Augmented Reality,  Kimia,  Riset

Media Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality

gambar :Vi_ONE Imaginality
RINGKASAN
Tujuan penulisan gagasan ini yaitu menghasilkan sebuah buku kimia pendukung belajar mandiri bagi para siswa dalam mempelajari materi kimia yang berkaitan dengan visualisasi struktur senyawa kimia dalam bentuk tiga dimensi (3D). Hal ini berkaitan dengan rendahnya mutu proses belajar mengajar pada sistem pendidikan di Indonesia ditinjau dari segi proses karena keterbatasan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran kimia (Sadiman, 2007).

AR-CHEMIST Book merupakan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality. Augmented Reality (AR), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata . pengembangan media ini akan memasukan teknologi AR kedalam sebuah AR-CHEMIST Book. Buku kimia dengan visualisasi berbasis AR ini memerlukan video streaming yang diambil dari kamera sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker  (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker  dideteksi, model struktur kimia yang digambar diatas marker  seolah-olah model tersebut nyata. Untuk membuat model struktur senyawa kimia, model harus dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan perangkat lunak untuk membuat objek 3D, dalam kasus ini dapat menggunakan 3D MAX sebagai software khusus struktur senyawa kimia 3D, kemudian diubah formatnya menjadi format yang didukung oleh aplikasi pembuat AR yaitu BuildAR. Sebagai ujicoba gagasan digunakan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan webcam Logitech 5 MP, menggunakan beberapa jenis marker objek 3D lain. Dengan bantuan AR, visualisasi pembelajaran kimia dapat dibuat menjadi lebih menarik dan interaktif.

Metode dalam penulisan ini dimulai dengan mengamati dan menganalisis permasalahan, mengumpulkan dan mempelajari informasi-informasi dari berbagai sumber, mengolah dan menganalisis permasalahan berdasarkan data dan informasi serta telaah pustaka yang telah diperoleh, mengambil kesimpulan. Pembuatan  AR-CHEMIST berbasis augmented reality memiliki langkah-langkah yaitu tahap desain model yang meliputi arsitektur, proses pembuatan aplikasi (input database) dan pengaturan tampilan atau interface. Selanjutnya yaitu tahap pengujian yang meliputi ujicoba terhadap database  aplikasi dan hardware pendukung dan ujicoba terhadap buku kimia AR-CHEMIST.


Kesimpulan gagasan tertulis ini yaitu akan memberikan manfaat antara lain menghasilkan suatu media pembelajaran yang mudah, menyenangkan dan tingkat interaktifitas yang tinggi. Sebagai langkah dari proses integrasi antara sains dengan kemajuan teknologi (IPTEK).  Selain itu, melalui buku ini diharapkan dapat memberikan dampak berupa  siswa menjadi terbantu dengan adanya media pembelajaran AR-CHEMIST Book dalam visualisasi senyawa kimia dalam bentuk 3D.

Kata Kunci : AR-CHEMIST Book, Media Pembelajaran, Augmented Reality, senyawa 3D

Download Full Text

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *