Pendidikan

Tulisan : Kurikulum 2013 (SD)

Bismillah
Sabtu 8 Desember 2012

Kayaknya slogan ganti menteri ganti kurikulum bukan sekedar pepesan kosong. walaupun banyak pihak yang menolak statement itu, tapi faktanya bisa kita lihat dari masing-masing pergantian kurikulum. bahkan salah satu praktisi pendidikan di acara “To The Point” Metro TV kemarin, dia bilang kalo pergantian kurikulum bukan merupakan kebijakan akademik melainkan kebijakan politis. Bener atau gak kita cuma bisa berharap (karna udah ketok palu pergantian kurikulum), perubahan kurikulum yang kali ini lebih signifikan pada jenjang SD, akan kita tuai hasilnya suatu saat nanti.
Mapel IPA dan IPS yang dilebur jadi satu kedalam mapel bahasa Indonesia sepertinya bener-bener bakalan guru SD sempoyongan pas ngajar bahasa Indonesia. mapel yang sebelumnya isinya mendikte, bercerita, mendengarkan dan lain-lain, bakal ditambah unsur-unsur yang berkaitan dengan Pengetahuan Alam dan Pengetahuan Sosial.

Salah satu contoh yang saya ambil dari Draft Final Kurikulum 2013 untuk SD yaitu pada kompetensi inti :

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Nah dari Kompetensi inti itu ada beberapa usulan tentang kompetensi dasarnya;

  1. Menjelaskan secara lisan bagan, gambar tentang daur hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dengan bahasa yang runtu
  2. Mengidentifikasi dan menjelaskan secara lisan berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menjelaskan secara lisan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan menuliskan saran pemecahan dalam beberapa kalimat  
  4. Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan dan menang gapinya secara tertulis dengan kalimat [(”Seandainya saya _____, saya akan _______.”) sebagai seseorang yang berprofesi tertentu]
  5. Menuliskan pesan singkat kepada teman-teman
  6. Mengamati daur hidup hewan (kupu-kupu, katak, capung, belalang) dan melaporkan hasil pengamatan secara tertulis dalam bentuk uraian, bagan, gambar
  7. Mengidentifikasi berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan menjelaskan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari secara lisan dan tulis

#nah lohh… siapkah guru-guru maupun calon guru SD saat ini dengan perubahan besar seperti itu?
Selain ada pergantian kurikulum pada tahun pelajaran yang akan datang, agaknya kampus-kampus LPTK di Indonesia kudu berbenah. Menyiapkan lulusan-lulusan PGSD yang mampu beradaptasi dengan pergantian kurikulum yang baru ini

Download draft lengkap Kurikulum 2013 untuk SD klik disini

Download draft-kurikulum-2013-per-tgl-13-november-2012-pukul-14 (format ppt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *