PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA
MATERI TERMOKIMIA KELAS XI
SEMESTER 1 SMAN 1 SEDAYU
Rini Sulistyowati1, Sunarni2, K.H Sugiyarto3
1PPG Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
2SMA Negeri 1 Sedayu, Idonesia
3Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
*Korespondensi Penulis:rini.sulistya.rs@gmail.com
Abstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi pokok termokimia dengan menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI A2 yang SMA Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran 2017/2018. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, lembar kerja siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) disertai lembar kerja siswa dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Presentase dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dilihat dari presentase jumlah siswa yang tuntas. Presentase pada indikator keterampilan mengamati meningkat sebesar 14,81% siswa, indikator keterampilan menggunakan alat dan bahan meningkat sebesar 18,52% siswa, indikator keterampilan menerapkan konsep meningkat 40,84% siswa, indikator keterampilan komunikasi meningkat 22,22% siswa, dan indikator keterampilan mengelompokkan meningkat sebesar 7,41% siswa. Skor rata–rata keseluruhan dilihat dari presentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 73,33% yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai ketuntasan dengan target 70%. Skor rata-rata keseluruhan dilihat dari persentase keterampilan proses sains sebesar 75,56% yang dapat dikategorikan baik di siklus II.
Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, prediction observation and explanation, lembar kerja siswa, keterampilan proses sains
THE APPLICATION OF ‘PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION (POE)’ LEARNING MODEL FOR IMPROVING STUDENTS’ SCIENCE
PROCESS SKILLS TOWARD THERMOCHEMISTRY MATERIALS
IN CLASS XI FIRTS SEMESTER SMAN 1 SEDAYU
Abstract
The aims of the research is to improve the student science prosess skill in thermochemistry materials by applying Prediction, Observation, and Explanation (POE) learning model. The research was a classroom action reasearch. It was conducted in two cycles, each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the study were the students of class XI A2 SMA N 1 Sedayu, in academic years of 2017/2018. The data sources from teacher and student. The instrument of data collection were obtained by observation, student worksheet, and documentation. The data analysis technique were analyzed using descriptive-qualitative technique. The research result showed that the application of Prediction, Observation and Explanation (POE) learning model followed by student worksheet could improve the students’ science prosess skill. The percentage from cycle I to the cycle II increased. It was seen from the total number of the students who had passed the lessons. The average score 73,33% that was seen from the skill process percentage showed that most the students finished the target 70%. The average score seen from the percentage of science process skills of 75.56% which can be categorized “good” in cycle II
Key Words: classroom action research, prediction observation and explanation, student worksheet, science prosess skill