TPA Al Ikhlas

Tentang Sholawat

Bismillah..

jadi tuh ceritanya kemarin waktu selesai TPA anak-anak minta diajarin sholawatan untuk pertemuan selanjutnya. dulu pas gw kecil dulu, sholawatan yang diajarin dan hapal ampe ngelotok tu ya macem sholawat badr dan lain-lain. nah makin kesini makin tau bahwa ada beberapa sholawat yang masih jadi perselisihan diantara ulama bahwa ada beberapa pendapat yang menyebutkan dibeberapa lafazh sholawat ada bagian-bagian yang mengandung kesyirikan. sholawat badr salah satunya. alasannya karena hakikatnya kita bersholawat itu meminta syafaat bukan kepada nabi muhammad, melainkan melalui nabi muhammad yang diberikan atas izin aLloh. CMIIW.
well.. besoknya guugling, dan dapet beberapa bacaan sholawat-sholawat shahih yang ternyata udah sering dibaca pas solat dan familiar banget. So, akhirnya aku ngajarin itu dulu sama mereka, dan mereka sepertinya gak puas karena yang mereka mau sepertinya sholawat yang bisa dilaguin. macem sholawat habib syeh sepertinya (batinku waktu itu dan ternyata firasatku bener diakhir pertemuan). menjelang sholat isya’, sambil nunggu iqomat dua orang “ustadzah” TPA yang tadi ikutan ngajar tiba-tiba buka hijab dan bilang ke gw, “mas, mbok besok ganti sholawatannya jangan yang itu, awal-awal sih enak, tapi kok keri-keri jadi ngebosenin.” kata mereka. hmm.. iya juga sih.. mentalnya anak-anak (berasa gede) emang belajarnya kudu sambil maen minimal ada nyanyinya. “kalo besok kita sholawatan habib syeh aja ya mas” kata salah satu ustadzah tnap raut bercanda. “iya mas, besok-besok itu aja ya” nyaut bocah TPA dibelakangnya.”

gw.??

senyum. cuma bisa bilang insyaaLloh. bukannya apa-apa, karena emang gw bukan salah satu penggemar habib syeh juga sih. lagian gak ada satupun lirik dari sholawat-sholawat habib syeh yang gw hapal, jadi mau ngajarin apa coba? ha.haaa …
so, untuk yang ini gw mutusin untuk dipending dulu sambil nunggu beberapa pencerahan. jujur nih gw rada takut juga sih, masalahnya kalo kita ngajar satu kesalahan dan kesalahan itu diterusin ke-anak cucunya, gak kebayang juga kan dosa-dosanya beranak pinak. tapi, sepertinya gw bakal belajar sholawatnya habib syeh deh, demi pendekatan sama anak-juga deh, masalahnya hampir sebagian besar  termasuk orang-orang NU, jadi adat plus kultur NU-nya ‘kaya itu’ dan ‘itu’ nya masih tu kuat banget. Maklum aye gede dilingkungan muhammadiyah jadi benturan pemikiran itu sering banget terjadi. tapi sejak pindah kejogja yang ditempatku mayoritas orang NU, aku belajar sedkiti lebih terbuka untuk gak langsung membenturkan pemikiran-pemikiran yang ada dikepala gw ke masyarakat sini apalagi ke anak-anak TPA yang belum harusnya di doktrin perbedaan-perbedaan yang bisa menceraikan. 
Tapi ada yang unik disini. didusunku. mayoritas emang orang NU, tapi secara firqoh majemuk banget, bayangin dalam satu dusun yang yaa gak gede-gede amat, kita punya 2 masjid dan 2 muhsola, 2 masjid  NU, 1 mushola Muhammdiyah, dan 1 mushola LDII.
Waiitt..?? LDII..??

Yapp, dusun kami boleh dibilang basisnya LDII didesa ini, bahkan tingkat kecamatan mungkin. dan yang gw sayangin banget tu, karna keterbatasan gw yg ngelola TPA sehingga kekurangan pengajar, beberapa santri yang punya minat ngaji tinggi akhirnya juga ngaji di langgar LDII. hmm.. prihatin sihh,, tapi gw justru terlecut dari situ bahwa mereka yang udah ngaji dilanggarnya LDII, harus masih ngaji juga di TPA tempat gw supaya bisa terpantau.

well,, demi pendekatan yang gak frontal baik ke anak, maupun ke orang tua nya si anak, sepertinya penyampaian akidah dan tauhid harus dengan cara yang lunak dan gak langsung membenturkan pemikiran kita yang penuh dallil scientific dengan metode sebagian masyarakat disini yang masih berpikir dengan metode taklid tanpa crosschek dengan sumebr-sumber yang lain.
bukankah ketika hati terluka, kebenaran disampaikan justru bisa jadi bagai garam yang dituang kedalam luka yang menganga. bahkan esesni dari kebenaran tersebut bisa jadi langsung ditiup akibat luka yang diperoleh sebelumnya.
disini gw belajar tantang hadits, “sampaikanlah kebenaran walaupun itu pahit.” menyampaikan yang benar bukan dengan cara serampangan, tapi menyampaikan sesuatu yang benar juga dengan cara benar.

Salam.

nb : dibuka lowongan ngajar TPA..ha.haa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *