang aku untuk membaca cara berpikir masing-masing orang. Dengan segala kelelahan selama KKN baik disekolah maupun dimasyarakat, aku ngucapin banyak terimaksih buat orang-orang luar biasa, agus,septi, winda, afif, gusnandar, ikfan dengan segala kebanyolannnya, mba sessa, anda, umam, mba mentari, anung n mba uus makasih dah banyak membantu. Tata, mira, angga, rulli, sarah, monika.. kalian kereen,, dalam beberapa hal aku pengen jadi seperti kalian.
Buberr kitaaa…
Dan yang penting buat guru pembimbing, Bu NIng, makasih dah mau dampingin aku yang lelet ini kalo dikasih tugas sama ibu. buat anak-anak IPA 1, sinta, bama, anayya, sela dkk. makasih dah dikasih kesempatan ngajar dikelas kalian. buat IPA 2 dan IPA 4, puput, aulia, hera, elang, wahyu, irma, vira, rista, ifa, vidya, zahro, yudha, makasih.. kalian bener-bener keren..
Kesempatan ada disekolah ini selama hampir tiga bulan gak bakal aku lupain.. sampai ketemu di puncak kesusksesan kita masing-masing. I Love my Chemistry Students.
Wassalam..
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Memory in Nexaz