PTK

Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kerjasama Siswa

Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kerjasama Siswa 
Rudi Hartono1*, Antuni Wiyarsi2 dan Ngasriyati3
1 Jurusan Pend. Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta
2 Jurusan Pend. Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta
3 SMA Negeri 1 Seyegan,
Email: ruudy07@gmail.com Telp: 085348150142
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament. (2) meningkatkan kerjasama siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat tahap persiapan, lalu dilanjutkan tahap pelaksanaan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Seyegan tahun pelajaran 2017/2018. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah (1) model pembelajaran Team Game Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Pada siklus I diperoleh hasil motivasi belajar siswa adalah 72,22% dan siklus II adalah 81,26%. (2) model pembelajaran Team Game Tournament . Pada siklus I diperoleh data hasil kerjasama siswa adalah 69,25%. Pada siklus II adalah 87,27%.



Kata kunci: Team Game Tournament, motivasi, kerjasama

Application Of Team Game Tournament Learning Model To Increase Learning Motivation And Student Cooperation

The purpose of this research is to (1) improve students’ learning motivation through the implementation of learning model Team Game Tournament. (2) improving student cooperation through application of Team Game Tournament learning model. This study is a classroom action research conducted in two cycles. At each cycle there is a preparatory stage, followed by an implementation stage consisting of planning, implementation, observation, evaluation, and reflection. The subjects of the study were the students of X MIPA 2 SMA Negeri 1 Seyegan academic year 2017/2018. Data obtained through interviews, observation, tests,and questionnaires. Analysis technique used is qualitative descriptive analysis. The results of the research conducted are (1) Teams Game Tournament can improve students’ learning motivation. Student’s learning motivation increase from 72,22% in the first cycle to 81,26 in the second cycle. (2) Team Game Tournament can improve student cooperation, from 69,25% in the first cycle increase to 87.27% in the second cycle

Keywords: Team Game Tournament, motivation, cooperation

How to Cite: Hartono, R., Wiyarsi, H & Ngasriyati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *