PTK

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Interaksi Sosial Siswa

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Interaksi Sosial Siswa
Fajar Sanubari 1*, Heru Pratomo Al 2, dan Eny Triastuti 3
1 Jurusan Pend. Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta
2 Jurusan Pend. Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta
3 SMA Negeri 1 Yogyakarta
*Email: fajarsanubari@gmail.com, Telp: 082138844176
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kemampuan analisis siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. (2) meningkatkan interaksi sosial siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian adalah (1) model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan analisis siswa adalah 70,6%., sedangkan pada silus II adalah 75,2%. (2) model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Pada siklus I nilai interaksi sosial siswa yang dihitung dari rata-rata nilai angket dan observasi adalah 74,9%, sedangkan pada siklus II adalah 77,9%. 

Kata kunci: project based learning, kemampuan analisis, interaksi sosial

Application of Project Based Learning Model to Improve Students Analytical Skills and Social Interaction

Abstract
The purpose of this research is to (1) improve students’ analytical skill through of Project Based Learning model. (2) improve student’s social interaction through of Project Based Learning model. This research is a Classroom Action Research conducted in two cycles. The subjects of the study are the students of class X MIPA 6 SMA Negeri 1 Yogyakarta in academic year 2017/2018. Data obtained through interviews, observation, tests, questionnaires and documentation. Data analysis technique used is qualitative descriptive analysis. The result of this research is (1) Project Based Learning model can improve student’s analytical skill. In the first cycle the average value of students’ analytical skill is 70.6%. ,while in the second cycle is 75.2%. (2) Project Based Learning model of learning can improve students’ social interaction. In the first cycle the value of students’ social interaction is calculated from the average questionnaire value and observation is 74.9%, while in the second cycle is 77.9%.

Keywords: project based learning, analytical skills, social interaction

How to Cite: Sanubari, F., Pratomo, H & Triastuti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *