PTK

Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Investigasi Siswa

Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Investigasi Siswa pada Mata Pelajaran Kimia
Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Sleman Tahun Pelajaran 2017/2018

Ahmad Ary Anggara1*, Sukisman Purtadi2 dan Ida Riyanti3
1Universitas Negeri Yogyakarta, Jalan Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia
2 Universitas Negeri Yogyakarta, Jalan Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia
3SMA Negeri 1 Sleman, Sleman, Jalan Magelang km 14, Seman, Yogyakarta, Indonesia
Keperluan korespondensi, HP: 082137287726, e-mail: ahmadary2928@yahoo.co.id
Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan investigasi siswa pada mata pelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Sleman tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Sleman tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 30 orang. Objek yang diteliti adalah kemampuan investigasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, lembar kerja siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan investigasi siswa pada mata pelajaran kimia. target keberhasilan penelitian ini adalah 75%. Peningkatan kemampuan investigasi dapat dilihat dari kenaikan persentase siklus I sebesar 72,84% menjadi 83,07% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran model guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan investigasi siswa pada mata pelajaran kimia di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Sleman tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: PTK, Guided Discovery Learning, kemampuan investigasi

Implementation of Guided Discovery Learning Model to Improve Student Investigation Ability in Chemistry Subject of XI Mathematics and Science 3 Class SMA Negeri 1 Sleman in Academic Year 2017/2018
Abstract
The purpose of the research is to increase student’s investigation ability in chemistry subject through implementation of guided discovery learning model to students of XI MIA3 SMA Negeri 1 Sleman in academic year 2017/2018. This is a classroom action research which is held in two cycles. The implementation phase of the cycle, consist of planning, acting, observing, and reflecting. The research subject is the student of class XI Mathematics and Science 3 of SMA Negeri 1 Sleman in academic year 2017/2018. The object of the research is investigation ability. Data collection techniques in this research is through observation, student worksheets and interviews. The research’s results show that guided discovery learning model can improve the investigation ability in chemistry subject. the target of this research success is 75%. The increase of investigation ability can be seen from the percentage increase of cycle I of 72.84% to 83.07% in cycle II. The conclusion of the research is guided discovery learning model can improve the investigation ability in chemistry subject at XI Mathematics and Science 3 class of SMA Negeri 1 Sleman in academic year 2017/2018.

Key Word : classroom action research, guided discovery learning, investigation ability

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *