PTK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
KELAS XI SMA NEGERI 1 WATES
TAHUN AJARAN 2017-2018
Dhini Andriyani1,a), Sugeng2, Erfan Priyambodo 3
1PPG SM-3T Jurusan Pend Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta
2 SMA Negeri 1 Wates
3 Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
a)email : dhiniandriyani.2016@student.uny.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wates tahun ajaran 2017-2018 pada pembelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklusnya terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan kajian dokumen. Penelitan ini menggunakan teknik analisis data deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis pada aspek 1) memfokuskan pertanyaan mengalami peningkatan dari 1,82 menjadi 2,23 dan 2,68 pada siklus III; 2) menganalisis argumen mengalami peningkatan dari 2,36 menjadi 2,41 dan 2,86 pada siklus III; 3) Mengobservasi dan mempertimbangkan laporan hasil observasi mengalami peningkatan 1,95 menjadi 2,73 dan 2,77 pada siklus III; 4) Membuat dan menentukan hasil pertimbangan mengalami peningkatan 1,64 menjadi 2,36 dan 3 pada siklus III; 5) memberikan penjelasan lanjut mengalami peningkatan dari 3,09 menjadi 3,45 dan 3,5 pada siklus III; 6) Menentukan suatu tindakan mengalami peningkatan dari 2,32 menjadi 2,82 dan 3,36 pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wates tahun pelajaran 2017-2018. 

Kata Kunci : Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

APLICATION OF LEARNING DISCOVERY LEARNING MODEL ON
CHEMISTRY LEARNING TO IMPROVE CRITICAL THINGKING SKILL
CLASS XI SMA NEGERI 1 WATES IN ACADEMIC YEAR 2017-2018

Abstract
The aims of this research were improve students’ critical thinking skills in class XI SMA Negeri 1 Wates on academic year 2017-2018 on chemistry learning through application of learning Discovery Learning model. This research was a classroom action research which was held in three cycles. That each cycle consist of four steps, there were, planning, acting, observing and evaluating, and reflecting. The data was obtained by interviewing, observing and document investigation. This data were analyzed using technique of qualitative descriptive data. The results of this research showed that the application of learning Discovery Learning model could improve students’ critical thinking skill. Critical thinking skill in aspect 1) focusing the question has increased from the value of 1.82 in cycle I to 2.23 in cycle II and 2.68 in cycle III; 2) analyzing the argument has increased from 2.36 in cycle I to 2.41 in cycle II and 2.86 in cycle III; 3) Observing and considering observation report has increased from 1.95 in cycle I to 2.73 in cycle II and 2.77 in cycle III; 4) Making and determining the result of consideration has increased from the value of 1.64 in the first cycle to 2.36 in the second and third cycle of cycle III; 5) provides further explanation of an increase from 3.09 in the first cycle to 3.45 in cycles II and 3.5 in cycle III; 6) Determining an action has increased from the value of 2.32 in the first cycle to 2.82 in cycle II and 3.36 in cycle III.

Keyword: Discovery Learning, Critical Thingking

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *