PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
BERPIKIR TINGKAT TINGGI
Arif Hidayat1*, I Made Sukarna2, Wigati Rahayu3.
1Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karangmalang. Yogyakarta, Indonesia
2 Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karangmalang. Yogyakarta, Indonesia
2SMA Negeri 1 Bantul, Jl. Kha Wakhid Hasyim. Yogyakarta, Indonesia
*aiszieis@gmail.com
Received:
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik melalui penerapan model PBL pada materi termokimia di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada Kemmis and Mc. Taggart`s (2005) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 yang terdiri dari 30 peserta didik (18 wanita dan 12 laki-laki). Data penelitian diperleh dari tes esai kemampuan berpikir tingkat tinggi, lembar observasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi termokimia dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik meliputi aspek menganalisis (C4) (C4), mengevaluasi (C5) (C5), dan mencipta (C6) (C6) sebesar ≥23% dari based line di akhir siklus penelitian.
Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, problem based learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi
THE APPLICATION OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TO IMPROVE HIGHER ORDER THINKING SKILLS
Abstract
This research aimed to improve the higher order thinking skills of students by applying PBL model in Thermochemistry for grade XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bantul in the school year of 2017/2018. This study was classroom action research were developed by Kemmis and Mc.Taggart’s (2005) conducted in 2 cycles. Each cycle consisting of 4 stages: planning, acting, observing, and reflecting. Subject of research was grade XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bantul consisting of 30 students (18 female and 12 male students). Data of research was obtained using essay test on the higher order thinking skills, observation sheet of higher order thinking skills and documentation. Data analysis was carried out using descriptive analysis technique. The result of research showed that the application of PBL model in thermochemistry could improve student`s higher order thinking skills including analyzing (C4), evaluating (C5), and creating (C6) aspects as big as ≥23% from based line to the end of research cycle.
Keyword : classroom action research, problem based learning, higher order thinking skills
How to Cite: Hidayat, Arif., Sukarna, I Made., & Rahayu, Wigati. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.