PTK

Penerapan Model Pembelajaran Gallery of Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa

Penerapan Model Pembelajaran Gallery of Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa
Emi liawati1, Sunarni2 dan Sugiyarto3
1Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Yogyakarta
2SMA Negeri 1 Sedayu, Bantul, Yogyakarta
3Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Email:liawatiemi93.2016@student.uny.ac.id
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa kelas X semester ganjil SMA N 1 Sedayu dengan menggunakan model pembelajaran gallery of learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IA 4 SMA N 1 Sedayu tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, angket dan kajian dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes untuk mengukur pemahaman konsep dan non tes yang meliputi pengamatan, observasi, dan angket untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen pembelajaran dan instrumen penilaian. Instrumen pembelajaran meliputi silabus dan RPP. Instrumen penilaian meliputi tes objektif dilengkapi metode CRI, angket. lembar observasi, dan wawancara jika diperlukan.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran gallery of learning dapat meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa kelas X MIA 4 SMA N 1 Sedayu pada materi sistem periodik unsur. Pada siklus I persentase sikap ilmiah siswa yang tuntas adalah 73,08% dan meningkat menjadi 84,62% pada siklus II. Untuk aspek pemahaman konsep, pada siklus I siswa yang paham konsep sebanyak 69,23% dan meningkat menjadi 80,77% pada siklus II.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, gallery of learning, sikap ilmiah, pemahaman konsep siswa

Implementation Gallery Of Learning to Improve Scientific Attitude and Student Understanding of Concepts
Emi liawati1, Sunarni2 dan Sugiyarto3
Abstract
The aims of the research were to improve of student scientific attitude and student understanding of concepts class X odd semester SMA Negeri 1 Sedayu applying Gallery of learning. This research was a classroom action research. This study was conducted in two cycles, which each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were the students of class X IA 4 SMA Negeri 1 Sedayu academic year 2017/2018. The data were obtained by observation and reflection. The subjects of this study were the students of class X IA 4 SMA Negeri 1 Sedayu academic year 2017/2018 which amount to 26 student. The data were obtained by observation, interview, test, questionnaire and documentation. Data collection technique used are with test to measure understanding of concept and non test to measure student’s scientific attitude. Instrument used in this research are learning instrument dan assesment instrument. Learning instrument includes syllabus and RPP. The assessment instrument include objective test with CRI method, questionnaire, observation, and interview if necessary. The data were analyzed using technique of qualitative descriptive analysis. The research results shown that the application of Gallery of learning learning could improve scientific attitude and student understanding of concepts of class X IA 4 SMA Negeri 1 Sedayu in the periodic system of elements. In cycle I, percentage scientific attitude with percentage in high category is 73,08 % and become to 84,62 % in cycle II. Student understanding of concepts was increase from 69,23 % in cycle I become to 80,77 % in cycle II.

Keywords: classroom action research, gallery of learning, student achievement, student understanding of concepts

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *