LKS Eksperimen Sumber Daya Laut
PENGEMBANGAN EKSPERIMEN KIMIA DI SMA BERBASIS SUMBER DAYA LAUT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBANGUNAN DAERAH BERKELANJUTAN
RINGKASAN
Oleh : M.Hizbul Wathon / Fifit Astuti
Indonesia mempunyai hamparan laut yang luas yang mengandung sumber daya laut yang memiliki keragaman, baik sumber daya hayati maupun sumber daya lainnya. Namun sampai saat ini pemanfaatan sumber daya laut yang banyak dan mengandung banyak potensi itu belum optimal. Berdasarkan catatan Departemen Perindustrian dan Perdagangan, dalam satu tahun Indonesia mengimpor 900.000 ton garam (majarimagazine, 1 April 2010). Tujuan dari karya tulis ini ialah memaparkan proses pengembangan eksperimen kimia SMA berbasis sumber daya laut sebagai upaya peningkatan pembangunan daerah berkelanjutan dan memaparkan keefektifan eksperimen kimia SMA berbasis sumber daya laut sebagai upaya peningkatan pembangunan daerah berkelanjutan.
Penulisan diawali dengan mengangkat masalah yang sering terjadi di masyarakat dan pembelajaran kimia kemudian dibuat rumusan masalah yang diidentifikasi dengan teori dan jurnal yang berkaitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data dari berbagai sumber yaitu artikel di internet maupun jurnal dan buku literatur yang mendukung. Pengolahan data menggunakan analisis data kualitatif yaitu mendiskripsikan fenomena, mengklasifikasikannya, dan melihat bagimana konsep-konsep itu berkaitan.
Eksperimen kimia SMA berbasis sumber daya laut direncanakan secara matang dengan menggali sumber daya laut yang dimiliki oleh daerah sekitar kemudian mengembangkan eksperimen kimia berbasis sumber daya laut menjadi sebuah model pembelajaran yang baru.
Eksperimen ini dilaksanakan setiap 2 minggu sekali yang dalam pelaksanaannya peserta didik mendapat bimbingan dari guru kimia. Penilaian yang digunakan yaitu penilaian diri (self assessment), sejawat (peer assessment) dan guru (teacher assessment).
Pengembangkan eksperimen kimia SMA berbasis sumber daya laut sebagai upaya peningkatan pembangunan daerah berkelanjutan terbagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Proses pembelajaran ini sangat efektif untuk meningkatkan karakter peserta didik yang intelektual dan professional, membekali kecakapan hidup (life skills) peserta didik untuk hidup bermasyarakat, dan dapat melestarikan dan mengoptimalkan sumber daya laut
Key Word : Eksperimen Kimia Berbasis Sumber Daya Laut, Life Skill, Pembangunan Berkelanjutan