PTK

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA
Anis Setyaningsih1*, Nurbani Sofiana DL2, dan Rr. Lis Permana Sari3
1PPG Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
2SMA Negeri 2 Yogyakarta, Indonesia
3Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
*Korespondensi Penulis: anis.setyaningsih@ymail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran kimia materi sistem periodik unsur dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X PMIIA 5

SMA Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan memecahkan masalah dan non tes (angket aktivitas belajar dan observasi). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 76,78% pada siklus I menjadi 81,78% pada siklus II. Melalui pembelajaran yang sama, kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran kimia juga mengalami peningkatan. Pada kemampuan memecahkan masalah meningkat dari 68,75% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan
Memecahkan Masalah

IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING TYPE TWO STAY TWO STRAY TO IMPROVE STUDENT LEARNING ACTIVITY AND ABILITY OF PROBLEM SOLVING IN CHEMISTRY LEARNING CLASS X SMA
Abstract
The research aim’s to improve student learning activity and ability of problem solving in chemirstry learning material periodic system of element using cooperative learning type Two Stay Two Stray. This research is a Classroom Action Research consist of two cycle, with each cycle concist of planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were the student of Class X science of SMA Negeri 2 Yogyakarta, amount to 32 students. The data source from teachers and students. Data collection were obtained throught problem solving test and nontest (questionnaire and observation). The data were analyzed using technique of qualitative descriptive analysis. The research’s results showed that cooperative learning type Two Stay Two Stray can improve activity of student learning from 76,78% in cycle I to 81,78% in cycle II. Throught the same learning, ability of problem solving on chemistry learning outcomes progress from 68,75% in the cycle I increased to
87,50% in the cycle II.
Keywords: Cooperative Learning type Two Stay Two Stray, student activity learning, ability of problem solving.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *