IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI SENTOLO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TO IMPROVE LEARNING ACTIVITY OF XI MIA 2 GRADE SENTOLO SENIOR HIGH SCHOOL YEAR OF 2017/2018
Oleh: Hana Nuraeni1,a), Antonius Sugiyo2), Regina Tutik Padmaningrum3)
1) Pendidikan Profesi Guru SM3T V, Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta
2) SMA Negeri Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta
3) Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta
e-mail : 1a)Hananuraeni@uny.ac.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas siswa pada materi Laju reaksi bagi siswa kelas XI MIA 2 semester gasal SMA Negeri Sentolo tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran PjBL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri Sentolo Tahun Pelajaran 2017/2018. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Project Based Learning (PjBL) pada materi laju reaksi kelas XI MIA 2 SMA Negeri Sentolo tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 77,42% pada siklus I menjadi 93,65% pada siklus II.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas, project based learning (PjBL), laju reaksi, aktivitas belajar
Abstract
The purpose of this research is to raise up learning activity of student on rate reaction on students of grade XI MIA 2 Sentolo Senior High School 2017/2018 using assemble Project Based Learning model. This research is a classroom action research (CAR). The research was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Subjects were students of grade XI MIA 2 Sentolo Senior High School 2017/2018. Data sources comes from teacher and students. Data collection techniques was trough observation, interview cycle test 1 and 2, also questionaire test. Data analysis was performed using descriptive qualitative techniques. The results showed that application of Project Based Learning (PjBL) model on rate reaction on students of grade XI MIA 2 Sentolo Senior High School 2017/2018 raised up student learning activity 77,42% in the first cycle increase to 93,65% in the second cycle.