PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 WATES
Devi Puriyandari1, Suhardono2, Karim Theresih3
1Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia
2 SMA N 2 Wates. Jl. KH. Wahid Hasim No.19, Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
3 Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia Email : devipuriyandari.2016@student.uny.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi dan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Wates pada materi termokimia dengan menggunakan lembar kerja siswa berbasis multirepresentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Wates tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, angket dan kajian dokumen. Data penelitian yang digunakan sebagai data utama yaitu kemampuan representasi siswa melalui tes dan motivasi belajar siswa melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa berbasis multirepresentasi dapat meningkatkan kemampuan representasi dan motivasi belajar siswa. Persentase kemampuan representasi siswa dengan kategori baik/sangat baik sebesar 74,07 % pada siklus I dan meningkat menjadi 81,48 % pada siklus II. Adapun persentase hasil angket motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi meningkat dari 62,96 % pada siklus I menjadi 77,78 % pada siklus II.
Kata kunci: lembar kerja siswa berbasis multirepresentasi, kemampuan representasi siswa, motivasi belajar siswa
IMPLEMENTATION MULTIPLE REPRESENTATION WORKSHEET TO IMPROVE REPRESENTATIONAL SKILLS AND STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING
IN XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 WATES
Abstract
The aims of this research were to improve representational skills and students’ motivation in learning in XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Wates in thermochemistry by applying multiple representation worksheet. This research was a classroom action research. This study was conducted in two cycles, which each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were the students of class XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Wates on academic year 2017/2018. The data were obtained by observation, test, quetionnaire and document investigation. The primary data of this research were representational skills by test and students’ motivation in learning by quetionnaire. The data were analyzed using technique of qualitative descriptive analysis. The results of this research showed that the application of multiple representation worksheet could improve representational skills and students’ motivation in learning. The percentage of students’ representational skills in good/very good category is 74,07 % in cycle I and become to 81,48 % in cycle II. While, the percentage of students’ motivation in learning with high category increase for 62,96 % in cycle I, become to 77,78 % in cycle II.
Keywords: multiple representation worksheet, representational skills, students’ motivation in learning