Penerapan Teknik Talking Chips dalam Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIA SMA N 2 Bantul
Penerapan Teknik Talking Chips dalam Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIA SMA N 2 Bantul
Erna Yustin Meitantiwi1, Endang Nalowati2, Eli Rohaeti3*,
1 Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia.
2 SMA Negeri 2 Bantul, Yogyakarta, Indonesia.
3 Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia.
* E-mail: eli_rohaeti@uny.ac.id, Telp: 082220953934
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas X MIA SMA N 2 Bantul melalui penerapan teknik talking chips dalam model pembelajaran guided discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2017/ 2018 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, serta angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik talking chips dalam model pembelajaran guided discovery learning kelas X MIA SMA Negeri 2
Bantul dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa. Aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan yaitu dari 53,88% pada prasiklus, meningkat menjadi 72,47% pada siklus I
kemudian meningkat menjadi 85,46% pada siklus II. Pemahaman konsep siswa dilihat dari hasil tes siswa yang mengalami peningkatan dari prasiklus yaitu 40% meningkat menjadi 56,67% pada siklus I
kemudian meningkat menjadi 76,67% pada siklus II.
Kata Kunci: aktivitas belajar, guided discovery learning, pemahaman konsep, talking chips.
THE IMPLEMENTATION OF TALKING CHIPS TECHNIQUE IN THE GUIDED DISCOVERY LEARNING MODEL TO IMPROVE THE STUDENTS LEARNING ACTIVITIES AND CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF X MIA CLASS AT SMA N 2 BANTUL
Abstract
This research aims to improve the students learning activities and conceptual understanding of X MIA class at SMA N 2 Bantul through implementation of talking chips technique in the guided discovery learning model. This research is a classroom action research which conducted in two cycles. Every cycle consist of planning, action, observation, and reflection. The subject of this research were students of X MIA 4 class at SMA N 2 Bantul academic year 2017/2018, consists of 30 students. Data collected through observation, interview, test, also questionnaire test. Data analysis was using descriptive qualitative. The result of this research showed that implementation of talking chips technique in the guided discovery learning model of X MIA class at SMA N 2 Bantul improved learning activities and conceptual understanding of students. The improvement of learning activities can be seen from the increasing of the percentage in the pracycle was 53.88% increased to 72.47% in the cycle I then increased to 85.46% in the cycle II. The conceptual understanding of students can be seen from the result test that increasing of percentage in pracycle was 40% increased to 56.67% in the cycle I and increased to 76.67% in the cycle II.
Keywords: conceptual understanding, guided discovery learning, learning activities, talking chips