Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Kimia di SMA N 1 Wates untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Kimia di SMA N 1 Wates untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3
Fitri Wahyuning1, Sugeng2, dan Erfan Priyambodo3
1Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karang malang, Yogyakarta
2SMA Negeri 1 Wates. Jl. Terbahsari No. 1, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
3Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karang malang, Yogyakarta
email:erfan@uny.ac.id
Abstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran kimia di SMA N 1 Wates dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi dan motivasi belajar siswa Kelas XI MIA 3. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa dan motivasi belajar siswa. Persentase peningkatan observasi keterampilan berargumentasi pada siklus II aspek claim terjadi peningkatan sebesar 12,02 % dari siklus I dan evidence terjadi peningkatan sebesar 12,74 %, sedangkan untuk aspek reason dikategorikan sedang meskipun sudah terjadi peningkatan 29,57%. Persentase peningkatan pada siklus III terjadi sebesar 15,63% pada aspek claim, sebesar 12,74% aspek evidence dan reason terjadi peningkatan sebesar 18,7%. Persentase minat siswa, semangat siswa, tanggung jawab siswa, respon terhadap stimulus, serta rasa senang dan puas secara berturut-turut mengalami persentase peningkatan sebesar 9,81%, 6,34%, 6,73%, 6,73%, dan 5,71%.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas, think pair share, motivasi belajar siswa
The Application of Think Pair Share (TPS) Learning Model on Chemistry Learning
at SMA N 1 Wates to Incrase Student’s Argumentation and Motivation Skills
of Class XI MIA 3
Fitri Wahyuning1, Sugeng2, dan Erfan Priyambodo3
1Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karang malang, Yogyakarta
2SMA Negeri 1 Wates. Jl. Terbahsari No. 1, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
3Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karang malang, Yogyakarta
email:erfan@uny.ac.id
Abstract
The purpose of this classroom action research is to to incrase the student’s argumentation and motivation skills of class XI MIA 3 SMA N 1 Wates through the application of Think Pair Share learning model.
This research is a classroom action research (PTK). The study was conducted in three cycles, and each cycle was consisted of planning, action, observation, and reflection. The results showed that the application of Think Pair Share (TPS) model can incrase students’ argumentation skill and student’s learning motivation. Based on the observation result, student’s argumentation skill on the claim aspect in the second cycle had incrased 12,02% higher than the first cycle, and evidence aspect had incrased 12,74%, while the reason aspect had increased 29,57%, but it was categorized as medium. The percentage’s of student’s interest, spirit, responbility, response to stimulus, pleasure, and satisfaction with the task given had increased respectively 9,81%, 6,34%, 6,73%, and 5,71%.
Key word: classroom action research, think pair share, motivation skills